Advertorial

Hadapi Musim Pancaroba, Selalu Sediakan Empat Hal Ini di Rumah

Kompas.com - 24/10/2022, 15:25 WIB

KOMPAS.com – Perubahan cuaca secara mendadak dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Terlebih, ketika musim pancaroba datang. Tak hanya hujan, cuaca mendung dan berangin juga dapat mengakibatkan imunitas tubuh melemah.

Agar tubuh siap menghadapi musim pancaroba, sebaiknya selalu siapkan empat hal berikut di rumah.

  1. Buah dan sayur

Pada musim pancaroba, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh. Kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi dari buah dan sayuran.

Seperti diketahui, buah dan sayur kaya akan mineral dan vitamin, serta antioksidan. Nutrisi tersebut berperan dalam memperkuat imunitas sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Pada pagi hari, kamu bisa mengonsumsi jus buah favorit dengan campuran yoghurt yang juga baik untuk tubuh. Selain jus, kamu juga dapat mengonsumsi salad buah untuk camilan sore hari.

Begitu juga dengan sayuran. Kamu bisa membuat menu makan siang dengan bermacam sayuran segar. Sop sayuran, misalnya, dapat membantu meningkatkan stamina dan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Campuran bermacam buah dan sayuran akan membantu melengkapi kebutuhan vitaminmu. Terlebih, jika kamu menggunakan buah dan sayur dengan berbagai warna. Selain menyehatkan, tampilan yang cantik dapat menggugah selera makan.

  1. Empon-empon

Selain sebagai bumbu dapur, empon-empon atau tanaman herbal dapat digunakan untuk menjaga imunitas tubuh.

Jahe, misalnya, mengandung vitamin C dan magnesium dapat membantu memperkuat imun tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogoals, dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kamu bisa mengolah jahe sebagai minuman dengan merebusnya, lalu tambahkan lemon dan madu agar lebih nikmat. Minuman ini bisa menghangatkan badan saat cuaca berangin atau selepas kehujanan.

  1. Suplemen vitamin

Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat telah terbiasa mengonsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini juga bisa diterapkan selama musim pancaroba.

Oleh karena itu, paling tidak kamu bisa menyiapkan suplemen vitamin C dan vitamin D di rumah. Vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih dan menjaga kekebalan tubuh.

Sementara itu, vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Jika tidak mau repot, kamu bisa menyediakan suplemen multivitamin yang dalam setiap dosisnya sudah mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin C, A, D, E, dan B kompleks.

  1. Obat-obatan

Hal terakhir yang sebaiknya selalu tersedia di rumah adalah obat-obatan, terutama obat batuk dan flu. Pasalnya, dua penyakit ini yang kerap dikeluhkan masyarakat selama musim pancaroba.

Obat batuk, seperti Siladex, dapat menjadi pilihan. Obat batuk sirup bebas alkohol dan gula ini dapat membantu meredakan batuk berdahak.

Jika menyukai kandungan herbal, kamu bisa memilih obat batuk OB Herbal yang mengandung jahe, jeruk nipis, dan licorice. Bahan-bahan ini dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Selain obat batuk sirup, kamu bisa menyediakan obat batuk tablet, seperti Bodrex Flu dan Batuk. Tak hanya meredakan batuk, obat ini juga dapat mengatasi gejala flu, seperti demam, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Itulah empat hal yang perlu kamu sediakan di rumah selama musim pancaroba. Kamu tak perlu takut kehujanan saat membelinya. Pasalnya, kamu bisa membelinya secara online melalui Tokopedia.

Tokopedia menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti buah dan sayur, bumbu dapur, vitamin, serta bermacam obat-obatan. Agar aman, kamu bisa memilih toko resmi serta melihat rating dan testimoni dari pembeli lain.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com