Advertorial

BRI Sabet 5 Penghargaan AHI 2022, Dirut BRI Sunarso Jadi Pemimpin BUMN Terpopuler

Kompas.com - 30/10/2022, 13:32 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI secara konsisten menorehkan deretan prestasi. Kali ini, BRI berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus pada acara Anugerah Humas Indonesia (AHI) yang digelar di Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (28/10/2022).

Dalam acara bertajuk “Inovasi Keterbukaan Informasi Publik untuk Indonesia Maju” tersebut, BRI dinilai mampu dan andal dalam menjalankan kinerja keterbukaan informasi publik dan kehumasan. Direktur Utama (Dirut) BRI dinobatkan sebagai Pemimpin/CEO Terpopuler di Media Sosial 2022 untuk kategori BUMN Tbk.

Sementara itu, empat penghargaan lainnya yakni kategori BRI Sebagai Institusi Terpopuler di Media Digital 2022, Media Internal Sub-Kategori Video Profile Terbaik, Kanal Digital Sub-Kategori Website Terbaik, dan kategori Kanal Digital Sub-Kategori Media Sosial Youtube Terbaik.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan pihaknya mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh AHI.

“Capaian tersebut merupakan wujud komitmen BRI terhadap keterbukaan informasi publik. Untuk itu, BRI akan terus membangun dan memperkuat sistem informasi yang terintegrasi dalam rangka mendukung pelayanan bagi masyarakat secara berkelanjutan,” ujar Aestika dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (30/10/2022).

Untuk diketahui, AHI merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi lembaga publik di tingkat kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri (PTN), badan usaha milik negara (BUMN), anak usaha BUMN, dan badan usaha milik daerah (BUMD) se-Indonesia. AHI dianggap sebagai barometer kinerja terbaik yang dijalankan oleh praktisi humas Tanah Air.

Aestika menambahkan, BRI juga secara aktif mengampanyekan informasi publik kepada masyarakat. Perseroan juga melakukan edukasi di semua kanal digital, termasuk media sosial maupun media elektronik.

“Informasi yang disampaikan BRI selalu mengedepankan transparansi, akuntabilitas, serta tetap mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Aestika.

Sebagai informasi, AHI diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap pemimpin dan badan publik yang mampu mengimplementasikan dengan baik Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Terdapat lima kategori dalam anugerah AHI, yaitu pelayanan informasi publik, pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), media internal, kanal digital, dan program kehumasan pemerintah.

Selain itu, terdapat dua kategori lain yang pemenangnya dipilih langsung oleh Humas Indonesia bersama NoLimit sebagai mitra, yaitu pemimpin terpopuler di media digital dan institusi terpopuler di media digital. 

Proses penjurian AHI 2022 dilakukan oleh para ahli dan pakar di bidangnya, antara lain CEO Humas Indonesia Asmono Wikan, CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication (CPROCOM) Emilia Bassar, Direktur Komunikasi Rajawali Foundation Fardila Astari, dan mantan Komisioner Komisi Informasi Pusat Arif Adi Kuswardono.

Selain itu, ada pula Wakil Rektor I London School of Public Relation (LSPR) Janette Maria Pinariya, mantan Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, serta Managing Director BAYK Strategic Sustainability/APPRI Arya Gumilar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com