Advertorial

Tekan Inflasi Daerah, Pemkab Kediri Gelar Operasi Pasar Murah

Kompas.com - 06/11/2022, 11:12 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menggelar operasi pasar murah khusus sembako di 7 titik di Kabupaten Kediri sepanjang November 2022.

Sebagai informasi, operasi pasar murah diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, khususnya yang berdomisili jauh dari akses distribusi pangan.

Melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Tutik Purwaningsih, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu berharap, operasi pasar dapat membantu menekan angka inflasi daerah.

“Lokasi yang dipilih (pelaksanaan operasi pasar) merupakan wilayah yang banyak terdaftar sebagai penerima manfaat program keluarga harapan (PKH),” kata Tutik dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (6/11/2022).

Lebih lanjut Tutik menambahkan, pelaksanaan operasi pasar murah diharapkan dapat menjaga stabilitas harga sembako di sekitaran lokasi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Pelaksanaan operasi pasar murah oleh Pemkab Kediri diharapkan dapat menjaga stabilitas harga sembako di sekitaran lokasi dan meningkatkan daya beli masyarakat. Dok. Pemkab Kediri Pelaksanaan operasi pasar murah oleh Pemkab Kediri diharapkan dapat menjaga stabilitas harga sembako di sekitaran lokasi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Ia membeberkan bahan pokok yang disediakan Pemkab Kediri dalam kegiatan itu di antaranya 1.400 kilogram (kg) beras, 50 hingga 100 kg telur, 70 hingga 100 kg bawang merah, 500 liter minyak goreng kemasan, serta cabai dan gula. 

“(Kebutuhan pokok) yang paling banyak kami sediakan adalah beras, bawang merah, dan minyak goreng,” ujar Tutik.

Untuk informasi, operasi pasar murah diadakan Pemkab Kediri di wilayah barat area sungai, yakni Desa Titik di Kecamatan Semen pada Senin (7/11/2022), Desa Surat di Kecamatan Mojo pada Kamis (10/11/2022), dan Desa Kedungsari di Kecamatan Tarokan pada Senin (14/11/2022).

Adapun empat titik lain tersebar di wilayah timur Sungai Brantas, yaitu Desa Bedali di Kecamatan Ngancar pada Kamis (17/11/2022), Desa Asmorobangun di Kecamatan Puncu pada Selasa (22/11/2022), Desa Besowo di Kecamatan Kepung pada Kamis (24/11/2022), dan Desa Mlancu di Kecamatan Kandangan pada Selasa (29/11/2022).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com