Advertorial

Mahasiswa PEM Akamigas Kembali Raih Prestasi Gemilang

Kompas.com - 25/10/2022, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas) kembali menunjukkan prestasi gemilang. Teranyar, mahasiswa PEM Akamigas menjuarai sejumlah kompetisi akademik, baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada Dies Natalis ke-56 PEM Akamigas, Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani mengatakan bahwa mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Logistik Migas, yakni Tri Sutrisno Wahyu Efendi, Ronals Aryosa, dan Fattur Firmansyah, berhasil membawa pulang medali emas di ajang Paper World Invention Competition and Exhibition 2022 Malaysia.

Untuk level kompetisi nasional, dua mahasiswa Prodi Teknik Produksi Migas, Baiq Maulida Azzahra dan Navira Maharani, berhasil merebut juara 1 pada kompetisi Petroleum Incorporated Fair.

Dua mahasiswa lain, Ramadhani Mizmanu R dan Irfan Rasyid, juga sukses meraih juara 2 pada Central and Eastern Indonesia Petroleum Summit (CEIPS) 2022.

Erdila mengatakan, selain prestasi tersebut, mahasiswa PEM Akamigas juga mencatatkan berbagai prestasi lain.

“Capaian prestasi tersebut membuktikan standar kualitas pendidikan dari PEM Akamigas. Tak heran, banyak perusahaan terkemuka dari berbagai bidang migas melakukan perekrutan wisudawan PEM Akamigas,” ujar Erdila dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Erdila melanjutkan, alumnus PEM Akamigas yang lulus pada wisuda Juli 2022 telah diserap oleh berbagai perusahaan terkemuka.

Sebut saja, PT Schlumberger, PT Halliburton Indonesia, PT AKR Corporindo, PT Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wayame, PT Perta Arun Gas, PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia, National Energy Services Reunited (NESR), Medco Energi, PT Elnusa Petrofin, PT Saka Energi Indonesia Pangkah, PT Polytama Propindo, serta PT Duraquipt Cemerlang.

Selanjutnya, PT Control System Arena Para Nusa, PT SP-MPS Engineering Services, Power Instrument Pte, PT Sino Zone Industry, PT Yokogawa Indonesia, PT Bukit Muria Jaya, PT Bhimasena Power Indonesia, PT Arkadata, PT Patra Drilling Contractor, serta PT Sino Zone Industry.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wakhid Hasyim menyambut baik capaian PEM Akamigas tersebut.

Dies Natalis ke-56 PEM Akamigas.DOK. BPSDM ESDM Dies Natalis ke-56 PEM Akamigas.

Meski demikian, ia mengingatkan bahwa industri migas, ilmu pengetahuan, dan pasar tenaga kerja selalu berubah. Selain itu, teknologi pun semakin maju dan penggunaan energi juga kian divergen.

“(Oleh karena itu) PEM Akamigas harus senantiasa melakukan penyesuaian. Hal ini dilakukan untuk merespons perkembangan zaman dan dinamika pasar tenaga kerja. Kurikulum yang menjadi pemandu pembelajaran harus diperbarui agar tetap relevan,” ujar Wakhid.

Sebagai informasi, PEM Akamigas telah mengambil langkah untuk menjaga relevansi antara ilmu yang diajarkan dan kebutuhan industri. Saat ini, PEM Akamigas sedang melakukan perancangan kurikulum untuk rentang waktu 2023-2026.

Salah satu skema baru dalam kurikulum tersebut adalah Merdeka Belajar. Pengimplementasian kurikulum ini akan menitikberatkan pada kolaborasi antara PEM Akamigas dan industri melalui pemagangan dan kerja praktik.

Dengan penerapan kurikulum Merdeka Belajar, PEM Akamigas dapat meningkatkan kompetensi alumnus dan menjadi world class polytechnic.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com