Advertorial

HUT Ke-32, Adira Finance Pererat Interaksi dengan Pelanggan lewat Program Apresiasi Sahabat

Kompas.com - 17/11/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menginjak usia ke-32, salah satu perusahaan pembiayaan ternama di Tanah Air, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), melakukan sejumlah terobosan. Langkah ini diambil perusahaan demi memberikan layanan yang kompetitif untuk para pelanggan.

Salah satu upaya yang dilakukan Adira Finance adalah menjangkau hati pelanggan melalui rangkaian program Apresiasi Sahabat. Pada program tersebut, Adira Finance mengapresiasi Sahabat yang merupakan sapaan untuk pelanggan Adira Finance, yang telah menjadi tokoh utama dalam berperan membantu perjalanan perusahaan hingga menjadi kokoh seperti saat ini.

Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila mengatakan, Program Apresiasi Sahabat merupakan wujud dari prinsip customer-centric yang terus diterapkan oleh perusahaan, terutama dalam lima tahun belakangan.

“Dengan menerapkan customer-centric, kami banyak berinteraksi dengan pelanggan sehingga (seiring waktu) dapat melayani mereka dengan baik. Kami harap, Adira Finance bisa tetap menjadi pilihan pelanggan,” terang Made dalam sesi wawancara bersama Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Ia melanjutkan, prinsip customer-centric yang diterapkan Adira Finance menyentuh banyak hal, dari segi layanan misalnya, perusahaan berusaha memberikan layanan yang lebih cepat dan mudah. Selain itu, Adira Finance juga berusaha untuk memberikan produk yang kompetitif, baik dari suku bunga, uang muka atau down payment (DP), maupun cicilan.

Sementara dari sisi interaksi, sambung Made, pihaknya masih mencari format yang pas untuk bisa mengapresiasi pelanggan. Salah satunya, melalui program Apresiasi Pelanggan Setia.

“Program ini adalah langkah pertama dari perjalanan kami agar bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pelanggan. Kami berharap, langkah ini bisa (berjalan) lebih jauh dan lebih baik lagi sehingga pelanggan Adira Finance merasa dihargai dan merasakan manfaat dari kami,” kata Made.

Program Apresiasi Sahabat

Jajaran direksi Adira Finance dan seluruh tamu istimewa Terima Kasih Sahabat. 

KOMPAS.com/Siti Sahana Aqesya Jajaran direksi Adira Finance dan seluruh tamu istimewa Terima Kasih Sahabat.

Lebih lanjut, Head of Marketing Strategy and Customer Experience Tania Endah Budhi mengatakan, program Apresiasi Sahabat terbagi ke dalam empat kegiatan, yakni Apresiasi Pelanggan Setia, Harinya Cicilan Lunas (Harcilnas), Televisi (TV) Dokumenter Kisah Sahabat, dan peluncuran lagu “Terima Kasih Sahabat”.

Pada kegiatan Apresiasi Pelanggan Setia, Adira Finance mengundang 20 pelanggan terpilih beserta keluarga, yang menjadi perwakilan pelanggan setia di seluruh Indonesia. Seluruh pelanggan tersebut mengikuti sejumlah kegiatan di Jakarta mulai Sabtu (12/11/2022) hingga Senin (14/11/2022) dan bermalam di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian kegiatan hari pertama, para tamu diundang ke acara Malam Apresiasi Sahabat. Pada acara tersebut, seluruh hadirin disuguhkan santapan makan malam sambil menikmati hiburan. Setelah itu, Adira Finance memberikan plakat penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh tamu istimewa karena telah menjadi pelanggan setia.

“Pada Minggu (13/11/2022), tamu istimewa akan kami ajak berkeliling Kota Jakarta, menikmati suasana car free day (CFD), naik mass-rapid transit (MRT), dan berfoto di Jembatan Phinisi yang ikonik. Setelah itu, mereka akan mengikuti seminar singkat mengenai cara mengelola usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menerapkan prinsip syariah,” jelas Tania.

Setelah seminar, lanjutnya, tamu istimewa diajak makan siang di restoran Timur Tengah ternama, Al-Jazeerah. Sembari menunggu malam, para tamu diajak mengunjungi Mal Grand Indonesia. “Pada malam hari, seluruh tamu istimewa mengikuti acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Adira Finance, yakni Gebyar Adira Kreasi. Acara ini diadakan di iNews studio, MNC, dan disiaran langsung di kanal RCTI plus,” terang Tania.

Perjalanan tamu istimewa di Jakarta akan berakhir pada Senin. Seluruh tamu istimewa pun diberikan akomodasi untuk kembali ke rumah masing-masing. Pada program kedua, yakni Harcilnas, Adira Finance memberikan kesempatan kepada setiap pelanggan Adira Finance untuk dilunasi sisa cicilannya melalui undian. Ini merupakan program yang digelar Adira Finance secara tahunan.

“Untuk mendapatkan kesempatan tersebut, pelanggan dapat menukarkan Adirapoin yang ada di aplikasi Adiraku. Poin yang ditukarkan akan terdaftar sebagai nomor undian. Setelah itu, kami undi. Nama yang muncul, maka kami lunasi cicilannya,” kata Tania

Tania melanjutkan, program Harcilnas masih berlangsung hingga Desember 2022. Oleh karena itu, ia mengimbau nasabah Adira yang memiliki cicilan untuk mengikuti program ini.

“Jika beruntung, cicilan Sahabat bisa kami lunasi,” katanya. .

Selanjutnya, program ketiga adalah dokumenter televisi (TV) bertajuk “Kisah Sahabat”. Dokumenter ini terbagi menjadi enam episode dan akan tayang mulai Jumat (18/11/2022) di kanal TV RCTI plus.

Adapun program dokumenter tersebut berisikan kisah enam pelanggan terpilih Adira Finance yang terdampak pandemi Covid-19 dan dapat bangkit, bahkan membantu orang-orang sekitar berkat kredit atau pinjaman di Adira Finance.

“Karena kurangnya pemahaman tentang pembiayaan (kredit), kami harus memberikan literasi. Sementara, kalau kami melakukan literasi dengan mengadakan seminar atau memberikan artikel, orang Indonesia kurang suka membaca. Jadi, kami sampaikan wawasan dengan cara yang berbeda dan menarik perhatian,” jelas Tania.

Selain itu, sambung Tania, pihaknya menilai masyarakat Indonesia lebih suka melihat drama. Lewat drama, masyarakat bisa melihat pesan tersirat bahwa banyak orang bisa bangkit dari kesulitan berkat bantuan kredit atau pinjaman untuk menopang pekerjaan atau usahanya.

Terakhir, peluncuran lagu “Terima Kasih Sahabat” yang dipersembahkan untuk seluruh pelanggan Adira Finance.

“Lagu ini kami dedikasikan untuk seluruh pelanggan Adira Finance yang telah tumbuh bersama kami dalam 32 tahun ini. Lagu ini kami luncurkan bertepatan dengan Gebyar Adira Kreasi,” kata Tania.

Kisah inspiratif Sahabat Adira Finance

Amanda Rahmi Salsabila, salah satu tamu istimewa dalam acara Apresiasi Pelanggan Setia. 

KOMPAS.com/Siti Sahana Aqesya Amanda Rahmi Salsabila, salah satu tamu istimewa dalam acara Apresiasi Pelanggan Setia.

Salah satu pelanggan yang menjadi tamu istimewa Adira Finance adalah Amanda Rahmi Salsabila. Amanda sendiri merupakan karyawan swasta yang sempat mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) pada awal masa pandemi Covid-19.

Akan tetapi, berkat semangat juangnya, Amanda berhasil bangkit dari keterpurukan. Kisahnya pun dipilih oleh Adira Finance untuk dijadikan dokumenter serial Kisah Sahabat.

“Saat terkena PHK, saya merintis usaha franchise ayam goreng di rumah untuk membantu menyokong ekonomi keluarga. Karena usaha saya makin laris, saya memberanikan diri untuk mengambil cicilan kendaraan di Adira Finance untuk mobilitas usaha,” terangnya.

Lebih lanjut, Amanda bercerita tentang kesulitan yang dihadapi saat mencicil mobil. Pasalnya, ia kerap mengalami kesulitan saat membayar angsuran akibat kondisi ekonomi yang belum stabil. 

“Saya baru membayar tujuh kali angsuran dari total 60 angsuran. Kini, sisanya dilunasi oleh Adira Finance,” terangnya.

Adapun alasan Amanda memilih Adira Finance untuk membiayai cicilan adalah karena proses pelayanan yang cepat dan mudah. Apalagi, Amanda yang merupakan karyawan baru umumnya kesulitan mengajukan kredit karena terkendala slip gaji.

“Dengan Adira Finance, hal tersebut bukan masalah. Prosesnya justru dipermudah,” katanya. Amanda pun merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Adira Finance karena diberi banyak kemudahan. “Untuk Adira Finance, semoga bisa terus maju, berkembang, dan menjadi lembaga keuangan tepercaya bagi masyarakat Indonesia,” harapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com