Advertorial

Peringati Hari Pahlawan, BNN Musnahkan Ladang Ganja Terbesar pada 2022

Kompas.com - 12/11/2022, 16:54 WIB

KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan pemusnahan ladang ganja terbesar sepanjang 2022 di kawasan Mandailing Natal, Sumatera Utara, Kamis (10/11/2022). Pemusnahan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Pahlawan.

Adapun satu titik ladang ganja seluas 5 hektare (ha) ditemukan pada ketinggian 1.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ladang ganja ini menjadi temuan terbesar karena memiliki karakteristik kerapatan tanaman ganja dengan jumlah tanaman mencapai 50.000 batang pohon.

Bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Informasi Geospasial (BIG), BNN RI berhasil mengidentifikasi ladang ganja melalui pantauan pesawat terbang tanpa awak serta penyelidikan tim di lapangan.

Atas temuan tersebut, Dipimpin oleh Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan, SIK, SH, MH, BNN melakukan pemusnahan ladang ganja yang berada di Desa Tanjung Julu, Kecamatan Penyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal.

Tinggi tanaman ganja yang berhasil ditemukan berkisar antara 50 hingga 170 cm dengan kemiringan ladang 45 derajat. Total berat tanaman ganja yang berhasil dibabat diperkirakan mencapai 25 ton dengan jarak kerapatan antartanaman hanya 50 cm.

Pemusnahan ladang ganja yang berada pada kawasan curam tersebut melibatkan 152 personel. Personel ini terdiri dari Polres, Brimob, PM, Satpol PP, Kejaksaan Negeri, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Bea Cukai, serta instansi terkait lain di kawasan Mandailing Natal.

Upaya yang tengah dilakukan BNN itu sesuai dengan Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman terhadap pelaku berupa hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

“Seperti diketahui, tiap 10 November menjadi momentum bagi bangsa Indonesia dalam mengenang jasa para pejuang kemerdekaan melalui peringatan Hari Pahlawan. Di hari bersejarah ini, BNN mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk turut mengambil peran sebagai pahlawan bagi bangsanya sendiri dalam perang melawan narkoba,” bunyi siaran pers BNN yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Hal itu sesuai dengan tagline yang digelorakan Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, “War on drugs atau perang melawan narkoba”. 

Pemusnahan ladang ganja yang dilakukan BNN RI diharapkan dapat menyulut kembali semangat generasi muda untuk bangkit dan tetap berkarya di tengah gempuran ancaman narkoba serta menjadi teladan atas nilai-nilai luhur kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu sejalan dengan tujuan tema Hari Pahlawan 2022 yang resmi dirilis oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, yakni “Pahlawanku Teladanku”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com