Advertorial

Ajak Wisatawan Jajal Destinasi Wisata Hidden Gem, Pemkab Gunungkidul Serukan Kampanye IniGunungkidul

Kompas.com - 27/10/2022, 17:42 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengusung kampanye bernama IniGudungkidul: The Ultimate Hidden Gem guna mempromosikan pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Khususnya, destinasi-destinasi wisata yang menjadi surga tersembunyi (hidden gem).

Adapun destinasi wisata hidden gem yang diusung pada kampanye tersebut adalah Pantai Kesirat, Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, Bukit Pengilon, dan Pantai Ngrawe yang kerap dikenal dengan nama Pantai Mesra.

Kampanye tersebut dilakukan Pemkab Gunungkidul untuk meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap sejumlah destinasi wisata alam yang indah, tetapi jarang dikunjungi.

Untuk diketahui, pemilihan kelima destinasi wisata yang dipromosikan dalam kampanye IniGunungkidul bukan tanpa alasan. Obyek-obyek wisata tersebut memiliki keindahan alam yang fantastis dengan sentuhan budaya lokal yang kental sehingga sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Gunungkidul.

Selain menawarkan keindahan dan kemurnian budaya lokal di lima titik destinasi wisata, Pemkab Gunungkidul juga menciptakan ekosistem wisata yang sehat dan aman untuk wisatawan.

Hal tersebut diwujudkan Pemkab Gunungkidul dengan melakukan sertifikasi standar industri pariwisata, yakni Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) yang diusung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Berdasarkan data dari situs web chse.kemenparekraf.go.id, sejak 2021 hingga kini, terdapat 61 titik lokasi destinasi yang sudah tersertifikasi CHSE di Kabupaten Gunungkidul. Adapun rinciannya adalah sebanyak 37 obyek wisata, 13 restoran, 6 hotel, 3 homestay, 1 toko cendera mata, dan 1 rumah makan.

Selain itu, demi menghadirkan ekosistem wisata yang bersih dan nyaman, Pemkab Gunungkidul juga memaksimalkan penanggulangan sampah di setiap destinasi wisata.

Master plan soal sampah telah direncanakan untuk pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di seluruh destinasi wisata, khususnya wilayah pantai, di Kelurahan Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul,” ujar pihak Pemkab Gunungkidul dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Pada 2023, Pemkab Gunungkidul juga merencanakan pembangunan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R) di setiap kawasan wisata dengan harapan seluruh pihak penyelenggara kegiatan pariwisata dapat mengelola sampah secara mandiri.

Pemkab Gunungkidul berharap, dengan kampanye IniGunungkidul: The Ultimate Hidden Gem, banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati pengalaman berwisata di Gunungkidul.

Yuk, rasakan pengalaman liburan tak terlupakan bersama orang tersayang di Gunungkidul.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampanye IniGunungkidul, silakan ikuti akun resmi @inigunungkidul di Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, dan YouTube.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com