Advertorial

Dorong Pertumbuhan Pariwisata, Injourney Optimistis WSBK 2022 Berjalan Sukses

Kompas.com - 10/11/2022, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Sebagai holding sektor pariwisata di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney optimistis gelaran World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (12/11/2022) dan Minggu (13/11/2022), akan berjalan sukses.

Injourney bersama anak perusahaan dan para pemangku kepentingan senantiasa berkoordinasi dan berkolaborasi demi menyukseskan gelaran internasional tersebut.

Sebagai informasi, tahun ini merupakan kali kedua WSBK digelar di Sirkuit Mandalika. Ini merupakan buah kepercayaan dari pengampu WSBK, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan event olahraga kelas dunia.

Adapun sejumlah persiapan yang telah dilakukan Injourney dan para pemangku kepentingan, di antaranya terkait infrastruktur sirkuit dan pembenahan trek.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, pembenahan yang dilakukan berupa perubahan curb dan peningkatan kualitas aspal Sirkuit Mandalika.

“Pengerjaan track improvement ini berhasil dilakukan lima hari lebih cepat dari tenggat waktu yang sudah ditetapkan dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan FIM,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/10/2022).

Selain itu, sambung Satria, pihaknya juga telah mempersiapkan manajemen lalu lintas dan pengendalian massa.

Upaya tersebut dilakukan untuk kelancaran acara sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penonton WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.

Dukungan para pemangku kepentingan

Tak hanya dari penyelenggara, sejumlah dukungan dan persiapan juga dilakukan oleh para pemangku kepentingan lain demi memastikan kesuksesan gelaran WSBK 2022. Salah satunya, dari Angkasa Pura I.

Bandara Internasional Lombok yang dikelola oleh Angkasa Pura I memberikan sejumlah dukungan, antara lain perpanjangan landasan pacu, perluasan pelataran pesawat (apron), serta peningkatan infrastruktur kargo bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan bahwa landasan pacu Bandara Internasional Lombok yang sebelumnya memiliki panjang 2.750 meter (m), kini telah diperpanjang menjadi 3.300 m.

“Daya dukungnya pun telah ditingkatkan sehingga dapat melayani operasional pesawat berbadan besar (wide body) sekelas Boeing 777,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, pelataran pesawat di Bandara Internasional Lombok juga telah diperluas dari 108.100 meter persegi (m2) menjadi 136.300 m2. Area ini juga mampu menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat berbadan kecil (narrow body) dan 6 pesawat berbadan lebar (wide body).

Terkait infrastruktur pendukung, Angkasa Pura I juga melakukan pengembangan infrastruktur pendukung lalu lintas kargo di Bandara Internasional Lombok. Pengembangan ini meliputi pembangunan akses jalan terminal kargo sepanjang 1.500 m serta pembangunan pelataran kargo seluas 6.000 m2 yang dapat menampung 40 truk.

“Kami berkomitmen penuh untuk mendukung penyelenggaraan dan kesuksesan event

ini dengan memberikan layanan prima, kesiapan operasional bandara, dan penyiapan infrastruktur bandara,” imbuhnya.

Adapun logistik dan perlengkapan WSBK 2022 sudah tiba sejak Sabtu (29/10/2022) dan Selasa (1/11/2022). Selama periode itu, Bandara Internasional Lombok melayani 176 ton kargo logistik yang diangkut melalui tiga pesawat kargo milik maskapai Qatar Airways, Ethiopian Airlines, dan Malaysia Airlines.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Lombok, seluruh logistik kargo menjalani proses bongkar muat sesuai aturan sebelum diangkut menuju Sirkuit Mandalika.

Terkait akomodasi, panitia penyelenggara sudah mempersiapkan sekitar lebih dari 10.000 kamar untuk para penonton yang akan menyaksikan WSBK di Sirkuit Mandalika. Panitia pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk memastikan harga kamar penginapan tetap terjangkau.

Sementara itu, terkait persiapan infrastruktur pendukung, Direktur Utama PT Pembangunan Pariwisata Indonesia (ITDC) Ari Respati mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas parkir dan jalan penghubung.

Upaya tersebut diharapkan dapat menambah daya tampung kendaraan dan memperlancar akses penonton di Sirkuit Mandalika.

“ITDC telah menyediakan 30 kantong parkir dengan total kapasitas 16.350 mobil yang tersebar di area Sirkuit Mandalika dan kawasan The Mandalika. Kantong-kantong parkir tersebut terbagi menjadi 3 ring, yaitu ring 1 dengan total 17 kantong parkir berjarak 1 kilometer (km), ring 2 dengan total 2 kantong parkir berjarak 2 km, dan ring 3 dengan total 11 kantong parkir berjarak 3 km,” jelas Ari.

Hadirkan panggung hiburan

Untuk meningkatkan kepuasan para wisatawan yang menyaksikan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika, panitia penyelenggara juga menyiapkan sejumlah side event. Salah satunya, Paddock Show yang memungkinkan penonton dapat mendekat ke panggung pemberian trofi.

Selain itu, terdapat pula festival seni, musik, dan kuliner bertajuk Nusantara Festival. Acara ini akan menyajikan sejumlah kesenian daerah, seperti gendang beleq dari Lombok, tari api dari Bali, penampilan tari gandrung dan rudat dari pemuda-pemudi Lombok, serta penampilan musik dari Bhavana Ethnic Group dan Amtenar.

Adapun puncak acara Nusantara Festival akan menghadirkan penampilan dari sejumlah musisi nasional, seperti Kotak, Armada, dan Wika Salim. Ada pula penampilan dari Traditional Music Collabs Project yang mengolaborasikan musik pop dan musik tradisional Indonesia.

Selain Nusantara Festival, gelaran WSBK 2022 juga akan dimeriahkan oleh Lombok Sumbawa Fair yang dipersembahkan oleh Pemprov NTB. Acara ini berlokasi di area tengah Sirkuit Mandalika.

Festival tersebut akan menyajikan tari tradisional kolosal, festival musik dunia, dan Mandalika Ekraf Expo.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney Maya Watono menyampaikan, melalui berbagai side event tersebut, para penonton akan mendapatkan pengalaman baru. Injourney juga akan terus menjalin koordinasi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan persiapan acara, baik side event maupun main event.

Maya berharap, WSBK 2022 di Indonesia dapat menumbuhkan sektor pariwisata nasional sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kami memohon dukungan seluruh pihak. Dengan begitu, gelaran WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika dapat meningkatkan kepercayaan dunia internasional pada Indonesia dalam menggelar event olahraga internasional,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com