Advertorial

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Sleman Siapkan MPP di Gedung Baru

Kompas.com - 03/11/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tengah mempersiapkan gedung baru yang akan digunakan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP). Pembangunan gedung ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sleman Retno Susiati mengatakan, pembangunan MPP tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Terlebih, saat ini, instansi yang bergabung dengan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) semakin banyak. Sementara, luas MPP yang ada saat ini masih terbatas, yakni sekitar 445,5 meter persegi.

Retno mengatakan, saat pertama kali diluncurkan pada 2019, hanya 14 instansi yang bergabung dalam MMP Kabupaten Sleman. Kini, MMP tersebut mencakup 20 instansi dari berbagai bidang, mulai dari instansi di lingkungan Pemkab Sleman, instansi vertikal, perusahaan daerah, hingga perbankan.

Puluhan instansi itu melayani 100 jenis layanan dengan 22 loket. Pada periode Januari hingga Oktober 2022, MPP Kabupaten Sleman melayani 24.532 pengunjung. Jika dirata-rata, pengunjung harian mencapai 100 hingga 120 orang.

“Untuk memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat, diperlukan gedung yang lebih luas atau representatif,” ujar Retno dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Retno menjelaskan, melalui MPP, masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan, seperti perizinan, pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pengurusan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan, administrasi kependudukan, serta penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Gedung baru MPP Kabupaten Sleman terdiri atas empat lantai dan satu basement dengan bangunan seluas 9.347,47 meter persegi. 

Dok. Pemkab Sleman Gedung baru MPP Kabupaten Sleman terdiri atas empat lantai dan satu basement dengan bangunan seluas 9.347,47 meter persegi.

Adapun gedung baru MPP Kabupaten Sleman terdiri atas empat lantai dan satu basement dengan bangunan seluas 9.347,47 meter persegi.

“Dengan gedung baru itu, kami berharap, layanan MPP semakin berkualitas. Kami juga bisa membuka layanan hingga 30 instansi. Instansi vertikal serta perangkat daerah, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Pos Indonesia, dan Kementerian Agama (Kemenag), bisa bergabung,” jelas Retno.

Untuk memudahkan instansi dalam membuka layanan, lanjut Retno, pihaknya juga akan menyediakan sarana dan prasarana pendukung memadai, mulai dari konter layanan, komputer, printer, hingga telepon, sesuai kebutuhan instansi.

“Kami siap memfasilitasi instansi yang ingin membuka layanan di MPP,” kata Retno.

Pada akhirnya, keberadaan MPP diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik.

“Dengan datang ke MPP, masyarakat bisa mendapatkan semua jenis layanan yang dibutuhkan pada satu tempat," imbuh dia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com