Advertorial

Mendagri Lantik Tiga Penjabat Gubernur DOB Papua

Kompas.com - 11/11/2022, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik tiga penjabat (Pj) gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua di Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Seremoni pelantikan tersebut digelar bersamaan dengan peresmian tiga DOB Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

"Dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) atas rahmat dan taufiknya, pada Jumat (11/11/2022), saya Mendagri resmi melantik Saudara Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Saudari Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, dan Saudara Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan," ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Untuk diketahui, ketiga Pj gubernur DOB Papua yang dilantik berasal dari kalangan sipil serta putra-putri asli Papua yang lolos seleksi Tim Penilai Akhir (TPA). Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 115/P Tahun 2022 tanggal 10 November 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Tito menjelaskan bahwa para Pj gubernur DOB Papua yang dilantik akan memimpin pemerintahan di tiga DOB Papua hingga kepala daerah definitif terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Saya percaya bahwa saudara dan saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," tutur Tito.

Sebagai informasi, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan yang lahir di Agats, 24 April 1975. Kemudian, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo merupakan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama Internasional, Kejaksaan Agung, yang lahir di Merauke pada 13 Maret 1964.

Sementara, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik yang lahir di Piramid pada 10 Januari 1971.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com