Advertorial

Gandeng DCI Indonesia, IDCloudHost Sediakan Layanan Komputasi Awan Baremetal Instance

Kompas.com - 14/11/2022, 18:57 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, pelanggan perusahaan yang menjalankan aplikasi mission-critical, seperti sektor keuangan, asuransi, kesehatan, publik, energi, telekomunikasi, dan manufaktur, sudah bisa menikmati layanan baremetal instance cloud yang disediakan IDCloudHost di data center tier 4, DCI Indonesia.

Adapun data center tier 4 memiliki karakteristik fault tolerant sepenuhnya dan redundansi untuk setiap komponen dengan up-time 99,995 persen.

Sebelumnya, pelanggan harus membeli atau menyediakan server sendiri, menyewa rak, dan melakukan set-up di data center yang dipilih. Kemudian, pelanggan layanan dari cloud provider hanya memberikan akses ke virtual machine, serverless function, dan storage yang dikelola oleh software serta sumber daya komputasi lain.

Pelanggan pun tidak dapat berinteraksi langsung dengan perangkat keras yang mengoperasikan aplikasi pelanggan.

CEO PT Cloud Hosting Indonesia (IDCloudHost) Alfian Pamungkas Sakawiguna mengatakan, dengan layanan baremetal instance cloud dari IDCloudHost, pelanggan dapat menikmati dukungan layanan data center tier 4 dari DCI Indonesia tanpa harus membeli dan berinvestasi pada perangkat server, menyewa rak, instalasi dan setup sistem perangkat, atau infrastruktur keamanan mereka sendiri.

“Layanan baremetal instance cloud dari IDCloudHost dapat diaktifkan dalam 10 menit oleh pelanggan," ujar Alfi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Alfi pun menjelaskan manfaat layanan baremetal instance cloud dari IDCloudHost. Pertama, pelanggan hanya perlu membayar biaya sewa bulanan sehingga cocok untuk perusahaan dengan aplikasi critical mission dan startup yang sedang mengembangkan bisnis.

Kedua, layanan komputasi awan baremetal juga bersifat fleksibel dan dapat diaktifkan kapan saja. Ketiga, pelanggan memiliki kendali penuh atas kinerja baremetal-nya. Pelanggan bisa mendapatkan hasil maksimal dari kinerja komputasi layanan tersebut.

“Dengan kata lain, pelanggan akan memiliki akses ke sumber daya yang hampir sama jika mereka hosting pada server di gedung mereka sendiri,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Sales dan Marketing PT DCI Indonesia JC Gani mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama dengan IDCloudHost.

"Kami menyambut baik dan senang dapat mendukung IDCloudHost untuk menyediakan layanan baremetal instance cloud dengan menyediakan infrastruktur data center tier 4 berkinerja tinggi,” tutur Gani.

Kerja sama DCI Indonesia dan IDCloudHost sediakan layanan komputasi awan baremetal instance Dok. IDCloudHost Kerja sama DCI Indonesia dan IDCloudHost sediakan layanan komputasi awan baremetal instance

Gani menjelaskan, layanan baremetal instance cloud dapat memecahkan beberapa masalah, seperti kontrol, pekerjaan dengan beban tinggi, dan tingkat keamanan.

Perusahaan pun bisa memiliki kontrol lebih besar atas infrastruktur fisik layanan baremetal instance cloud ketimbang layanan virtual machine.

Kemudian, lanjut Gani, sebagian besar beban kerja juga berjalan lebih cepat pada baremetal daripada saat dijalankan di atas hypervisor, seperti rendering video.

Dari segi keamanan, baremetal instance cloud juga lebih aman karena layanan tervirtualisasi dan di-hosting di server fisik yang sama.

Adapun layanan baremetal instance cloud dari IDCloudHost menjawab kebutuhan layanan komputasi awan yang mumpuni. Seperti diketahui, riset IDC Worldwide Public Cloud Services Tracker 2021 mengungkap bahwa pada 2025, pasar untuk layanan cloud publik di Asia Tenggara akan tumbuh mencapai 11 miliar dollar AS atau setara Rp 162,6 triliun.

Tingkat pertumbuhannya mencapai 21,5 persen per tahun selama lima tahun ke depan. Pertumbuhan ini juga didorong oleh pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Selain itu, pemerintah di wilayah Asia Tenggara juga mulai melonggarkan sektor yang diregulasi, seperti keuangan, asuransi, perawatan kesehatan, publik, energi, telekomunikasi, dan manufaktur, untuk menggunakan cloud publik.

Sebagai informasi, untuk berlangganan layanan barematal instance cloud dari IDCloudHost, pelanggan dapat mengunjungi situs web berikut https://IDCloudHost.com/bare-metal-server/

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com