Advertorial

Telkomsel Hadirkan Showcase 5G di Puncak KTT G20

Kompas.com - 15/11/2022, 17:20 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel kembali menggelar Showcase 5G pada rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, sejak Minggu (13/11/2022) hingga Kamis (17/11/2022).

Direktur Planning dan Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, showcase tersebut digelar untuk menunjukkan komitmen Telkomsel dalam membuka peluang lebih luas bagi Indonesia serta menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digitalnya kepada dunia. 

Hal itu dibuktikan Telkomsel dengan menghadirkan potensi transformasi ekosistem industri di berbagai sektor guna meningkatkan daya tarik investasi strategis global bagi Indonesia.

“Kami menilai, Showcase 5G penting untuk dioptimalkan dalam menggambarkan kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia sehingga dapat mengakselerasi kemajuan di berbagai sektor. Utamanya, untuk mengakselerasi transformasi digital yang menyentuh seluruh aspek kehidupan di Tanah Air,” kata Soon Nam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Artificial intelligence (AI) Robot yang dapat menyapa pengunjung secara langsung merupakan salah satu use case pada Showcase 5G Telkomsel . 

Dok. Telkomsel Artificial intelligence (AI) Robot yang dapat menyapa pengunjung secara langsung merupakan salah satu use case pada Showcase 5G Telkomsel .

Soon Nam melanjutkan, hingga kini, Telkomsel selalu menjadi yang terdepan dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk mengakselerasi kemajuan Indonesia di segala aspek. 

Telkomsel juga merupakan pionir transformasi dalam konteks menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

“Kedua momen itu amat penting bagi Telkomsel dalam menegaskan komitmen sebagai enabler yang terus membuka peluang pertumbuhan dan kemajuan untuk semua sektor Industri,” ujarnya .

Sebagai informasi, Telkomsel menghadirkan Showcase 5G di dua area rangkaian KTT G20, yakni di Future SME Village Bali Collection dan Media Center BICC The Westin Resort. Total ada enam use case yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Pertama, virtual reality (VR). Lewat perangkat ini, Telkomsel ingin memberikan pengalaman imersif kepada para pengunjung. Pengunjung dapat memanfaatkan VR untuk kebutuhan bermain game, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, edukasi mengenai anatomi manusia, dan automotive engineering berupa mobil dan motor balap.

Pengunjung mencoba VR yang disediakan oleh Telkomsel pada Showcase 5G. 

Dok. Telkomsel Pengunjung mencoba VR yang disediakan oleh Telkomsel pada Showcase 5G.

Kedua, augmented reality (AR) dengan latar kawasan konservasi hutan mangrove. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman tur virtual di kawasan konservasi hutan mangrove. Pengunjung dapat melihat simulasi pembibitan hingga pertumbuhan mangrove sebagai bagian dari konservasi alam dan lingkungan.

Ketiga, artificial intelligence (AI) Robot yang dapat menyapa pengunjung secara langsung. Use case ini memberikan hiburan seperti atraksi tarian yang menarik.

Keempat, 5G in The Box yang merupakan inovasi teknologi jaringan 5G portabel dengan bentuk ringkas. Perangkat ini mendukung proses deployment 5G lebih cepat dan mudah diimplementasikan, terutama untuk percobaan jaringan 5G privat bagi pelanggan korporasi.

Kelima, Cloud Gaming. Aktivitas ini dihadirkan Telkomsel untuk memberikan pengalaman seru bermain berbagai jenis game daring terbaru kepada pengunjung. Permainan game dihadirkan dengan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas 5G yang andal dan lancar.

Keenam, 5G Holographic Communications yang memungkinkan pengunjung berkomunikasi human-to-human secara real-time dan tiga dimensi menggunakan perangkat pintar.

Soon Nam berharap, berbagai upaya yang telah dihadirkan Telkomsel dapat menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki Indonesia dan mendukung kesuksesan perhelatan G20.

“Showcase 5G dapat membuka peluang investasi dan kolaborasi lebih luas bagi Indonesia seiring dengan meningkatnya kepercayaan negara-negara luar. Investasi dan kolaborasi akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di negeri ini sebagai upaya mewujudkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di kawasan Asia tenggara,” paparnya.

Informasi lebih lengkap mengenai ragam produk dan layanan digital unggulan Telkomsel selama momen Presidensi G20 Indonesia dapat diakses melalui tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com