Advertorial

MakeX Robotic Competition Kembali Digelar untuk Dorong Pendidikan STEAM di Indonesia

Kompas.com - 02/11/2022, 18:35 WIB

KOMPAS.com - MakeX berkolaborasi dengan Bina Bangsa School untuk menggelar MakeX Robotic Competition bertema “Zero Carbon” di Bina Bangsa School Kebon Jeruk, Jakarta, mulai Kamis (27/10/2022) sampai dengan Jumat (28/10/2022).

Disponsori oleh pengembang pendidikan edukasi science, technology, engineering, art, and mathematics (STEAM), Makeblock, MakeX Robotic Competition didesain untuk membangun kolaborasi tim, kreativitas, dan pemecahan masalah oleh setiap peserta.

Pembukaan kompetisi MakeX Robotic Competition juga dihadiri oleh Head Academic Software Development Alvin Soliman Miclat, Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) Bina Bangsa School Kebon Jeruk Beatrice Pijuan Da Roza, dan Head of Representative Makeblock di Indonesia Erwin Octavia.

Erwin menjelaskan, sebagai penyedia alat edukasi yang mendukung pengajaran dan laboratorium STEAM, robotik, dan pemrograman, Makeblock akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengenalkan berbagai teknologi terbaru kepada peserta didik, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga jenjang universitas.

Erwin melanjutkan bahwa pemenang kompetisi tersebut akan mewakili Indonesia menuju MakeX Asia Championship di Thailand pada akhir November 2022.

Pada kesempatan sama, Beatrice mengatakan bahwa kontes tersebut merupakan bentuk konsistensi Bina Bangsa School dalam melengkapi siswanya untuk menyongsong abad ke-21 di kancah internasional.

“Bina Bangsa School memiliki tujuan (untuk) memberikan pendidikan berkualitas kepada anak di Indonesia yang diakui secara internasional,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

Kerjasama MakeX dan Bina Bangsa SchoolDok. MakeX Kerjasama MakeX dan Bina Bangsa School

Ia pun menjelaskan bahwa sejak 2018, Bina Bangsa School juga bekerja sama dengan Makeblock dalam penerapan kurikulum edukasi robotik dan pemrograman. Penerapan mata pelajaran robotik juga dimulai sejak dini, yakni dari tingkat kelas 4 Sekolah Dasar (SD).

Beatrice mengatakan bahwa Bina Bangsa School juga menggunakan kurikulum Singapura untuk tingkat SD, serta kurikulum Cambridge Inggris untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Setiap siswa akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh University of Cambridge (United Kingdom) International Examination, yaitu sertifikat IGCSE dan A Level. Sertifikat tersebut telah digunakan di lebih dari 150 negara dan diakui secara internasional.

Sebagai informasi, Bina Bangsa School dan Makeblock menggelar kompetisi MakeX setiap tahun di Indonesia untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam hal semangat kolaborasi, berjuang, dan belajar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com