Advertorial

Digelar November, UniPin SEACA 2022 Siapkan Panggung Terbesar Pertempuran Tim Esports Asia Tenggara

Kompas.com - 17/11/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - UniPin kembali menggelar salah satu turnamen e-sports terbesar di Asia Tenggara, yakni Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) 2022. Turnamen ini berlangsung mulai Selasa (15/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022).

SEACA 2022 menghadirkan berbagai turnamen dan rangkaian acara menarik dengan total prizepool 30.000 dollar AS atau setara Rp 470 juta (dengan kurs Rp 15.696 per dollar AS).

Pada puncak acara bertajuk UniPin SEACA MAJOR, UniPin SEACA 2022 akan mempertemukan 33 tim PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile (PUBGM) dari seluruh Asia Tenggara. Rinciannya, sebanyak 17 tim untuk kategori open tournament dan 16 untuk ladies tournament.

Para tim akan mewakili negara asal mereka, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, serta Myanmar. Adapun perwakilan Indonesia adalah Bigetron Ace dan EVOS Reborn.

Selain turnamen PUBGM, UniPin SEACA 2022 juga akan menggelar turnamen Magic Chess dan Cosplay Competition.

Sebanyak 256 peserta dari pendaftaran open qualifier akan beradu skill untuk memperebutkan juara sekaligus titel pemain Magic Chess terbaik di Asia Tenggara.

Sementara, pada kompetisi cosplay, sebanyak 25 cosplayer akan berjuang merebut hati para juri yang terdiri dari John Switch (Indonesia), Rithenia (Singapura), serta Hakaosan (Filipina).

Tidak hanya itu, UniPin SEACA 2022 sudah mempersiapkan SEA Talks bagi penggemar dan komunitas e-sports yang ingin menggali informasi tentang industri e-sports.

Seri webinar tersebut akan diisi oleh berbagai pakar di bidang e-sports, seperti Chief Executive Officer (CEO) BOOM Esports Garry Ongko Putera, Chief Operating Officer (COO) Bren Esports Jab Escutin, serta PR and Communication Manager MOONTON Games Azwin Nugraha.

Acara SEA Talks terbuka untuk umum sehingga penggemar e-sports dapat mengikutinya tanpa dipungut biaya.

Senior Vice President UniPin Community Debora Imanuella mengatakan, pada UniPin SEACA 2022, pihaknya turut menyertakan nomor pertandingan khusus perempuan dalam turnamen e-sports. Hal ini dilakukan seiring pertumbuhan gamer perempuan di Asia Tenggara yang semakin banyak selama beberapa tahun terakhir.

Selain itu, acara UniPin SEACA 2022 juga merupakan bentuk komitmen berkelanjutan UniPin dalam memacu pengembangan, pemberdayaan, serta kontribusi ekosistem e-sports di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

“Meningkatnya popularitas e-sports, khususnya di kalangan gamer perempuan, telah menginspirasi kami untuk terus memperkuat komitmen UniPin bagi industri dan komunitas. Kami ingin seluruh ekosistem, mulai dari players, komunitas, hingga fan dapat berpartisipasi secara luas dan bebas tanpa perlu melihat gender,” kata Debora dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Sementara itu, CEO UniPin Ashadi Ang mengatakan bahwa SEACA 2022 diadakan sebagai pembuka jalan bagi para gamer untuk meraih kesuksesan. Tidak hanya di turnamen ini, tetapi juga di berbagai turnamen internasional lainnya.

Menurutnya, SEACA 2022 dapat memberikan kesempatan bagi gamers untuk mengasah kemampuan, kepercayaan diri, dan rasa kompetitif agar mereka dapat bertanding sebaik-baiknya. Dengan demikian, mereka dapat lebih siap untuk bertanding di turnamen internasional lainnya..

“Semoga SEACA senantiasa menjadi pembuka jalan untuk menelurkan nama-nama besar baru yang dapat membanggakan negara dan kita semua,” ujar Ashadi.

Penyelenggaraan UniPin SEACA 2022 mendapatkan dukungan penuh dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) sebagai induk organisasi cabang olahraga e-sports resmi di Indonesia.

Bendahara Umum PB ESI Liliana Sugiarto mengungkapkan, penyelenggaraan UniPin SEACA 2022 memiliki peran penting dalam mendukung penguatan komitmen PBESI untuk meningkatkan kompetensi industri e-sports Tanah Air, terutama pada level antarnegara.

“PBESI berharap, SEACA dapat berkontribusi dalam menumbuhkan bibit-bibit atlet potensial dan inspirator-inspirator e-sports di Tanah Air. Semoga acara ini dapat meningkatkan inklusivitas dan kesetaraan serta mengakselerasi kemajuan dan kompetensi e-sports Indonesia di masa depan,“ ujar Liliana.

Sebagai informasi, UniPin SEACA 2022 diselenggarakan oleh UniPin Community (UNITY). Acara ini didukung oleh Vidio, OSIM, Samsung, serta Fantech.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai UniPin SEACA 2022, Anda dapat mengunjungi laman www.unipin.com/SEACA2022,akun Instagram resmi @seaca.gg, serta @unipinindonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com