Advertorial

Keseruan Ajang Lari dan Festival Ramah Lingkungan Pertamina Eco RunFest 2022

Kompas.com - 27/10/2022, 17:06 WIB

KOMPAS.com – Pertamina siap menggelar ajang lomba lari dan festival ramah lingkungan bertajuk Pertamina Eco RunFest 2022. Acara ini akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Kali ini, Pertamina Eco RunFest hadir dengan konsep baru yang lebih fresh dari ajang lari tahunan Pertamina Eco-Run sebelumnya.

Tidak hanya ajang lari Eco-Run, acara tersebut juga menghadirkan Eco-Fest yang terdiri dari festival musik “Energizing Music Festival” serta bazar berbagai produk makanan dan gaya hidup ramah lingkungan dalam negeri Eco-Market.

Pada acara Press Conference Pertamina Eco RunFest 2022 yang diadakan pada Kamis (27/10/2022), Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut mengusung tema "Energizing The Great Start".

Pemilihan tema tersebut bertujuan untuk menyalakan energi positif dan menginspirasi semua generasi untuk memulai gaya hidup berkelanjutan (sustainable living).

Sustainable living menjadi penting karena kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang bahayanya semakin nyata di depan mata, seperti kenaikan suhu bumi, kenaikan batas air laut, banjir, dan badai," kata Brahmantya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia juga mengatakan bahwa sejauh ini, antusiasme calon peserta sangat tinggi. Hal itu terlihat dari tiket Eco-Run yang sudah habis terjual. 

"Alhamdulillah, saat ini, tiket Eco-Run sudah habis terjual sebanyak 7.500 tiket. Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peserta yang sudah mendaftar,” ujar Brahmantya.

Saat ini, lanjutnya, tiket untuk Eco-Fest masih tersedia. Adapun jumlah tiket yang masih dijual dengan harga presale itu juga sudah semakin menipis.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi. 

Dok. Pertamina Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi.

Race Director Pertamina Eco RunFest 2022 Satrio Guardian menjelaskan bahwa tahun ini, pencinta olahraga lari bisa menikmati kembali keseruan berlari bersama dalam berbagai kategori.

Adapun kategori yang bisa diikuti adalah 1,5K Family Run untuk anak usia 7-12 tahun dengan pendamping berusia lebih dari 17 tahun, 5K Fun Run untuk semua usia, 10K Race dengan kategori pelajar (usia 13-17 tahun), umum (usia 18-44 tahun), dan master (lebih dari 45 tahun).

Selain itu, terdapat kategori baru, yaitu Half Marathon 21K Race dengan kategori umum (usia 18-44 tahun) dan master (lebih dari 45 tahun).

"Para peserta Eco-Run akan mendapatkan race pack Eco-Run berupa jersi eksklusif, tas serut, dan BIB (nomor pelari) yang dapat diambil pada 24-26 November 2022. Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk meraih doorprize serta mendapatkan medali eksklusif pada hari pelaksanaan dan hadiah senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang lari di kategori 10K dan 21K,” ujar Satrio.

Pada hari pelaksanaan Eco-Run, katanya, persiapan akan dilakukan semaksimal mungkin. Misalnya, titik pengamanan marshal di sepanjang rute, titik Hydration Point per 2 kilometer (km) , serta ambulans yang dilengkapi dengan alat pacu jantung.

Pada kesempatan sama, Program Director Pertamina Eco RunFest 2022 Ayu Fadhillah mengatakan bahwa Eco-Fest digelar pada hari yang sama dengan Eco-Run.

Eco-Fest terdiri dari Eco-Market dan Energizing Music Festival yang dapat dinikmati pada pukul 09.00-23.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Di Eco-Market, pengunjung dapat menikmati pengalaman festival musik dan berburu beragam produk organik dan ramah lingkungan.

"Di Eco-Market, Pertamina berkolaborasi dengan puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal dan ramah lingkungan, mulai dari produk kuliner, local brand, hingga UMKM binaan Pertamina,” kata Ayu.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati area komunal serta beragam instalasi dan workshop menggunakan reusable material.

“Dalam kegiatan itu, Pertamina juga menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah di Pertamina Eco RunFest 2022 yang akan diolah kembali (recycle),” ujar Ayu.

Untuk Energizing Music Festival, Pertamina Eco RunFest 2022 menyiapkan tiga panggung yang tersebar di area Istora Senayan.

Acara tersebut akan dimeriahkan oleh 20 musisi favorit lintas generasi, seperti Cokelat, Gigi, Rossa, Rizky Febian, Marion Jola, JKT48, RAN, Maliq & D'essentials, Pusakata, Hivi!, The Changcuters, Oom Leo Berkaraoke x Ello x Cantika Abigail, Lalahuta x Jaz, Rendy Pandugo, Soegi Bornean, Dekat Band, dan Riri Moeya.

Untuk menikmati Eco-Fest, pengunjung bisa membeli tiket masuk dengan harga presale Rp 115.000 dan harga normal Rp 165.000.

Figur publik Andien Aisyah dan Irfan Wahyudi turut hadir dalam kesempatan tersebut. Mereka turut menyampaikan dukungan untuk Pertamina Eco RunFest 2022.

Menurut Andien, Eco RunFest 2022 merupakan acara menarik di akhir pekan yang dapat diikuti bersama keluarga dan orang terdekat. Terlebih, konsep eco-friendly yang sangat diperhatikan di seluruh kemasan acara.

“Ada edukasi gaya hidup berkelanjutan yang dikemas secara fun bagi berbagai generasi. Lalu, disediakan fasilitas water refill station untuk mengurangi sampah plastik dari air minum kemasan dan juga mendorong pengunjung membawa tumbler sendiri. Kerennya adalah beberapa material yang digunakan di acara ini adalah eco-friendly dan reusable,” ujar Andien.

Brahmantya menambahkan, selaras dengan komitmen keberlanjutan yang diusung pada gelaran tersebut, Pertamina juga memilki program TJSL yang disebut Desa Energi Berdikari. Program ini memberikan akses energi baru terbarukan (EBT).

Dalam program tersebut, Pertamina mendukung masyarakat di berbagai desa untuk memanfaatkan EBT secara mandiri.

Adapun EBT itu berasal dari sumber-sumber daya yang melimpah di desa masing-masing, di antaranya energi matahari (solar), angin, mikrohidro, biogas, dan limbah sampah.

Saat ini, Pertamina sedang membina 25 Desa Energi Berdikari di seluruh Indonesia, di antaranya di Desa Bondan, Cilacap, Desa Merbau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dan Desa Keliki, Ubud.

“Melalui pemanfaatan energi yang terbarukan dan gaya hidup berkelanjutan, masyarakat akan berkontribusi dalam upaya menyelamatkan bumi dan menjamin masa depan yang lebih baik,” ujar Brahmantya.

Untuk informasi lebih jelas terkait Pertamina Eco RunFest 2022, Anda dapat mengunjungi www.pertaminaecorunfest.com, akun Instagram @pertamina.ecorunfest, serta Twitter dan Facebook Pertamina.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi via e-mail di info@pertaminaecorunfest.com atau nomor admin 0898 9814 796 (Eco-Run) dan 0851 7238 2233 (Eco-Fest).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com