Advertorial

Bahas Isu Pertahanan dan Kedirgantaraan, Prabowo Dampingi Presiden Jokowi dalam Pertemuan Bilateral dengan Presiden Prancis

Kompas.com - 17/11/2022, 16:12 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pertemuan bilateral itu diadakan di sela-sela gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Hotel Apurva Kempinski, Bali, Selasa (15/11/2022).

“Sebuah kehormatan dapat bertemu lagi dengan Anda (Presiden Emmanuel Macron) di Bali,” kata Prabowo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Sebagai informasi, pertemuan itu turut dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudirini dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron. 

Dok. Kementerian Pertahanan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Pada kesempatan itu, Prabowo bersama Presiden Jokowi dan Presiden Emmanuel membahas berbagai hal. Salah satunya, kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan kedua negara yang tidak hanya berfokus pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista), tetapi juga mencakup produksi bersama, ahli teknologi, dan investasi manufaktur.

“Saya harapkan, berbagai proyek pertahanan ini dapat segera ditindaklanjuti. Saya juga menyambut sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menlu dan Menteri Pertahanan (kedua negara) untuk membahas isu-isu strategis di kawasan,” kata Presiden Jokowi. dalam kesempatan tersebut.

Selanjutnya, pertemuan tersebut juga membahas kerja sama strategi energi. Prabowo pun menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk memperkuat transisi energi baru terbarukan (EBT). 

Menyikapi hal itu, Presiden Macron pun mengapresiasi upaya Indonesia dan menyatakan siap memberikan dukungan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com