Advertorial

Serba-serbi Kaca Tempered, Lebih Kokoh dan Tahan Benturan

Kompas.com - 30/10/2022, 20:11 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan kaca mobil ketika terjadi kecelakaan? Sebagian besar orang sedikitnya tentu pernah melihat peristiwa tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di sekitar lokasi kecelakaan, biasanya serpihan kaca berhamburan. Bentuk serpihan kaca tidak runcing dan tajam seperti halnya kaca biasa. Hal itu karena kaca yang digunakan pada mobil dan semua jenis moda transportasi merupakan kaca berjenis tempered.

Untuk diketahui, tempered adalah jenis kaca yang dibuat melalui proses termal atau suhu tertentu secara terkontrol. Adapun suhu tersebut pada umumnya pada kisaran 700 derajat Celsius.

Guna meningkatkan sifat kuat kaca tersebut, sejumlah perajin membuat kaca tempered melalui proses kimia berupa tempering furnace. Sederhananya, kaca tempered merupakan kaca yang diberi proses tambahan untuk memperkuat sifat dari material kaca tersebut.

Selain kaca mobil ataupun moda transportasi, kaca tempered juga digunakan pada produk-produk lain, seperti pada bidang konstruksi bangunan, arsitektur, dan desain interior.

Seperti halnya kaca untuk mobil, pembuatan kaca pada bidang-bidang tersebut melalui tahapan yang sama, yaitu tempering furnace. Sementara pada industri lain, seperti industri elektronik, kaca tempered yang digunakan pada smartphone secara kimia.

Keunggulan kaca tempered

Meski jamak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penunjang beragam peralatan, kaca tempered tampaknya masih cukup asing bagi sebagian orang. 

Tak sedikit yang menganggap bahwa kaca tempered terbuat dari material kaca yang berbeda dengan kaca lainnya. Padahal, jenis material kaca yang digunakan tetap sama dengan kaca pada umumnya.

Meski begitu, hal yang membedakan dengan kaca jenis lain adalah proses tambahan dalam tahapan pembuatannya.

Kaca tempered merupakan kaca biasa yang kemudian diberi proses tambahan, baik secara thermal alias proses tempering furnace maupun proses kimia. Adapun proses yang diterapkan dipilih sesuai tujuan penggunaan kaca tersebut.

Dari sisi penggunaannya pun dapat diketahui keunggulan kaca tempered. Sebagai contoh, saat digunakan sebagai salah satu unsur sebuah bangunan, kaca tempered lebih tahan dan kuat.

Dengan begitu, orang yang berada di dalam sebuah bangunan keamanannya lebih terjamin bila terjadi risiko kaca terbentur atau retak.

Selain itu, kaca tempered berwarna gelap juga berfungsi sebagai antisilau sekaligus mampu menjaga suhu udara dalam ruang tetap sejuk. Meski begitu, kaca tempered juga dapat dilapisi dengan beragam warna lainnya, sesuai preferensi pengguna.

Selain aspek bangunan, kaca tempered juga memiliki sejumlah keunggulan saat digunakan sebagai pelapis layar gadget, yakni sebagai antigores. Singkatnya, kaca tempered andal dari sisi kekuatan, ketahanan, dan keamanan saat digunakan pada berbagai tujuan.

Sifat tempered glass

Untuk diketahui, kaca tempered memiliki sejumlah sifat dasar. Pertama, serbaguna. Kaca ini dapat dibentuk dan dibuat menjadi apa pun sesuai keperluan, baik untuk tujuan dekoratif maupun penunjang kekuatan. Kaca tersebut juga dapat dibuat dengan berbagai ukuran dan ketebalan sesuai tujuan peruntukannya.

Kedua, tahan benturan. Sesuai sifat dan fungsinya, kaca tempered dapat digunakan sebagai pengaman di lapangan hoki. Sesering apa pun bola dipantulkan atau membentur pada dinding kaca dengan kecepatan atau kekuatan besar, dinding kaca tetap kokoh sehingga dinding ini tidak mudah pecah.

Ketiga, kuat. Kaca tempered bahkan diklaim 3 hingga 7 kali lebih kuat daripada kaca anil, terutama saat digunakan dalam bidang konstruksi bangunan.

Keempat, distorsi optic. Wujud asli kaca tempered tidak sebening kaca pada umumnya. Hal ini terjadi karena proses tempering furnace yang menyebabkan banyak distorsi optik.

Namun, untuk kepentingan tertentu, kaca tempered juga dibuat dalam wujud bening atau disebut cleared tempered glass.

Kelima, fabrikasi. Tidak seperti kaca pada umumnya, tempered glass harus dipotong terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut tempering furnace ataupun proses kimia. Jika dilakukan sebaliknya, kaca akan pecah atau patah saat ditempa.

Pada dasarnya kaca tempered dapat dibuat sesuai dengan keinginan penggunanya. Namun, jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa langsung membeli ukuran standar yang sudah dibuat oleh toko kaca tempered terdekat.

Salah satu toko kaca yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda terhadap kaca tempered adalah Vertuglass. Toko ini menyediakan kaca tempered dari berbagai jenis, ukuran, dan harga.

Sebagai informasi, ada sejumlah ukuran kaca tempered yang dapat dipilih, mulai dari 50 x 50 mm, 250 x 250 mm, 150 x 150 mm, 1500 x 3000 mm, 300 x 300 mm, dan juga 2000 x 3000 mm.

Ketebalannya pun bermacam-macam, antara lain 2-8 mm, 3- 12 mm, 3-12 mm, serta 3-19 mm.

Nah, itulah serba-serbi seputar kaca tempered yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan dan Anda seputar kaca. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kaca tempered sesuai keperluan berdasarkan sifat ataupun keunggulannya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com