Advertorial

Sinergi PNM dan Kementerian ATR/BPN Dorong Percepatan Program Pendaftaran Tanah

Kompas.com - 05/11/2022, 12:32 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terkait percepatan pendaftaran tanah, asistensi pencegahan, permasalahan tanah, dan pemberdayaan tanah masyarakat.

Kemitraan itu diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto di ajang pameran Indonesia UMKM Expo di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/11/2022)

Arief mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan untuk mengoptimalisasi sinergi pelaksanaan tugas di bidang tanah serta pemberdayaan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk membantu memajukan ekonomi kerakyatan Indonesia.

Perjanjian itu, lanjut Arief, juga tidak hanya berlaku bagi PNM tetapi juga bagi anak usaha serta afiliasi PNM.

“Kami berharap, PNM mampu membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia lebih cepat dengan pemetaan data yang tepat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Menteri ATR/BPN Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, serta para jajaran staf Kementerian ATR/BPN.

Sebagai informasi, hingga Kamis PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 156,8 triliun kepada 13 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Saat ini, PNM memiliki 4.197 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 513 kabupaten dan kota, serta 5.640 kecamatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com