Advertorial

Peringati Hari Ayah, Nakita.id Gelar Ayah SIAP 2022

Kompas.com - 14/11/2022, 19:51 WIB

KOMPAS.com – Platform media online Nakita.id mengadakan kegiatan Ayah SIAP 2022 dengan tema “Berperan Sama dalam Kolaborasi Parenting” dalam rangka merayakan Hari Ayah Nasional pada Sabtu (12/11/2022) hingga Senin (14/11/2022).

Acara tersebut diselenggarakan secara hibrida, yakni secara offline di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Pulo (RPTRA) Gundul, Jakarta, dan secara online melalui platform media sosial (medsos), seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Zoom.

Pada kegiatan tersebut, terdapat sejumlah rangkaian acara menarik yang dihadirkan, seperti talk showweb seminar (webinar), Instagram live dan kompetisi foto.

Seperti diketahui, pada era modern seperti sekarang, peran ayah dalam rumah tangga tak lagi hanya sebatas sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab untuk menafkahi dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Saat ini, ayah juga dituntut untuk bisa melakukan pekerja domestik terkait rumah tangga. Salah satunya, terlibat dalam pengasuhan anak.

Oleh karena itu, peran dan tanggung jawab ayah di era modern dinilai sama pentingnya dengan ibu dalam hal mengasuh anak. Keduanya pun dituntut harus saling melengkapi.

Bahkan, keterlibatan ayah dalam kolaborasi parenting bersama ibu dikatakan dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi semakin optimal.

Adapun untuk mengoptimalkan parenting kepada anak, setidak terdapat empat sikap yang wajib dimiliki oleh ayah.

Pertama, pintar (smart). Utamanya, dalam mengatur keuangan. Kedua, inspiratif (inspirational). Lewat sikap ini, ayah sebagai pemimpin harus mampu menjadi sosok yang dapat menginspirasi, menjadi panutan, dan memberikan kehangatan bagi anggota keluarga.

Ketiga, tegar atau kuat (active). Sikap ini diperlukan agar ayah dapat selalu menjadi tiang yang kokoh dalam keluarga.

Keempat, ceria (playful). Selain memberikan kehangatan, ayah juga harus bisa menghadirkan keceriaan dalam keluarga agar kesehatan mental keluarga terjaga baik.

Keempat kualifikasi tersebut kemudian tersusun menjadi sebuah kualitas unggul, yakni ayah SIAP.

Ada berbagai topik yang akan dibahas dalam “Ayah SIAP 2022” dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan profesional yang ahli di bidangnya.

Editor in Chief Nakita.id David Togatorop mengatakan, Ayah SIAP bukan hanya kegiatan semata untuk merayakan Hari Ayah, melainkan juga untuk mengingatkan bahwa ayah pun memiliki peran dalam parenting bersama ibu.

"Ayah SIAP adalah lambang ketahanan dan kemampuan masyarakat Indonesia yang sanggup berperan banyak dalam berbagai tantangan dan kesulitan menuju tujuan yang baik," ujar David dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Susunan acara

Pada hari pertama penyelenggaraan Ayah SIAP 2022, acara tersebut dibuka lewat kegiatan talk show dengan tema “Menjadi Orangtua Sigap Penuhi Asupan Gizi Anak Demi Mencegah Stunting". Kegiatan ini diadakan secara offline di RPTRA Pulo Gundul.

Pada kegiatan tersebut, terdapat sejumlah narasumber yang dihadirkan, seperti Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) dan Sekretaris Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Diana Syatri SSiT MMKes.

Adapun pada hari kedua penyelenggaraan, acara dimulai dengan kegiatan webinar bertema “Dana Darurat untuk Menyiasati Biaya Pendidikan Anak yang Semakin Mahal" yang dilakukan melalui aplikasi Zoom.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan dengan kegiatan Instagram live bertema “Tips Kelola Keuangan dengan Gaji Pas-Pasan” dan "Pentingnya Pendampingan Ayah dalam Imunisasi Anak".

Semua acara tersebut mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya sesuai dengan topik yang disajikan.

Pada hari ketiga atau hari terakhir, kegiatan Ayah SIAP 2022 ditutup dengan kompetisi foto dengan tema “Ayahku, Idolaku”. Lomba ini akan berlangsung selama satu bulan dan akan berakhir pada Rabu (14/12/2022).

David berharap, semua kegiatan yang dihadirkan tersebut dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat akan peran ayah, tidak hanya sebagai pencari nafkah, tetapi juga sebagai sosok yang menjaga keharmonisan serta kebahagian keluarga di masa kini dan masa depan.

“Sebagai seorang ayah dan seorang suami juga, laki-laki memiliki peran dan fungsi yang sangat vital seperti ibu. Oleh karena itu, ayah juga wajib berperan sama dengan ibu di dalam keluarga,” kata David.

Sebagai informasi, acara Ayah SIAP 2022 didukung BKKBN, IBI Pusat, IBI DKI Jakarta, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Johar Baru, Finansialku, Alamii Food, dan Maspion.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ayah SIAP 2022, silakan ikuti akun Instagram @nakitaid, Facebook @nakita.id, dan Youtube Nakita Channel.

Bagi yang ingin mengajukan pertanyaan terkait penyelenggaraan Ayah SIAP 2022, silakan hubungi marketing communication Nakita di nomor WhatsApp 0895-2724-0074 atau e-mail ernawatidigyo@gmail.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com