Advertorial

Desa Mernek Binaan Pertamina Raih Penghargaan Proklim Utama dari Kementerian LHK

Kompas.com - 01/11/2022, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Pertamina melalui program corporate social responsibility (CSR) Desa Energi Berdikari berhasil mengantarkan Desa Mernek yang berlokasi di sekitar unit operasi Fuel Terminal Maos di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, meraih Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Tahun 2022.

Berkat kontribusi tersebut, Pertamina menerima piagam apresiasi dalam ajang Festival Iklim 2022 yang diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Adapun penyerahan piagam dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar kepada Fuel Terminal Manager Maos PT Pertamina Patra Niaga, Ahmad Zaeni.

Untuk diketahui, Fuel Terminal Maos PT Pertamina Patra Niaga menjadi salah satu dari 11 perusahaan di Indonesia yang menerima apresiasi sebagai perusahaan pendukung Proklim.

Siti mengatakan, Festival Iklim 2022 merupakan upaya bersama untuk membuat banyak pihak dapat beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Dengan begitu, kata Siti, pihak yang terlibat diharapkan dapat membangun Indonesia yang berketahanan iklim dan rendah emisi gas rumah kaca.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada daerah-daerah yang berpartisipasi dan menyelenggarakan Proklim di wilayah masing-masing. Kami juga mengapresiasi para perusahaan yang turut mendukung dengan membina desa-desa peserta Proklim,” ujar Siti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Penghargaan Proklim Kategori Utama. Dok. Pertamina Penghargaan Proklim Kategori Utama.

Sementara itu, Zaeni menjelaskan bahwa Pertamina akan secara konsisten mendampingi dan membina Desa Mernek untuk mengikuti ajang Proklim setiap tahun. Dukungan ini dijalankan melalui program CSR bertajuk "Mernek Jenek".

“Bersama pemerintah Kabupaten Cilacap, terutama Dinas Lingkungan Hidup, kami mendorong Desa Mernek lebih maju dan sejahtera melalui program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Sebelumnya, pada 2020, Desa Mernek meraih Proklim Kategori Utama Sertifikat. Kini, pencapaian tersebut meningkat dengan meraih Proklim Kategori Utama Trophy pada 2022,” jelas Zaeni.

Zaeni menambahkan, keberhasilan program CSR yang dijalankan Pertamina bersama Desa Mernek juga membuat mereka mendapatkan penghargaan lain.

“Salah satu penghargaannya adalah Proper Emas yang juga diadakan oleh Kementerian LHK. Kami berhasil mendapat penghargaan tersebut dua kali berturut-turut, yakni pada 2020 dan 2021,” terang Zaeni.

Selain Desa Mernek, Pertamina juga mendampingi lima desa lain di Kabupaten Cilacap yang mengikuti Proklim, khususnya dalam hal pelatihan dan pengisian Sistem Registri Nasional (SRN).

Desa tersebut adalah Desa Sindeh, Desa Glempang, Desa Karangbenda, Dusun Sodong, dan Dusun Babakan.

Sertifikat Proklim untuk Desa Mernek. Dok. Pertamina Sertifikat Proklim untuk Desa Mernek.

“Kami berharap, semakin banyak desa di Kabupaten Cilacap yang dapat mengikuti jejak dan prestasi Desa Mernek,” ucapnya.

Komitmen Pertamina terhadap ESG dan SDGs

Dukungan Pertamina melalui program CSR dalam ajang Proklim merupakan salah satu wujud nyata pemberdayaan masyarakat untuk memitigasi perubahan iklim.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho mengatakan, dukungan tersebut sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan prinsip environment, social, governance (ESG) sebagai entitas usaha.

“Selain itu, program tersebut juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada poin 13 mengenai perubahan iklim dan poin 17 mengenai kemitraan untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com