Advertorial

Perkuat Kultur Digital,Jasaraharja Putera Selenggarakan Workshop Digital Business Mindset

Kompas.com - 11/11/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - PT Jasaraharja Putera (JRP Insurance) sebagai bagian dari holding Indonesia Financial Group (IFG) berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis asuransinya. Terlebih, saat ini, bisnis asuransi retail berbasis digital merupakan salah satu pasar yang mempunyai perkembangan cepat dan menjanjikan.

Meski demikian, proses menuju bisnis digital tersebut membutuhkan persiapan matang. Pasalnya, model bisnis asuransi digital berbeda dengan model bisnis yang selama ini digunakan perusahaan.

Pada umumnya, bentuk produk asuransi yang bisa dipasarkan secara digital masih terbatas, seperti asuransi motor, properti, perjalanan, wisata, kecelakaan diri, serta pengiriman barang.

Dalam rangka menuju pasar digital tersebut, JRP Insurance berupaya untuk mempersiapkan talentanya agar perusahaan bisa masuk ke pasar retail digital. Hal ini dilakukan melalui beberapa penguatan kompetensi, seperti membangun mindset menuju bisnis retail digital.

Upaya tersebut dilakukan JRP Insurance dengan menggelar acara bertema “Create new Knowledge, Opportunities and Changes” di RA Suite Simatupang, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Keuangan Umum dan Sumber Daya Manusia JRP Insurance Abdul Haris serta Direktur Teknik JRP Insurance Suhardiman. Adapun peserta workshop ini terdiri dari board of directors (BOD) 1 dan BOD 2 JRP Insurance.

Proses bisnis asuransi berbasis retail digital pada umumnya dilakukan melalui 3 cara, yakni sebagai agregator atau marketplace asuransi, kolaborasi dengan platform lain, serta mempunyai platform sendiri (full Stack).

“Dalam rangka menuju bisnis asuransi retail berbasis digital, terdapat 4 hal fundamental yang perlu dipersiapkan, yakni visi dan misi, mindset dan culturetechnology dan infrastructure, serta digital process. Selain itu, salah satu strategi yang harus dilakukan dalam bisnis asuransi retail berbasis digital adalah menciptakan super-extraordinary customer experience pada core insurance process,” jelas Chief Executive Officer (CEO) Bang Jamin, Indra Baruna, yang juga praktisi bisnis asuransi.

JRP Insurance menggelar acara bertema ?Create new Knowledge, Opportunities and Changes? di RA Suite Simatupang, Jakarta, Kamis (10/11/2022). DOK. JRP Insurance JRP Insurance menggelar acara bertema ?Create new Knowledge, Opportunities and Changes? di RA Suite Simatupang, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Ia melanjutkan, agar dapat tumbuh berkembang di Indonesia, perusahaan asuransi harus fokus kepada customer experience, proses klaim yang simpel dan cepat, serta operasional perusahaan yang efisien dan produk yang spesifik.

“Dengan demikian, customer membayar premi sesuai profil risikonya,” ujar Indra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Percepatan transformasi teknologi menjadi era digitalisasi membuat hampir seluruh sektor jasa keuangan memperluas layanan berbasis financial technology (fintech).

Seperti diketahui, asuransi sering kali dipandang sebagai kebutuhan terakhir bagi sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan produk asuransi sederhana, terjangkau, serta mudah diakses oleh masyarakat. Inovasi tersebut turut mendorong pasar untuk tumbuh dan akan menarik konsumen muda atau milenial.

Sejalan dengan kebutuhan tersebut, JRP Insurance telah menyediakan platform digital yang memiliki konsep one-stop insurance service, yaitu EZurance Smart Customer. Platform ini dapat diunduh melalui App Store dan Google Play serta dapat dikunjungi melalui https://ezurance.jrp.co.id/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com