Advertorial

Getol Lakukan Transformasi Digital, Universitas Pertamina Berhasil Raih Penghargaan

Kompas.com - 22/10/2022, 17:46 WIB

KOMPAS.com – Universitas Pertamina (UPER) berhasil meraih penghargaan Omni Education Platform of The Year dari Majalah Marketeers’ dalam ajang Marketeers’ Editor’s Choice Awards 2022.

Sebagai informasi, UPER yang menjadi satu-satunya institusi pendidikan yang berhasil mendapatkan penghargaan dari 23 merek di kategori transformasi digital bidang pendidikan.

Rektor UPER Prof I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengungkapkan rasa bangganya dengan pencapaian Universitas Pertamina tersebut. Ia mengatakan bahwa penghargaan yang diperoleh ini tak lepas dari peran 10 Program Prioritas Universitas Pertamina. Salah satunya adalah program UPER Go Digital.

“Saat ini, UPER sedang menggencarkan program digitalisasi pembelajaran. Meskipun pembelajaran telah dilakukan secara luring sepenuhnya, kami tetap berusaha untuk mengembangkan sistem yang dapat memudahkan mahasiswa serta dosen dalam mengakses materi pembelajaran,” ujar Wirat dalam sairan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (22/10/2022).

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI) tengah berupaya melakukan transformasi digital di sektor pendidikan. Transformasi digital pada pendidikan mulai masif terjadi ketika pandemi Covid-19.

Kondisi tersebut memaksa berbagai institusi pendidikan ditutup dan beralih ke metode pembelajaran secara daring.

Hasil penelitian Vladimir Kryukov dari Vladivostok State University of Economics and Service menyebutkan, pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan akademis dapat memperluas jangkauan ilmu pengetahuan dibanding hanya bergantung dengan pengajaran dari dosen.

Adapun penilaian penghargaan Omni Education Platform of The Year terdiri beberapa kriteria umum, yakni keunikan program, kebaruan dan fungsionalitas program, jangkauan program, serta dampak nyata bagi masyarakat. Selain itu, aspek penting lain yang menjadi penilaian adalah tingkat keterlibatan sekaligus pengalaman baru yang disuguhkan oleh instansi bagi masyarakat.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Erwin Setiawan, S Kom, MIT mengatakan bahwa program UPER Go Digital telah dilaksanakan sejak 2021.

Program tersebut juga sudah menghasilkan beberapa aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran, baik secara daring maupun luring. Sebagai contoh, digital library yang berisi layanan perpustakaan daring, e-learning yang merupakan aplikasi untuk mengakses materi perkuliahan, dan aplikasi quiz online.

“Di UPER, program digitalisasi tidak hanya dilakukan di ranah akademis, tetapi juga di ranah penunjang, seperti aplikasi pengadaan barang dan jasa, aplikasi korespondensi yang bernama ANDIN, catatan kinerja harian, dan sistem career development center bagi alumni UPER,” kata Erwin.

Setidaknya, lanjut Erwin, terdapat 10 aplikasi yang dikembangkan dari akhir 2020 hingga saat ini. Progress pengerjaan juga sudah mencapai 75 persen.

“Ke depan, kami akan melakukan optimalisasi terhadap seluruh aplikasi digital yang sudah ada. UPER juga akan melakukan inovasi untuk memudahkan segala aktivitas civitas. Kemudian, dilanjutkan dengan pengintegrasian seluruh aplikasi tersebut,” ujar Erwin.

Universitas Pertamina saat menggelar kegiatan perkuliahan hybrid.Dok. Pertamina Universitas Pertamina saat menggelar kegiatan perkuliahan hybrid.

Pada kesempatan sama, Editor in Chief Marketeers Sigit Kurniawan mengatakan bahwa UPER berhak mendapatkan penghargaan tersebut karena telah sigap dan lincah mengembangkan metode pembelajaran, terutama di era pasca-pandemi Covid-19.

“Di kondisi pandemi yang telah kian mereda, UPER berhasil mengintegrasikan metode pembelajaran luring dan daring dengan tetap menjaga experience bagi para mahasiswa. Integrasi online dan offline, integrasi kekuatan manusia dan mesin, menjadi kekuatan merek, organisasi, atau perusahaan untuk tetap eksis dan relevan di masa depan,” ujar Sigit.

Sebagai informasi, pada pertengahan 2022 UPER juga berhasil menembus peringkat Top 5 Kecerdasan Kampus dan Kesiapan Transformasi Digital versi Riset Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIS).

Bagi siswa atau siswi yang tertarik bergabung di UPER, bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id .

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com