Advertorial

Ingin Kantor yang Lebih Nyaman? Ini Komponen Interior Kantor yang Wajib Anda Perbaiki

Kompas.com - 29/10/2022, 19:47 WIB

KOMPAS.com – Pernah berpikir untuk memperbaiki interior kantor karena bosan? Mungkin hal tersebut bisa Anda lakukan segera.

Pasalnya, dengan desain interior yang menarik, Anda akan merasa nyaman dan dapat memaksimalkan produktivitas dalam bekerja.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, empat dari lima pekerja mengalami stres yang dipicu oleh lingkungan kantor tempat mereka bekerja. Hal ini disebabkan para pekerja merasa tidak nyaman karena suasana ruangan dan desain yang diimplementasikan.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa para pekerja tak mampu memberikan kontribusi maksimal terhadap pekerjaannya.

Dengan demikian, desain interior yang tepat dapat membantu mengurangi tingkat stres pekerja. Selain itu, mereka juga menjadi lebih bugar dan produktif.

Untuk memperbaiki desain interior kantor, Anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor interior Jakarta yang secara khusus dapat memberikan saran mengenai interior yang cocok. Khusus untuk kantor, Anda bisa menghubungi kontraktor interior office Jakarta profesional yang menyediakan jasa all-in-one perbaikan interior kantor.

Agar tak salah pilih, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang perlu diperbaiki. Berikut 5 komponen yang wajib Anda tingkatkan dan perbaiki untuk membuat kantor makin nyaman.

1. Ruangan

Sebagai komponen utama dari desain interior, ruangan kantor adalah hal yang wajib Anda perhatikan pertama kali. Ada beberapa ruangan yang harus Anda perbaiki, misalnya, ruang kerja, ruang meeting, ruang tunggu tamu, dan ruang resepsionis.

Anda bisa memaksimalkan tiga elemen dalam ruangan, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Untuk membuat interior kantor makin nyaman, Anda bisa memperbaiki ketiga unsur tersebut dengan cara menyesuaikan dengan suasana yang ingin dibangun.

Saat Anda ingin meletakkan barang, Anda juga harus mempertimbangkan skala dan ukuran obyek di dalam ruangan. Contohnya, dengan memperbanyak benda berukuran besar, ruangan akan menimbulkan kesan sempit. Sementara itu, menempatkan benda tinggi seperti lemari, bisa membuat ruangan terlihat lebih tinggi.

2. Benda atau furnitur

Desain furnitur atau perabotan kantor kini semakin beragam seiring bergantinya tren. Banyak brand furnitur terkenal menyediakan barang khusus kantor dengan konsep yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu memilih brand yang sesuai dengan preferensi saat mendesain interior kantor.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih furnitur penting, seperti meja dan kursi kantor. Demi kenyamanan, Anda perlu mempertimbangkan sisi fleksibilitas, daya tahan, dan ergonomis barang tersebut.

Hal tersebut bertujuan agar pekerja bisa lebih maksimal dan produktif. Apabila Anda salah pilih, justru bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar ke depan.

3. Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu komponen penting untuk menunjang kenyamanan interior kantor. Pencahayaan yang baik dapat membuat ruangan kantor terasa lebih nyaman.

Anda dapat memperbaiki pencahayaan kantor dengan melakukan beberapa penyesuaian. Contohnya, dengan memaksimalkan elemen interior yang menyerap cahaya matahari saat siang hari, seperti menyesuaikan model pintu dan jendela atau pilihan lampu yang digunakan.

Pencahayaan bisa dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu pencahayaan sesuai fungsinya (task lighting), pencahayaan untuk aksen (accent lighting), dan pencahayaan untuk menambah suasana (mood lighting).

Ketiga jenis pencahayaan tersebut memiliki manfaat bagi para pekerja. Dengan memilih pencahayaan yang tepat untuk ruangan, dapat memberikan dampak positif terhadap mood dan motivasi saat bekerja.

4. Bentuk

Bentuk juga menjadi elemen vital yang harus Anda perbaiki untuk meningkatkan suasana ruangan kantor menjadi lebih nyaman. Anda dapat memilih bentuk ruangan, barang, dan komponen interior lain yang sesuai dengan preferensi Anda dan pekerja.

Contohnya, jika barang atau ruangan berbentuk geometris yang lekat dengan garis dan sudut, akan menimbulkan kesan yang modern. Jika Anda memilih bentuk yang lebih natural atau alami dengan alam sebagai inspirasi, suasana interior kantor Anda terkesan lebih fresh.

Jika Anda ingin menggabungkan keduanya, kesan yang timbul adalah keseimbangan. Perlu diingat, elemen bentuk sangat erat kaitannya dengan kenyamanan. Jadi, tak perlu berlebihan dalam memilihnya agar tak menimbulkan kesan yang justru membuat Anda tak betah.

5. Warna

Warna adalah komponen yang paling menarik mata dari interior kantor. Anda perlu berimprovisasi sekaligus berhati-hati dalam menentukan warna yang tepat untuk desain interior kantor Anda.

Sebagai referensi, ruangan dengan dominasi warna putih dan warna netral akan menimbulkan kesan ruangan terlihat lebih luas. Sebaliknya, penggunaan warna cerah akan membuat ruangan lebih padat dengan warna sebagai pusat perhatian.

Warna barang dan ruangan pada interior kantor dapat berfungsi untuk membangun suasana. Contohnya, warna biru dapat memunculkan kesan tenang pada Warna ini cocok untuk interior kantor pekerjaan kreatif. Tipsnya, Anda bisa mengombinasikan berbagai macam warna untuk menimbulkan kesan yang nyaman tetapi tetap menarik.

Itulah lima komponen yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memperbaiki desain interior kantor.Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, sebaiknya Anda tidak bisa sembarangan mengubah desainnya.

Bagi yang tak ingin repot, Anda bisa memilih Temtera yang dapat dipercaya dalam mempercantik interior kantor Anda.

Temtera adalah perusahaan kontraktor interior yang tepercaya sejak 2014. Anda bisa berkonsultasi untuk menentukan desain yang tepat untuk interior kantor sesuai keinginan.

Untuk memaksimalkan perbaikan interior kantor Anda, Temtera mempunyai banyak retail network yang meng-cover seluruh kebutuhan pekerjaan. Dengan demikian, dapat menekan cost produksi dan memberikan harga yang terbaik.

Dengan Temtera, renovasi kantor dan interior bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat sesuai keinginan Anda.

Tunggu apalagi? Bagi Anda yang ingin mempercantik tampilan interior kantor Anda, silakan kunjungi situs web Temtera atau akun media sosial Temtera.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com