Advertorial

MakeX Robotic Competition Kembali Digelar, Kirim Perwakilan Indonesia ke Thailand

Kompas.com - 08/11/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com – Di era Industri 4.0, salah satu parameter perkembangan teknologi suatu bangsa adalah penguasaan di bidang robotika. Kompetisi robotika sendiri dapat menjadi ajang pembuktian kemajuan setiap negara peserta melalui kompetisi di tingkat sekolah.

Merespons kebutuhan tersebut, platform kompetisi robotika tingkat tinggi, MakeX, mengadakan MakeX Robotic Competition 2022 yang digelar di Bina Bangsa School Kebon Jeruk, Jakarta, pada Kamis (3/11/2022) dan Jumat (4/11/2022). Kompetisi hasil kolaborasi antara Makeblock dengan Cyberspace ini mengusung tema “Zero Carbon”. 

Sebagai informasi, Makeblock merupakan perusahaan teknologi yang mengembangkan produk dan software edukasi berbasis science, technology, engineering, art, and mathematics (STEAM) yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan kompetensi siswa di bidang robotika dan coding.

Sementara, Cyberspace sendiri merupakan pelopor pendidikan STEAM yang bergerak di bidang coding dan robotika untuk anak.

Head of Representative Makeblock Indonesia Erwin Octavia mengatakan, MakeX Robotic Competition menjadi ajang kesiapan pendidikan STEAM di Indonesia. 

"Cyberspace memiliki inovasi untuk mendukung pembelajaran STEAM. Sementara, Makeblock menjadi penyedia alat edukasi yang mendukung STEAM, robotika, coding, dan laboratorium. Oleh karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan Cyberspace untuk menyediakan tempat belajar yang ideal," kata Erwin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Lebih lanjut, Erwin mengatakan, para pemenang kompetisi regional akan dilombakan lagi pada tingkat nasional di Cyberspace Hub, Jakarta. Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang akan mengirimkan perwakilan siswa ke kompetisi tingkat internasional. Mereka adalah para siswa yang sudah mendapatkan pelajaran di Makeblock.

“Para pemenang kompetisi tingkat regional di Bina Bangsa School Malang (Jawa Timur) dan Jakarta akan dipertandingkan lagi secara nasional. Ini merupakan langkah nyata dari Makeblock Indonesia untuk mewujudkan pendidikan STEAM,” ujar Erwin.

Peserta MakeX Robotic Competition 2022.Dok. Makeblock Peserta MakeX Robotic Competition 2022.

Erwin menambahkan, Makeblock dan Cyberspace akan menggelar kompetisi MakeX setiap tahun di Indonesia. Tujuannya, untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam hal semangat kolaborasi, berjuang, dan belajar untuk menghadapi era industri 4.0.

Perwakilan Indonesia ke Thailand

MakeX Robotic Competition merupakan agenda kompetisi tahunan yang telah dimulai sejak 2017.

Tahun ini, MakeX Robotic Competition akan menggunakan robot jenis mBot 1 dan 2. Kedua robot itu merupakan unit yang dikeluarkan oleh Makeblock.

Pelaksanaan MakeX Robotic Competition.Dok. Makeblock Pelaksanaan MakeX Robotic Competition.

Adapun dalam setiap pelaksanaan kompetisi tersebut, penyelenggara selalu mengangkat tema yang berhubungan dengan isu keberlanjutan. Tema tersebut digaungkan pada setiap misi di dalam arena kompetisi.

MakeX Robotic Competition juga tidak hanya diadakan untuk saling mengalahkan lawan, tetapi lebih menekankan pada kolaborasi antartim, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Sebagai informasi, MakeX Robotic Competition juga diadakan di Malang pada September 2022. Kompetisi ini diikuti oleh 300 siswa.

Pada penutupan acara MakeX Robotic Competition 2022, Jumat, sebanyak 23 siswa ditunjuk untuk mewakili Indonesia berkompetisi di Thailand. Kompetisi internasional ini akan diadakan pada 24-27 November 2022.

Untuk Category Starter (usia 8 hingga 13 tahun) akan diwakili oleh Nadya Nadya Clara Soekojo dari Bina Bangsa School Malang, Amnan Ibraahiim Al Fatih dan Teuku Hakeem Osman Ademir dari SDI At Taubah, serta Kent Gunawan Tjahjadi dan Nicholas Wisnu Pradipta dari SMP Marsudirini.

Selain itu, ada juga Faribi Gemilang Syawal dan Rafi Fadhil Deanto dari SMP Al-Ikhlas, serta pasangan Dominic Uriel Taneli dan Cordelia Grace Lim serta Kevin Imanuel Haloho bersama Kenzo Ronaldo Hastomo dari SD Tarakanita Pluit.

Sementara, Category Explorer (usia 12 hingga 16 tahun) akan diwakili oleh Audric Angelo Tsai dari Sinarmas World Academy, Fredrick Ardiy Gan, Michelle Lie, dan Hu Zheng Jie/Kingsley dari Bina Tunas Bangsa School, serta Brian Alexander Djohan, Francis Kurnia Kolibonso, Karren Krisnadi Darmawan, dan Wu Donglin dari Bina Bangsa School Kebon Jeruk.

Kategori itu turut diwakili oleh Calvin Mateo Susanto, Nathan Sebastian Wong, Darren Krisnadi Darmawan, dan Ralph Benedict Soemali yang juga berasal dari Bina Bangsa School Kebon Jeruk.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com