Kabar pos

Ambil BSU di Kantor Pos, Cepat dan Utuh Tanpa Potongan

Kompas.com - 17/11/2022, 16:00 WIB

 

KOMPAS.com - Bantuan subsidi upah (BSU) tahap tujuh mulai dicairkan pada November 2022. Pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dapat mencairkan BSU melalui Kantor Pos.

Sebagai informasi, PT Pos Indonesia (Persero) digandeng Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk menyalurkan BSU kepada 3,6 juta pekerja. Untuk mempercepat penyaluran, Pos Indonesia menambah waktu operasional layanan di seluruh Kantor Pos dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-20.00.

“(Selain itu,) Pos Indonesia juga membuka layanan penyaluran BSU setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu,” kata Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Selain disalurkan melalui Kantor Pos, Pos Indonesia juga menyalurkan pencairan BSU melalui komunitas, seperti perusahaan atau instansi tempat pekerja berkumpul. Tak hanya itu, petugas Kantor Pos yang mendatangi bila ada pekerja penerima BSU yang sakit.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris mengatakan bahwa pihaknya telah menyalurkan BSU serentak sejak Rabu (2/11/2022). Pos Indonesia melakukan berbagai strategi agar target penyaluran bisa tuntas sebelum akhir November 2022.

Adapun strategi yang dilakukan Pos Indonesia adalah dengan melakukan sosialisasi di berbagai media elektronik, online, dan cetakk, media sosial, serta menambah waktu pelayanan Kantor Pos hingga pukul 20.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) juga pada Sabtu-Minggu. 

Perpanjangan jam pelayanan Kantor Pos dilakukan agar tidak mengganggu jam kerja para pekerja.

"Kami juga menambah petugas atau juru bayar serta mendatangi perusahaan atau komunitas," kata Haris.

Tak hanya itu, proses pengambilan BSU di Kantor Pos pun terbilang cepat dan efisien karena menerapkan sistem yang terorganisasi dengan baik. Uang BSU sebesar Rp 600.000 diserahkan kepada penerima tanpa potongan apapun.

Para pekerja yang berhak menerima BSU banyak yang memilih mencairkan dana di Kantor Pos pada hari Sabtu dan Minggu. Salah satunya, Suripto. Ia mengambil BSU di Kantor Pos Bandar Lampung.

“Saya ambil BSU hari Minggu di Kantor Pos. Saya merasa dipermudah karena Kantor Pos buka Sabtu dan Minggu sehingga tidak mengganggu jam kerja,” kata Suripto.

Adapun BSU yang diterima akan Suripto pakai untuk membeli sembako dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Terima kasih Pak Joko Widodo atas bantuannya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pos Indonesia karena sangat membantu sekali, pelayanan cepat dan bagus. Terima kasih juga kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Harapan saya bisa dapat BSU lagi karena sangat membantu pekerja yang mendapat gaji standar UMR,” katanya.

Penerima BSU lain, Adi Puput Pilingan, juga mengambil di hari Minggu. Ia membawa serta anaknya karena sekalian jalan-jalan.

“Kantor Pos tetap buka pada Minggu tetap buka. (Hal ini) sangat membantu karena jadwal libur saya tidak tentu karena bergantung jadwal. Dengan membuka pelayanan di akhir pekan, mempermudah kami mengambil BSU,” kata Adi.

Adi Puput, penerima BSU yang mengambil dana di Kantor Pos Bandar Lampung. Dok. Pos Indonesia Adi Puput, penerima BSU yang mengambil dana di Kantor Pos Bandar Lampung.

Lebih lanjut, ia menuturkan harapannya agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan subsidi, tetapi juga menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Harapannya, ke depan harga-harga jangan naik terus. Sebab, kalau harga naik, bantuan seperti ini tidak menjadi memecahkan masalah. Harga BBM semoga bisa stabil karena menjadi jantungnya usaha. Kalau harga BBM naik, semua harga barang ikut naik,” katanya.

Adi mengucapkan syukur bisa mendapatkan BSU di tengah lonjakan harga BBM. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Alhamdulillah, saya terima Rp 600.000. Bantuan ini meringankan beban di tengah lonjakan harga-harga akibat kenaikan BBM. (Kenaikan ini) berdampak terhadap masyarakat bawah. Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menaker Ida Fauziyah. Saya sangat terbantu,” ujarnya.

 Aisyah, penerima BSU yang mengambil dana di Kantor Pos Bandar Lampung. Dok. Pos Indonesia Aisyah, penerima BSU yang mengambil dana di Kantor Pos Bandar Lampung.

Penerima BSU lainnya di Kantor Pos Bandar Lampung, Aisyah Yulika Saputri, juga mengapresiasi pelayanan cepat dan ramah dari petugas.

“Pelayanan di Kantor Pos cepat dan ramah. Saya menunjukkan KTP asli dan akun Pospay untuk verifikasi data, terus terima uangnya di loket. Cepat banget, enggak sampai 5 menit,” kata Aisyah.

Aisyah berharap pemerintah akan terus menyalurkan bantuan subsidi secara rutin.

“Harapannya bisa terima BSU setiap bulan. Uang ini akan dipakai untuk membeli kebutuhan anak. Terima kasih kepada Presiden Jokowi, saya sudah dikasih bantuan BSU. Terima kasih juga Kantor Pos, pelayanannya cepat banget,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com