Advertorial

Ingin Tampil Modis dengan OOTD ala Korea? Aplikasikan 4 Fashion Item Berikut

Kompas.com - 25/10/2022, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Budaya Korea Selatan (Korsel) kini makin digandrungi masyarakat Tanah Air. Salah satu produk budaya populer Korsel yang diminati kalangan muda di Indonesia, terutama generasi milenial dan Z (Gen Z), adalah fesyen.

Tak sedikit anak muda ingin tampil menawan ala selebritas Korea pujaan mereka. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, baju Korea yang simpel dan minimalis memiliki daya tarik tersendiri. 

Selain itu, fesyen Korea juga dikenal gampang untuk dipadupadankan dengan pakaian lainnya, di samping tetap elegan dan stylish saat dikenakan.

Berikut adalah empat fashion item kasual ala K-fesyen yang bisa kamu aplikasikan sebagai inspirasi outfit of the day (OOTD).

  1. Ripped jeans

Salah satu fashion item kasual Korea yang bisa kamu jajal adalah ripped jeans atau celana jin dengan aksen sobekan di beberapa bagian. Style ini kerap digunakan perempuan Korea untuk memberi kesan tampilan sederhana, tapi menarik perhatian.

Ripped jeans bisa menjadi salah satu andalan untuk digunakan saat datang ke acara santai pada siang ataupun malam hari. Tak ada aturan khusus dalam mengenakan celana jin tersebut. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bentuk sobekan atau koyakan pada jin yang ingin kamu pakai.

Robekan tersebut bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin kamu tunjukkan. Sebagai contoh, kamu bisa memilih jin dengan sobekan di bagian lutut, lubang berbentuk scrapes atau goresan, dan juga shredded jeans dengan benang-benang yang terbuka.

Sobekan jin pada bagian lutut cocok untuk kamu yang ingin tampil kasual, santai, tapi tetap keren. Adapun jin dengan lubang scrapes bisa dijadikan pilihan jika kamu menginginkan penampilan lebih tertutup. Sementara, shredded jeans memberi kesan stylish dan modern pada pemakainya.

  1. Casual blazer

Jika ingin tampil lebih rapi, tapi tetap elegan dan stylish, kamu bisa memberikan sentuhan formal dengan mengenakan blazer yang dipadupadankan bersama celana jin dan t-shirtStyle ini cocok bagi kamu yang ingin berkegiatan santai.

Kamu juga bisa mengenakan floral dress dan blazer untuk sekadar bertandang ke rumah teman ataupun kerabat dekat.

Jika yang ingin tampil stylish saat ke kantor, coba padukan blazer dengan kemeja dan celana kain high waist untuk menciptakan office look yang elegan.

  1. Sportswear dan oversized

Opsi style outfit sehari-hari selanjutnya adalah gaya sportswear. Gaya berbusana ini kerap digunakan beberapa selebritas Korea untuk berlibur atau perjalanan lain, seperti ke bandara, tanpa menghilangkan kesan keren dan nyaman.

Gaya tersebut bisa kamu terapkan untuk hangout bersama teman, liburan, atau pergi kuliah.

Adapun sportswear yang bisa digunakan adalah sweatpants, kaos, hoodies, sepatu kets, atau jenis sportswear lain.

Serupa dengan sportswear, K-Fesyen yang bisa kamu terapkan untuk menunjang penampilan adalah oversized style dengan menggunakan pakaian longgar. Pakaian longgar digemari masyarakat Korea, baik laki-laki maupun perempuan, untuk kegiatan sehari-hari mereka.

Kamu pun bisa meniru gayatersebut dengan cukup memakai kaos, kemeja, atau sweater longgar dan padukan dengan celana jin. Selain simpel dan nyaman, style ini memberi kesan santai.

  1. Baggy pants

Kamu yang sering mengikuti airport fashion selebritas Korea tentu tak asing dengan baggy pants atau celana longgar. Fashion item ini sempat populer pada era 1990-an dan kembali naik daun. Salah satu artis K-Pop yang kerap mengenakan fashion item ini adalah Lisa "Blackpink".

Menariknya, celana gombroh tersebut mudah untuk dipadupadankan sehingga bisa menjadi salah satu opsi untuk OOTD. Saat traveling, misalnya, kamu bisa memadukan denim baggy pants dengan crop top. Selain memberikan kesan nyaman saat dikenakan, kombinasi keduanya juga membuat tubuh penggunanya terlihat lebih tinggi.

Untuk aksesori, kamu bisa tampil minimalis dengan menggunakan aksesori berupa tas dan kalung berukuran kecil. Gunakan pula sneakers putih agar OOTD makin stylish layaknya artis Korea idolamu.

Nah, itulah empat rekomendasi fashion item ala Korea untuk menunjang OOTD-mu. Kamu bisa menerapkan gaya berpakaian tersebut sesuai kepribadian dan juga kegiatan sehari-hari.

Untuk mendapatkan outfit tersebut, kamu bisa membelinya melalui Tokopedia. Pasalnya, di Tokopedia tersedia berbagai baju Korea, mulai dari dress Korea hingga baju crop.

Beragam baju Korea tersedia di Tokopedia, seperti turtle neck dengan lengan, oversized t-shirtblouse, dan juga kaos motif. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 132.000.

Tak hanya itu, dress Korea juga tersedia dengan berbagai gaya dan motif, mulai dari dress rose scubaashley Korean styledress rajut, hingga long dress. Kamu bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek mulai dari Rp 34.000 hingga Rp 245.000.

Adapun baju crop di Tokopedia juga beragam, mulai dari crop top leher, hanafe crop top, hingga crop top oversized. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 300.000.

Bagaimana? Menarik bukan ragam outfit Korean style di Tokopedia? Tunggu apa lagi, segera lengkapi pakaian ala Korea agar OOTD makin keren dan stylish.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com