Advertorial

Praktis, Ini 4 Langkah Mudah Jadi Seller di Lazada

Kompas.com - 01/11/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Berjualan online di platform e-commerce menjadi salah satu peluang pendapatan yang dilakoni banyak orang, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pendaftaran yang praktis dan tak memakan biaya menjadi beberapa faktornya.

Bahkan, pada salah satu e-commerce, yakni Lazada, seorang pemula pun bisa langsung berjualan karena proses pendaftarannya cepat dan mudah.

Untuk dapat melakukan pendaftaran, calon seller harus mengunduh aplikasi atau membuka laman Lazada Seller Center. Ini merupakan platform yang disediakan oleh Lazada khusus untuk penjual.

Melalui platform tersebut, penjual dapat mengatur seluruh kegiatan jual-beli, seperti manajemen produk, keuangan, harga, promosi, dan pesanan.

Lalu, bagaimana langkah-langkah menjadi seller di Lazada? Simak ulasan berikut.

  1. Mendaftar Lazada Seller Center

Pertama, unduh aplikasi atau buka laman Lazada Seller Center. Kedua, pada menu “Pilihan Negara dan Pilih Bahasa”, pilih opsi “Indonesia” dan pilih bahasa yang kamu inginkan.

Ketiga, pengguna bisa memasukkan nomor ponsel. Selanjutnya, pihak Lazada akan mengirimkan nomor one-time password (OTP). Kemudian, pengguna dapat memasukkan nomor OTP yang diterima.

Keempat, pada menu "Pilih Tipe Seller", pilih “Invidu”. Kelima, masukkan alamat email dan kata sandi untuk pembuatan akun.

  1. Tambahkan alamat toko

Setelah memiliki akun Lazada Seller Center, langkah selanjutnya adalah membuat dan melengkapi kelengkapan informasi toko online kamu. Hal ini penting dilakukan agar produk kamu terlihat oleh pelanggan.

Kamu akan langsung terhubung dengan halaman informasi produk setelah memiliki akun Lazada Seller Center.

Untuk melengkapi informasi toko, kamu bisa klik tombol “Tambahkan” pada instruksi "Tambahkan alamat toko anda agar produk anda terlihat". Kemudian, isi alamat gudang, alamat bisnis, serta alamat pengembalian. Jika alamat ketiganya sama, kamu bisa mencentang tombol di sebelah kanan berubah sampai warna biru.

Jika alamat bisnis dan gudang sama, centang tombol di sebelah kanan berubah sampai warna biru.DOK. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA Jika alamat bisnis dan gudang sama, centang tombol di sebelah kanan berubah sampai warna biru.

Sebagai informasi, kamu bisa mengatur alamat yang sama sesuai kebutuhan. Namun, jika berbeda, kamu bisa memasukkan alamat pada tiap kolom yang disediakan.

  1. Verifikasi dokumen identitas dan bank

Setelah mengisi alamat toko, kamu dapat menyelesaikan tahap selanjutnya, yakni memverifikasi dokumen identitas dan bank. Kamu bisa klik tombol “Tambahkan” pada instruksi "Tambahkan Dokumen Identitas dan Bank".

Kamu akan diminta untuk mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen bank yang valid untuk verifikasi. Unggah KTP serta isi identitas pribadi secara lengkap sesuai KTP atau identitas lain yang sudah diunggah.

Setelah mengisi data pribadi, kamu dapat mengisi informasi bank yang akan digunakan untuk transaksi. Kamu akan mengisi berbagai informasi, mulai dari nama akun, nomor rekening, nama cabang bank, hingga kode bank. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto halaman depan buku tabungan.

Pastikan dokumen dan informasi yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah, klik “Kirimkan”. Kamu dapat mengecek email untuk melakukan toko.

  1. Unggah produk

Tahap terakhir adalah mengunggah produk yang ingin dijual. Kamu dapat mengunggah gambar atau video, serta memasukkan nama produknya. Selanjutnya, isi detail keterangan produk supaya konsumen bisa mendapatkan informasi secara lengkap, mulai dari kategori, merek, variasi, harga, hingga kuantitas.

Kamu bisa mengisi detail keterangan produk, mulai dari kategori, merek, variasi, harga, hingga kuantitas.DOK. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA Kamu bisa mengisi detail keterangan produk, mulai dari kategori, merek, variasi, harga, hingga kuantitas.

Langkah berikutnya adalah memasukkan informasi berat produk dan dimensi paket pada laman Informasi Paket. Bila sudah lengkap, kamu bisa klik “Kirimkan”.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat akun untuk #jualandiLazada? Lazada menawarkan berbagai keuntungan kepada para seller karena memiliki jutaan pelanggan dan lebih dari 30 pusat penyimpanan di seluruh Asia Tenggara.

Lazada juga memberikan fasilitas pendampingandan pengembangan seller melalui Lazada University. Setiap seller Lazada juga difasilitasi partner support untuk membantu apabila ada kendala dan masalah dalam berjualan.

Dengan mengikuti berbagai program dari Lazada, para seller bisa ikut #NaikKeLaz mengembangkan usahanya. Untuk jadi seller di Lazada, kamu dapat mengklik laman https://lzd.co/DaftarJadiSellerLazada.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com