Kabar pos

Kantorpos Manado Buka 24 Jam Membuat Masyarakat Makin Mudah Cairkan Dana BSU

Kompas.com - 13/11/2022, 22:21 WIB

KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) memperpanjag jam operasional layanan dengan tetap buka di hari libur. Upaya ini dilakukan Pos Indonesia untuk memudahkan nasabah melakukan penarikan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Penambahan jam operasional Pos Indonesia mulai berlaku pada 2 November 2022. Layanan tersebut berlaku di semua Kantor Pos di seluruh Indonesia, di mana operasional Kantor Pos akan buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam.

Bahkan, Kantorpos Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) buka selama 24 jam non-stop.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris mengatakan, demi memberikan kemudahan kepada para pekerja Kantorpos Manado buka 24 jam.

“Luar biasa sekali. Memberikan kemudahan kepada para pekerja untuk mengambil uang BSU yang menjadi haknya. Mudah-mudahan di Kantorpos lain juga dilakukan hal yang sama,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris dalam keterangan tertulis, Minggu (13/11/ 2022).

Sementara itu, Executive General Manager KCU Manado 95000 Alexander Nitalessy telah mempersiapkan tenaga petugas yang memadai untuk melayani para penerima BSU.

“Kami mempersiapkan petugas melakukan pembayaran sesuai standar operasionaal prosedur (SOP). Petugas juru bayar di Kantopos Cabang Pembantu (KCP) minimal 3 orang. Untuk pembayaran di instansi, petugas disesuaikan dengan kapasitas penerima,” jelas Alexander.

Untuk alokasi penerima BSU, Alexander menyebutkan KCU Manado mendapat alokasi 69.541 orang penerima, KCU Gorontalo 18.123 orang penerima, dan KCU Kotamobagu 9.893 orang penerima.

“Hingga Jumat, 11 November 2022 kami telah menyalurkan BSU 34 persen,” katanya.

Upaya Kantorpos Manado menambah jam pelayanan ini mendapat apresiasi dari para penerima BSU. Mereka senang dengan waktu yang fleksibel memungkinkan untuk datang kapan pun di luar jam kerja.

Salah satu penerima BSU yang mencairkan haknya di Kantorpos Manado adalah Jeclin Rumagit. Ia berprofesi sebagai pelayan gereja.

Petugas juru bayar di Kantorpos ManadoDok. Kantorpos Manado Petugas juru bayar di Kantorpos Manado

“Awalnya, saya dapat telepon dari gereja bahwa saya terdaftar sebagai penerima BSU. Saya kemudian datang ke Kantorpos bawa KTP asli, dilayani dengan cepat dan mudah. Kantorpos buka 24 jam, Senin sampai Minggu, jadi saya bisa tentukan kapan mau datang. Waktunya fleksibel,” kata Jeclin.

Jeclin menerima dana BSU Rp 600 ribu. Bantuan ini membantu meringankan beban ekonomi Jeclin dan keluarganya di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Saya terima uang Rp600 ribu, mau digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Jeclin berharap pemerintah dapat memberikan BSU secara rutin. “Harapan saya kalau bisa terima BSU setiap bulan karena sangat membantu meringankan kebutuhan rumah tangga, dan sekolah anak,” harap Jeclin.

Bisa mendapatkan BSU, Jeclin sangat senang dan bersyukur. Tak lupa ia juga berterima kasih kepada pemerintah.

“Terima kasih banyak pemerintah atas BSU ini. Saya (ucapkan) terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena bantuan ini sangat membantu. Terima kasih banyak juga kepada Kantorpos karena sangat mudah prosesnya,” tuturnya.

Senada dengan Jeclin, penerima BSU lainnya Anna Kuswardani, juga merasa terbantu dengan kehadiran BSU di tengah kenaikan harga BBM.

Penerima BSU Dok. Kantorpos Manado Penerima BSU

“Saya bersyukur mendapatkan kesempatan menerima BSU. Uangnya bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk beli BBM,” kata perempuan paruh baya yang bekerja sebagai pelayan gereja, di Gereja Kristus Manado.

Anna memuji pelayanan Kantorpos yang cepat, efisien, dan fleksibel. Ia bisa datang kapan saja dan tanpa perlu antre lama.

“Saya mendapat uang BSU Rp600 ribu. Saya ambil di Kantorpos Manado, pada sore hari karena siang hari saya ada kegiatan pelayanan jemaat. Kantorpos buka malam, Senin hingga Minggu, tentunya ini nilai lebih dibandingkan lembaga keuangan lain yang hanya melayani pada jam tertentu. Sangat menguntungkan dan memudahkan penerima, karena bisa datang ke Kantorpos menyesuaikan waktu luang,” katanya.

Anna mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan PT Pos Indonesia atas penyaluran BSU.

“Terima kasih kepada pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo, juga Kantorpos karena sudah membantu. Terima kasih,” katanya.

Makin mudah cek BSU pakai aplikasi Pospay 

Seperti diketahui, pekerja yang akan mengambil BSU sangat mudah. Cukup membawa KTP untuk mencairkannya.

Namun, untuk lebih efisiensi, setiap pekerja dianjurkan terlebih dahulu mengecek kepastian dirinya terdaftar sebagai penerima BSU, melalui aplikasi milik PT Pos Indonesia, yaitu Pospay.

Jika belum memiliki akun Pospay, terlebih dahulu bisa download (unduh) aplikasi Pospay melalui Play Store atau App Store. Setelah itu isi registrasi akun.

Bila proses registrasi telah selesai, isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Anda akan melihat status penerima BSU. Jika terdaftar sebagai penerima BSU tahap 7, Anda akan mendapatkan QR Cod, yang nantinya diperlukan saat mencairkan dana BSU di loket Kantorpos.

Siapkan juga KTP asli dan kartu BPJS Ketenagakerjaan sebagai syarat pencairan BSU di Kantorpos.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com