Advertorial

Dukung Ratusan UMKM, Pesta Rakyat Simpedes 2022 Siap Digelar di Makassar

Kompas.com - 20/10/2022, 18:38 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI secara konsisten mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui acara tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Kali ini, PRS BRI 2022 digelar di Kota Makassar melalui salah satu rangkaian kegiatannya, yaitu gerakan literasi digital. Pada acara ini, BRI hadir di 10 pasar tradisional di kota Makassar, yaitu Pasar Minasa Maupa, Niaga Daya, Makassar Mall, Maricaya, Terong, Kalimbu, Panampu, Pabaeng-Baeng Timur, Pabaeng-Baeng Barat, dan Panakukang.

Acara tersebut dilaksanakan pada Minggu (16/10/2022) hingga Kamis (20/10/2022) mulai dari pukul 07.00-13.00 WITA.

Sebagai informasi, PRS dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes tersebut mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”. Tema ini diusung untuk mengajak seluruh pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk percaya diri (pede) dalam berinovasi dan berbisnis. Dengan begitu, mereka dapat membawa perubahan positif yang signifikan bagi perekonomian di Indonesia.

“PRS 2022 hadir untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pemberdayaan UMKM dan menumbuhkan pelaku UMKM, serta memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes,” ujar Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Adapun acara tersebut diadakan dengan enam pilar utama, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Kegiatan Pawai menghadirkan karnaval budaya dan kesenian.

Kemudian, Panggung menghadirkan panggung musik yang dimeriahkan oleh beberapa artis ternama Indonesia dan artis lokal, Panggung Masak, Panggung Ketawa, Panggung Zumba, dan Panggung Ilmu.

Pada pilar Pasar, BRI akan menampilkan berbagai produk terbaik dari 110 UMKM binaan BRI. Selanjutnya, Panen menghadirkan beragam hadiah istimewa yang dapat dimenangkan oleh para pengunjung.

Pada Pojok X’sis, terdapat selfie booth, taman bermain, dan games. Terakhir, pilar Peduli menghadirkan kegiatan pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan peduli gaya.

Selain memberdayakan UMKM, PRS 2022 juga digelar untuk memberikan literasi digital pada masyarakat. Salah satunya, dengan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai fasilitas pembayaran digital serta aplikasi BRImo sebagai fasilitas transaksi dan pengelolaan keuangan.

Untuk dapat memasuki area PRS, pengunjung perlu melakukan memindai aplikasi PeduliLindungi, mengunduh aplikasi BRImo, dan melakukan scan QRIS untuk membeli tiket masuk seharga Rp 1 di ticket box yang telah disediakan.

Para pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan sistem pembayaran digital (cashless) dengan menggunakan QRIS di seluruh stan UMKM. Hal ini diharapkan dapat mendorong para pengunjung untuk bertransaksi secara digital, memudahkan proses transaksi nontunai, mengedukasi masyarakat, dan mengurangi penggunaan uang fisik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com