Advertorial

Borobudur Marathon 2022 Gerakkan Wisata Olahraga, Ekonomi, dan Budaya di Magelang

Kompas.com - 18/11/2022, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng sukses digelar pada Sabtu (12/11/2022) sampai Minggu (13/11/2022). Kompetisi olahraga lari ini diharapkan dapat menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya.

Untuk diketahui, Borobudur Marathon diselenggarakan oleh Harian Kompas yang bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon. Gelaran ini didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

Kompetisi tersebut terdiri dari tiga kategori, yakni Borobudur Marathon Elite Race, Bank Jateng Young Talent, dan Bank Jateng Tilik Candi.

Borobudur Marathon Elite Race merupakan lomba lari untuk atlet nasional dengan jarak lari 42,195 kilometer (km). Ada 37 atlet nasional yang berpartisipasi dalam ajang ini, dengan rincian 26 atlet putra dan 11 atlet putri.

Kemudian, Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 km yang diikuti oleh 30 pelari muda. Ajang ini menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15 sampai 18 tahun sekaligus kaderisasi atlet lari jarak jauh.

Sementara, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak lari 21,097 km diikuti oleh pelari umum. Kategori ini menggunakan sistem ballot dan diikuti 4.552 orang.

Garis start dan finish Borobudur Marathon 2022 berada di Taman Lumbini, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng. Ajang ini menawarkan rute menantang di alam perdesaan sekitar kawasan Borobudur.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Borobudur Marathon 2022 merupakan ruang untuk menunjukkan prestasi.

“Kami berharap, (ajang) ini (dapat) menjadi inspirasi untuk para atlet atau calon atlet agar dapat menjadi yang terbaik,” ujar Ganjar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Ganjar menjelaskan bahwa Borobudur Marathon 2022 tidak hanya sebagai kompetisi lari, tetapi juga menjadi event untuk berwisata, belanja produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), dan menonton pertunjukan seni.

Rangkaian Borobudur Marathon 2022

Borobudur Marathon didesain untuk dapat dinikmati semua kalangan, baik pelari, non-pelari, warga lokal, maupun pengunjung. Sejumlah agenda pun turut memeriahkan perhelatan ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo, dan bazar buku.

Pasar Harmoni adalah bazar kriya dan kuliner dari UMKM Magelang yang tergabung dalam kelompok Pawone. Kelompok ini digagas Harian Kompas sejak 2019. Ada 22 UMKM yang berpartisipasi dalam ajang ini, dengan rincian 13 UMKM bidang kuliner dan 9 UMKM kriya.

Kemudian, Race Expo adalah ekshibisi umum yang menjadi ucapan selamat datang bagi para pelari sekaligus etalase budaya Jateng. Ada tunnel khusus yang menampilkan secara visual rekam jejak para pelari elite di Borobudur Marathon 2017 hingga 2021.

Sementara itu, Race Expo merupakan tempat para peserta Bank Jateng Tilik Candi untuk mengambil perlengkapan lomba (racepack). Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati parade budaya dan ragam hiburan lain di sini.

Adapun bazar buku digelar di Bentara Budaya Yogyakarta pada 11–14 November 2022 dan Kompas Lounge di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta pada 11–13 November 2022. Bazar buku ini menyediakan potongan harga buku hingga 50 persen.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno meyakini bahwa Borobudur Marathon 2022 mampu membangkitkan wisata olahraga, sekaligus wisata dan budaya di Magelang. Menurutnya, event itu sangat ditunggu oleh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya.

“(Karena) perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Supriyatno.

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon 2022 juga akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain sehingga menambah pendapatan bisnis.

Sementara, bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi yang hadir di ajang tersebut menjadi penggerak perekonomian.

Untuk diketahui, semangat Borobudur Marathon 2022 dituangkan dalam tagline “Stronger to Victory”.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan tema itu sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai bidang pascapandemi Covid-19.

“Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan, kali ini peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan menyongsong kemenangan dalam arti luas,” ujar Budiman.

Sebagai informasi, Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng dengan tema "Stronger to Victory" juga didukung oleh Isoplus sebagai official isotonic partner dan Aqua sebagai official water partner.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com