Advertorial

5 Olahraga Seru Bareng Teman untuk Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Kompas.com - 24/10/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Untuk memiliki tubuh yang sehat, mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi saja tidaklah cukup. Olahraga juga perlu dilakukan dan dijadikan sebagai rutinitas harian. Sebab, perpaduan kedua hal tersebut akan membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebugaran, serta menghilangkan stres.

Ada berbagai intensitas olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari intensitas berat, sedang, hingga ringan. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan, kemampuan, dan manfaatnya. Misalnya, olahraga senam yang sering dilakukan sejak masa sekolah untuk meningkatkan kebugaran.

Selain dilakukan sendiri, olahraga juga bisa dilakukan bersama teman atau orang-orang terdekat. Dengan begitu, olahraga dapat menjadi lebih menyenangkan dan bisa mempererat kebersamaan.

Berikut adalah lima olahraga seru yang bisa kamu lakukan bersama teman.

  1. Basket

Basket merupakan olahraga beregu yang diminati berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Olahraga ini mengandalkan kecakapan dalam menggiring dan melambungkan bola.

Secara umum, basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Akan tetapi, olahraga ini bisa pula dimainkan berdua dengan sistem “1-on-1” dan berenam dengan sistem “3-on-3”. Jika memainkan dengan sistem itu, kamu cukup menggunakan satu sisi lapangan saja.

Kedua tim akan saling memperebutkan poin dengan cara memasukkan bola basket ke ring. Karena itu, dibutuhkan kerja sama dalam permainan ini.

Lantaran harus bekerja sama, basket bermanfaat untuk mendorong kebersamaan. Bagi remaja, basket juga disebut bisa membantu menambah tinggi badan.

  1. Renang

Olahraga lain yang tak kalah seru adalah renang. Olahraga akuatik ini dilakukan di dalam air dengan cara menggerakkan hampir semua bagian tubuh. Oleh karena itu, renang bisa bermanfaat untuk menambah tinggi badan.

Manfaat lain dari renang adalah membentuk otot, melatih pernapasan, memperkuat fungsi jantung dan paru-paru, serta meredakan stres. Selain menyehatkan, olahraga ini juga menyegarkan karena dilakukan di dalam air.

Meski bisa dilakukan sendiri, olahraga tersebut akan lebih seru jika dilakukan bersama teman.

  1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau badminton merupakan cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia. Bulu tangkis termasuk dalam kategori permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau empat orang (ganda) secara berlawanan.

Bulu tangkis biasanya dimainkan di lapangan khusus dengan peralatan, seperti raket, shuttlecock atau kok, dan net. Meski begitu, kamu bisa pula memainkan olahraga ini bersama teman di lapangan umum kompleks atau sekolahan tanpa perlu net khusus.

Pemain badminton harus menguasai beberapa teknik, seperti cara memegang raket badminton, teknik servis, mengembalikan servis, pukulan, gerakan kaki, serta posisi badan.

  1. Futsal

Selanjutnya, olahraga yang tak kalah seru dan bisa dimainkan bersama teman adalah futsal. Olahraga ini secara umum mirip dengan sepak bola. Hanya saja, futsal dimainkan di lapangan lebih kecil daripada lapangan sepak bola.

Selain itu, jumlah pemain futsal juga lebih sedikit, yakni terdiri dari dua tim yang masing-masing memiliki enam pemain. Setiap tim saling bersaing untuk mencetak gol agar dapat memenangkan pertandingan.

Selain melatih diri untuk bekerja sama dan berkompetisi, futsal juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut adalah menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak pada tubuh.

  1. Tenis meja

Tenis meja atau pingpong merupakan olahraga dengan bola dan raket berukuran kecil yang dimainkan di atas meja khusus. Pemain tenis meja berupaya memukul bola ringan yang berisi udara untuk membuat lawan tidak dapat mencapainya atau mengembalikan dengan benar.

Meski terlihat mudah, olahraga ini ternyata cukup sulit dan membutuhkan latihan agar bisa dimainkan dengan benar.

Adapun manfaat olahraga tenis meja bagi kesehatan di antaranya adalah meningkatkan koordinasi tangan dan mata, melancarkan persendian, mengasah fungsi otak, serta membakar kalori.

Itulah rekomendasi lima olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dimainkan bersama teman-teman. Yuk, biasakan rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com