Advertorial

Dukung Wirausahawan Indonesia, IFBC Expo 2022 Diikuti Ratusan Peserta

Kompas.com - 03/11/2022, 20:14 WIB

KOMPAS.com - Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bekerja sama dengan Neo Expo Promosindo menyelenggarakan pameran National Roadshow Info Franchise and Business Concept (IFBC) Expo 2022. Pameran bertema “Ready, Get Set, Grow” ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, mulai Jumat (28/10/2022) sampai Minggu (30/10/2022).

Pameran tersebut diikuti oleh 173 merek usaha franchise dan peluang usaha terkini, serta usaha milik selebritas dengan target transaksi sekitar Rp 500 miliar per tiga hari. Pameran itu dibuka untuk umum pada pukul 10.00-20.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, kegiatan ini dibuka dengan deklarasi ikrar Wirausaha Berdampak yang dipimpin oleh Konsultan Senior DK Consulting Djoko Kurniawan dan Anchor News TV One sekaligus Pemilik Mamma Roti Prima Alvernia.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah wirausaha dari lintas sektoral, yakni Ketua Umum Asosiasi Industri UMKM Indonesia (Akumandiri) sekaligus pengusaha mebel Hermawati Setyorinny, Franchisor Ohayo Drawing School Widyana Susanti, dan Pemilik Dabe Slim Bella Shofie Rigan.

Kemudian, ada juga Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia Susanti Widjaya, Ketua Umum Sahabat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Joanina Rachma Novinda, Deputi Bisnis PT Pegadaian Suhadi, serta akademisi Universitas Binus Erwin Halim.

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko pun turut hadir sebagai pembicara dalam pembukaan acara tersebut. Ia mengatakan bahwa pameran IFBC dapat menjadi solusi bagi para wirausahawan di Indonesia.

Pemerintah, lanjut Moeldoko, sangat memahami peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia. Menurutnya, pelaku UMKM memiliki fondasi yang kuat sehingga bisa tetap eksis dalam kondisi apa pun.

Lebih lanjut, Moeldoko mengatakan bahwa pemerintah telah mendorong serta memberikan bantuan untuk kemajuan wiraswasta, mulai dari peningkatan kredit untuk UMKM sebesar 30 persen pada 2024, pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pembiayaan usaha ultramikro, dan penyediaan kredit berskema Kredit Usaha Rakyat (KUR) supermikro.

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko dalam IFBC Expo 2022Dok. IFBC Expo 2022 Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko dalam IFBC Expo 2022

“Pemerintah juga memberikan subsidi pembayaran KUR hanya 3 persen sampai Desember 2022 dan terus berupaya mendigitalisasi UMKM di dalam negeri dengan target 30 juta UMKM melek digital pada 2024,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Veri Anggrijono mengatakan bahwa industri waralaba terus tumbuh seiring perbaikan ekonomi di dalam negeri.

Veri menjelaskan, berdasarkan data Kemendag, ada sekitar 93.372 gerai bisnis waralaba yang menyerap 628.622 tenaga kerja pada 2021.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen mengakselerasi pasar industri waralaba ke seluruh pelosok Nusantara hingga internasional.

Menurutnya, industri waralaba Indonesia bisa belajar dari beberapa negara, seperti Korea Selatan (Korsel), Taiwan, dan Malaysia.

Untuk diketahui, kegiatan IFBC disponsori oleh PT Pegadaian. Perusahaan ini turut memberikan kemudahan finansial serta membuka peluang berinvestasi dengan logam mulia.

Selain itu, berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha dalam pameran tersebut juga menawarkan investasi, mulai dari Rp 4 juta hingga ratusan juta rupiah.

Adapun peserta merek usaha yang hadir dalam IFBC Expo 2022 meliputi bidang kuliner, kesehatan dan kecantikan, binatu, properti, retail, dan pendidikan. Acara ini juga diramaikan kehadiran bisnis selebritas, lembaga penunjang kinerja bisnis pelaku usaha, serta pendanaan usaha.

Peserta merek usaha bidang kuliner yang hadir di pameran tersebut, antara lain Es Teler 77, Kebab Turki Baba Rafi, Foodpedia, Tentang Pasta, Nasi Kulit Jagoan, Bakmi Naga Resto, Taichan Walig, Kue Sus Kaka, Ayam Geprek Juara, Dum Dum Thai Drink, Kopi Dari Hati, dan Kopte.

Pada bidang kesehatan dan kecantikan, hadir Royal Garden Spa, Giveliss, dan Barberpedia.

Hadir pula sejumlah bisnis binatu yang mampu bertahan selama pandemi Covid-19, yakni Speed Queen Laundry, Sebersih Apa Laundry, dan Bio Clean Laundry.

Kemudian, pada bidang investasi properti hadir Tanrise Property, Jababeka Cikarang, dan Jababeka Morotai.

Selanjutnya, Air Minum Biru, Apotek B-18, Verona Houseware, serta Distributor Motor Listrik Smart By hadir mewakili sektor bisnis retail.

Pada bidang usaha pendidikan, turut hadir Smart Kidz, Ohayo Drawing School, ESDA, dan STIE Paripurna dan Internusa Computer Learning Center.

Selain itu, ada pula berbagai peluang bisnis menarik lain, seperti Ciptasarana Rent Car Tour dan Travel, Gorillaz Car Wash, I Office Workspace, City Storage, dan CSR Cleaning Service.

Sementara itu, bisnis selebritas yang turut meramaikan pameran di antaranya Basreng Gonjreng milik Jenita Janet, Warkop Naik Kelas milik Andhika Pratama, Burger Bangor milik Denny Sumargo, Kumaw Ramen milik Alshad Ahmad, Ngikan milik Niko Alhakim, Nyapii milik Edho Zell, dan Menantea milik Jerome Polin.

Untuk menunjang kinerja bisnis pelaku usaha, pengunjung dapat mengunjungi Everplate Cloud Kitchen, iSeller, Rintisan, ESB, Zemangat, Evlogia Organizer, Brinks, dan Diantara Intermedia.

Jika pengunjung ingin memperoleh bantuan pendanaan usaha, hadir Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Central Artha Rezeki dan Pegadaian.

Selama pameran berlangsung, pengunjung juga bisa mengikuti talkshow wirausaha, Foodpreneur Talkshow, Celebpreneurs Talkshow, tips bisnis food and beverage, workshop bisnis barang impor, workshop digital marketing, serta pembekalan purnabakti.

Bagi pelaku UMKM, terdapat konsultasi bisnis gratis yang difasilitasi oleh Klinik Bisnis Kemendag, Asosiasi Franchise Indonesia, dan berbagai Konsultan Bisnis.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut IFBC dan AFI juga memberikan apresiasi kepada pelaku usaha waralaba dan peluang usaha yang telah berkontribusi pada ekosistem waralaba nasional. Berikut adalah daftar lengkapnya.

  1. Akademisi di Sektor Waralaba – Dr H Solihin, SH, MH, CMed, CAc (Alfamart Group) dan Prof Agus W Soehadi PhD (Universitas Prasetya Mulya).
  2. IFBC Celebpreneur - Jenita Janet (Basreng Gonjreng)
  3. IFBC Franchise of The Year 2022, - Alfamart, Indomaret, dan Air Minum Biru.
  4. IFBC Business Opportunity of The Year 2022 - Dum Dum Group, Debe Slim, Erafone, dan Speed Queen Laundry.
  5. IFBC Business Support of The Year - iSeller dan Gocorp by Gojek.
  6. IFBC Community Partner of The Year - Sahabat UMKM.

Pada hari terakhir IFBC Expo 2022, diberikan pula penghargaan kepada peserta dengan tampilan desain stan pameran menarik, antara lain Dum Dum Group dan Kopi Chuseyo.

Bagi pengunjung yang melewatkan momen atmosfer wirausaha ini dapat hadir kembali pada Maret 2023 di lokasi yang sama. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi laman www.infofranchiseexpo.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com