Advertorial

Mau Sewakan Properti? Perhatikan Hal-Hal Ini supaya Tetap Cuan

Kompas.com - 29/10/2022, 08:24 WIB

KOMPAS.com – Ketimbang dibiarkan kosong, properti yang tidak ditinggali bisa disewakan sehingga mendatangkan cuan.

Beberapa properti yang memiliki nilai sewa di antaranya adalah rumah, apartemen, vila, perkantoran, tanah, rumah toko (ruko), indekos, dan gudang. Setiap properti tersebut memiliki keunggulan dan peruntukannya masing-masing.

Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar proses penyewaan properti berjalan lancar dan dapat mendatangkan cuan maksimal. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

  1. Buat surat perjanjian sewa-menyewa

Surat perjanjian sewa rumah menunjukkan bahwa properti Anda bernilai dan tidak boleh diperlakukan secara sembarangan. Surat perjanjian ini biasanya berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak, yakni pemberi sewa dan penyewa.

Surat perjanjian yang merupakan alat bukti sah juga dapat melindungi kedua belah pihak jika terjadi masalah tidak terduga di kemudian hari.

Agar lebih aman, pembuatan surat perjanjian juga bisa melibatkan pihak ketiga, seperti notaris atau saksi.

  1. Infokan soal fasilitas rumah

Sebelum menyepakati sewa-menyewa, penyewa dan pemilik rumah sebaiknya bertemu agar tak ada pihak yang merasa dirugikan.

Pada kesempatan ini, pemilik rumah harus terbuka mengenai kondisi rumah yang hendak disewakan. Sampaikan kepada penyewa perihal keunggulan properti dan bagian yang perlu diperbaiki.

Keterbukaan juga diperlukan jika sewa-menyewa melibatkan pihak ketiga. Pasalnya, semakin baik dan menarik kondisi sebuah properti, semakin banyak pula orang yang berminat menyewanya.

  1. Ketahui akses dan destinasi wisata di sekitar properti

Bila ingin memasarkan properti bersama lewat Traveloka dan menjadi Traveloka Host, pastikan bahwa properti tersebut berada di lokasi strategis, termasuk dari destinasi wisata terdekat. Hal ini akan menambah nilai properti tersebut.

Untuk diketahui, sebagian besar penyewa lebih suka menginap di properti yang dekat dengan tempat wisata, tempat makan, pusat perbelanjaan, transportasi publik, taman, dan fasilitas umum lain.

Selain itu, pastikan pula properti Anda memiliki tempat parkir yang cukup untuk menampung tamu. Pastikan juga jalan menuju properti Anda mudah dilalui dan dalam kondisi baik.

  1. Catat perabot yang dimiliki

Ketika menyewakan properti, Anda juga perlu menyediakan sejumlah fasilitas pendukung yang membuat penyewa merasa nyaman, seperti tempat tidur, televisi, lemari, sofa, meja, kursi, kulkas, pendingin ruangan atau air conditioner (AC), serta peralatan makan dan memasak. Oleh sebab itu, perabot tersebut perlu dicatat secara mendetail.

Untuk mengurangi kerugian yang mungkin terjadi, Anda bisa memasukkan petunjuk dan aturan khusus. Misalnya, menuliskan imbauan “Tolong Tutup Kembali Pintu Kulkas agar Tidak Terjadi Kerusakan”.

Sementara itu, untuk perabot berharga, seperti guci atau keramik mahal, sebaiknya Anda menaruhnya di tempat yang sulit dijangkau agar tidak rusak.

Tindakan preventif tersebut dapat mengurangi masalah yang mungkin akan dihadapi di kemudian hari.

  1. Tentukan harga sewa

Penentuan harga sewa merupakan salah satu bagian penting dalam urusan sewa-menyewa. Agar tidak bingung, kamu bisa menentukan harga sewa berdasarkan nilai bangunan yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei dan perbandingan harga dengan properti lain di wilayah sekitar.

Jangan lupa untuk menghitung modal yang dikeluarkan hingga mendapat nilai layak properti untuk disewakan.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewakan properti. Agar lebih mudah dalam memasarkannya, Anda bisa menjadi Traveloka Host pada Holiday Stays di aplikasi Traveloka.

Untuk diketahui, Holidays Stays sebelumnya bernama Villa and Apartment. Fitur ini menyediakan jenis atau tipe akomodasi yang lebih lengkap dengan mengedepankan nuansa liburan yang lebih privat, seperti vila, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping, dan resor.

Sementara itu, Traveloka Host merupakan partnership program terbaru dari Traveloka. Lewat program ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan properti.

Segera kunjungi halaman Traveloka dan daftarkan properti Anda jadi Traveloka Host agar bisa menghasilkan cuan!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com