Advertorial

Atas Nama Presiden, Mendagri Resmikan Tiga DOB Papua

Kompas.com - 11/11/2022, 15:22 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meresmikan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) Papua atas nama Presiden Joko Widodo di Plaza Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Adapun ketiga DOB tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

“Dengan ini, saya meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridai dan memberikan berkat pada kita semua," ujar Mendagri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Peresmian ketiga DOB tersebut dilakukan setelah melalui proses yang panjang, mulai dari penyampaian aspirasi masyarakat Papua hingga proses legislasi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Tak hanya itu, peresmian itu juga merupakan puncak dari perjuangan dalam upaya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Peresmian DOB Papua di Kantor Kemendagri.Dok. Kemendagri Peresmian DOB Papua di Kantor Kemendagri.

"(Hari) ini tanggalnya bagus, yaitu 11-11-2022. Saya diingatkan Pak Wakil Menteri (Wamen), Jumat (merupakan) hari baik, Indonesia punya provinsi baru," kata Tito.

Peresmian juga ditandai dengan penabuhan tifa dan penandatanganan prasasti tiga DOB Papua oleh Mendagri.

Setelah meresmikan tiga DOB di Papua, acara dilanjutkan dengan pelantikan tiga penjabat gubernur yang akan memimpin pemerintahan di ketiga DOB itu. Penjabat gubernur tersebut akan memimpin masing-masing DOB hingga kepala daerah definitif terpilih lewat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com