Advertorial

Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja PLN dalam KTT G20 Indonesia

Kompas.com - 17/11/2022, 18:26 WIB

KOMPAS.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) Indonesia yang digelar pada Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022).

Jokowi pun mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang mendukung kelancaran pelaksanaan rangkaian agenda pertemuan 20 pemimpin negara besar serta puluhan lembaga internasional tersebut. Tak terkecuali, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang telah memasok listrik untuk acara tersebut.

“Saya mengapresiasi keras seluruh pihak yang telah bersinergi, berintegrasi, dan berkoordinasi dengan sangat rapi. Kalau kita bekerja seperti ini terus, lompatan ke Indonesia maju akan sangat mudah,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Secara khusus, Jokowi juga menyempatkan diri untuk menghampiri Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo serta seluruh petugas siaga untuk menyampaikan apresiasinya. Kepada mereka, Jokowi mengacungkan jempol.

"Terima kasih, PLN," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Darmawan bersyukur karena dapat menunjukkan kepada dunia bahwa PLN mampu mendukung keandalan pasokan listrik selama KTT G20 berlangsung dengan sempurna.

“Perjuangan, persiapan, dan fokus all-out, mandi keringat dalam latihan PLN selama beberapa bulan terakhir, akhirnya terbayar lunas dengan gebyar KTT G20,” ujarnya Darmawan.

Menurutnya, keketuaan Indonesia dalam KTT G20 menjadi kebanggaan sendiri. Pasalnya, acara ini dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan terang-benderang karena PLN telah memastikan seluruh infrastruktur serta personel kelistrikan sigap dan siap sedia.

Darmawan mengisahkan, persiapan KTT G20 telah dilakukan setahun sebelum perhelatan acara. Hal ini dilakukan agar transmisi, distribusi, serta infrastruktur kendaraan listrik selama perhelatan G20 dipastikan aman.

“Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, beban puncak kelistrikan Bali saat gelaran KTT G20 adalah sebesar 833 megawatt (MW) dan terjadi pada Selasa. Tepatnya, saat pembukaan KTT G20 oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, pukul 11.25 Waktu Indonesia Tengah (WITA),” katanya.

Selain itu, Darmawan juga mensyukuri kelancaran layanan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan home charging yang ditujukan untuk ratusan kendaraan listrik para delegasi dan peserta KTT G20. Tercatat, konsumsi daya untuk kendaraan listrik mencapai 69.000 kilowatt hour (kWh).

"Melalui kerja sama dengan pemerintah, Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kami bersyukur pengamanan kelistrikan, termasuk SPKLU, berjalan lancar," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com