Advertorial

Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Cilegon Beri Pembebasan Biaya PBB untuk Veteran Kota Cilegon

Kompas.com - 11/11/2022, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon membebaskan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi veteran serta memberikan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran dan tenaga kebersihan atas dasar kepahlawanan terhadap pekerjaan.

Penghargaan tersebut diberikan pada kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Banten, Kamis (10/11/2022).

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa veteran, petugas pemadam kebakaran, dan tenaga kebersihan merupakan sosok pahlawan masa kini. Ia juga mengajak agar Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November bisa menjadi renungan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan.

“(Mari) hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran demi mempertahankan kemerdekaan. (Hal ini) penting untuk kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ujar Helldy siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Helly mengatakan, para pahlawan kemerdekaan berkorban hingga tetes darah penghabisan dengan gagah berani melawan tentara musuh yang bersenjata lengkap.

"Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan (kita), anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan," ujarnya.

Menurutnya, keberanian perjuangan para pahlawan kemerdekaan bukan pemberian dari siapa pun, melainkan atas berkat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, jejak para pahlawan telah mengajarkan generasi masa kini agar tidak mudah menyerah.

"Para pahlawan telah memberikan teladan. Pada masanya, mereka mengajarkan beragam nilai untuk ditiru, diwarisi, dan diikuti sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” tuturnya.

Selain itu, imbuh Helldy, para pahlawan juga telah mengajarkan bahwa Indonesia bukan bangsa pecundang.

"Kita (bangsa Indonesia) tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apa pun ancaman dan tantangan akan dihadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Helldy juga meminta masyarakat untuk menjadikan peringatan Hari Pahlawan 2022 sebagai momentum memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan begitu, masyarakat dapat saling menghargai satu sama lain serta menjadi pahlawan bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

"Jadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup kita bersama," tutur Helldy.

Pemkot Cilegon berikan Pembebasan PBB untuk veteran Kota Cilegon dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2022Dok. Pemkot Cilegon Pemkot Cilegon berikan Pembebasan PBB untuk veteran Kota Cilegon dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2022

Helldy berharap, peringatan Hari Pahlawan tersebut juga dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus bersatu dan membantu sesama.

"Teladan dari para pahlawan bangsa telah merasuk sukma. Kiranya, menjadi semangat kita di peringatan Hari Pahlawan tahun ini dengan semangat ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’,” ungkapnya.

Peringatan Hari Pahlawan, lanjut Helldy, juga diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Pada kesempatan itu, salah satu veteran kota Cilegon, Sudarsono, meminta generasi muda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kami berjuang untuk membela kemerdekaan Indonesia. Saya mohon kepada generasi muda untuk mempertahankan, jangan sampai terlena dengan pengaruh lain. Kita harus tetap memegang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Sudarsono.

Sudarsono berharap, masyarakat dapat terus mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia.

"Generasi penerus, ingatlah para pahlawan yang telah mendahului (berpulang). Sebab, para pahlawan telah berjuang hidup dan mati demi membela dan mempertahankan kemerdekaan, mulai dari perang Irian Barat, Timor Timur, serta Trikora yang dijalankan demi bangsa Indonesia," ungkapnya.

Untuk diketahui, upacara Hari Pahlawan 2022 Kota Cilegon yang dirangkaikan dengan Penyerahan Buku Geger Cilegon tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin, asisten daerah I, II, dan III Sekda Kota Cilegon, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkot Cilegon, serta veteran Kota Cilegon.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com