Advertorial

Berikan Pelayanan Andal, Taspen Sabet 3 Penghargaan IDIA Awards 2022

Kompas.com - 20/10/2022, 19:21 WIB

KOMPAS.com - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai upaya, mulai dari peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), transformasi digital, hingga beragam inovasi layanan terkini.

Berkat itu pula, Taspen dianugerahi tiga penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement (IDIA) Awards 2022.

Penghargaan yang diraih perseroan meliputi kategori Best Digital Innovation In Financial Services 2022, Best Chief Executive Officer (CEO) Indonesia Digital Innovation and Achievement of The Year 2022 atas nama Direktur Utama Taspen A N S Kosasih, serta Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement of The Year 2022 atas nama Direktur SDM dan Teknologi Informasi (TI) Taspen Ovita Susiana Rosya.

Adapun penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Penyelenggara IDIA Awards 2022 Sukatna Pancamiharja kepada Ovita Susiana Rosya di Gedung BJ Habibie, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Sebagai informasi, IDIA Awards 2022 digelar oleh majalah Business Asia dan BusinessUpdate. Acara ini juga dapat diselenggarakan berkat kolaborasi dengan sejumlah pihak, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ICT Institute, Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas), dan Yayasan Internet Indonesia.

IDIA Awards 2022 merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan kepada instansi korporasi bisnis ataupun pelayanan di pemerintahan di Indonesia yang dinilai berhasil dalam hal inovasi digital dan implementasi teknologi, baik dalam sistem manajemen maupun layanan pelanggan.

“Suatu kebanggaan bagi Taspen untuk menerima tiga penghargaan dalam kegiatan IDIA Awards 2022 ini,” kata Ovita dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Ia mengapresiasi seluruh Insan Taspen–sebutan bagi karyawan Taspen–atas dukungan penuh dan kerja kerasnya dalam melakukan transformasi digital sebagai bagian dari inovasi layanan. Berkat itu, perseroan dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi para peserta.

“Penghargaan ini kami harap dapat terus menjadikan motivasi bagi Insan Taspen untuk meningkatkan pengembangan diri dan terus berupaya menciptakan inovasi layanan digital lain,” imbuhnya.

Ovita memaparkan sejumlah inovasi digital yang dihadirkan Taspen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para peserta, seperti Enrollment untuk perekaman data biometrik peserta penerima pensiun, Otentikasi TASPEN untuk validasi identitas peserta, dan E-Klaim Taspen untuk pengajuan klaim secara daring.

Selanjutnya, TASPEN One Hour Online Service (TOOS) untuk sistem aplikasi pengajuan klaim elektronik dan merchant serta TASPEN Care untuk pengajuan pertanyaan atau keluhan peserta.

“(Dengan berbagai inovasi tersebut), kami dapat terus berdedikasi maksimal memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta di Indonesia, khususnya berkontribusi positif terhadap kinerja Taspen,” tutur Ovita.

Adapun kinerja inovasi digital Taspen dalam IDIA Awards 2022 dinilai oleh tim panelis dan dewan juri yang merupakan pakar dalam bidang inovasi digital, TI, telekomunikasi, hingga transformasi bisnis dan manajemen strategis dari institusi pemerintah dan swasta.

Tim panelis dan dewan juri tersebut adalah Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, BSc, MM, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) BRIN Dr Yenni Bakhtiar, MAG, Sc, dan Director ICT Institute Heru Sutadi, ST, M Ikom.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com