Advertorial

Dihadiri 40.000 Pengunjung, Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Makassar Sukses Menarik Minat Masyarakat

Kompas.com - 24/10/2022, 15:57 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai Jumat (21/10/2022) hingga (23/10/2022).

Dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”, PRS 2022 di Makassar mendapat sambutan positif masyarakat. Tercatat, sebanyak 40.000 pengunjung menghadiri PRS serta 110 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan BRI terlibat di acara itu.

Regional Chief Executive Officer (RCEO) BRI Kantor Wilayah Makassar Rahman Arif mengatakan bahwa animo masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan PRS mendorong BRI untuk terus menghadirkan hiburan bagi masyarakat dan berbagai kegiatan yang mendukung kemajuan UMKM melalui enam pilar.

Keenam enam pilar tersebut adalah Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Pilar tersebut merupakan wujud komitmen BRI dalam mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Rahman mengatakan bahwa PRS 2022 di Makassar merupakan usaha BRI untuk mendorong dan memberdayakan UMKM.

“Kami berharap, (dengan penyelenggaraan PRS) UMKM bisa naik kelas serta percaya diri memimpin perubahan, berinovasi, dan berkontribusi positif terhadap perekonomian, khususnya di Kota Makassar,” ujar Rahman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (24/10/2022).

Kelas UMKM untuk edukasi bisnis

Rahman menjelaskan, pada PRS 2022 di Makassar, BRI juga memberikan kelas UMKM dan workshop berupa edukasi bisnis, seperti pengelolaan keuangan, investasi saham masa depan, serta penerapan bisnis model canvas.

Program tersebut menghadirkan sejumlah pelatih bisnis profesional sebagai pemateri, yakni Muhammad Arafah Kube, Ilham Akbar, Zulqadry Suaib, dan Seftian Chow.

Kemudian, pelaku UMKM juga diberi wadah untuk memasarkan produk lebih luas. Salah satu pelaku UMKM binaan BRI yang ikut berpartisipasi di PRS 2022 Makassar, Ade, mengatakan bahwa acara ini sangat membantu dirinya untuk memperluas usahanya.

“BRI dari awal juga membantu bisnis kami berupa bantuan modal. Pada acara ini, kami juga diberikan pelatihan-pelatihan yang sangat bermanfaat untuk memberikan inovasi untuk UMKM kami,” ujar Ade.

Selain edukasi bisnis untuk UMKM, BRI juga menghadirkan hiburan bagi masyarakat dengan mendatangkan berbagai artis lokal hingga nasional, seperti penampilan Kapal Udara dan Fourtwenty di hari pertama.

Kemudian, hari kedua dimeriahkan dengan olahraga zumba bersama Denada, kelas memasak bersama Chef Aiko dan Muto, program panggung ketawa oleh komika Arif Brata, serta penampilan dari band Kotak dan Gigi.

Tidak kalah menarik, hari ketiga diisi penampilan stand-up comedy dari komika Ali Akbar, dan penampilan band lokal Makassar Rocksteady. Slank kemudian menutup kemeriahan acara PRS 2022 di Makassar.

Selain kemeriahan panggung, PRS 2022 juga memiliki berbagai kegiatan menarik lain di mini stage. Ada berbagai permainan di Pojok X’sis, seperti flip glass, penalty kick, dan tic tac toe pong.

Pada pilar Peduli PRS 2022, BRI menyediakan cek kesehatan gratis, donor darah, dan cukur rambut dengan hanya membayar Rp 1. Kemudian, melalui pilar Panen, pengunjung berkesempatan mendapatkan grand prize 1 unit motor Fazio melalui scan quick response (QR) yang diundi pada hari terakhir.

Sebagai informasi, PRS 2022 juga berhasil mendorong penggunaan layanan inovasi sistem pembayaran digital dari BRI, yakni BRImo. Untuk memasuki area PRS, pengunjung harus memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan aplikasi BRImo senilai Rp 1 sebagai pembayaran tiket masuk. Metode pembayaran tersebut juga berlaku untuk bertransaksi di setiap stan UMKM.

Untuk diketahui, PRS 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Acara ini dapat disaksikan langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai penyelenggaraan PRS 2022 BRI bisa didapat dengan mengunjungi situs web http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com