Advertorial

Beri Motivasi dan Fasilitas Tempat Berlatih, Bupati Kediri Dukung Disabilitas Torehkan Prestasi

Kompas.com - 19/11/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Dukungan serta motivasi dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kepada atlet disabilitas yang tergabung dalam National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Kediri menjadi lecutan bagi mereka untuk menorehkan prestasi.

Ketua NPCI Kabupaten Kediri Lilik Khumaidah mengatakan, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu juga memberikan dukungan dalam bentuk dana dan penyediaan fasilitas tempat untuk berlatih para atlet. Dukungan tersebut menjadi penyemangat bagi atlet disabilitas semakin giat dalam berlatih.

"Kami terus meningkatkan intensitas kegiatan latihan. Para atlet voli sangat bersemangat. Terlebih, kami difasilitasi tempat latihan di Komplek Pendopo Panjalu Jayati, " ujar Lilik dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Atas dukungan tersebut, Lilik mewakili atlet disabilitas Kabupaten Kediri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mas Dhito.

Ia mengatakan, pihaknya berharap, nantinya akan ada atlet disabilitas dari Kabupaten Kediri yang bisa melenggang ke level kejuaraan internasional. Untuk itu, NPCI Kabupaten Kediri akan terus mencari bibit-bibit atlet berbakat.

-Dok. Humas Pemkab Kediri -

Lebih lanjut, Liliki menuturkan, meski NPCI yang dipimpinnya baru berusia dua tahun, tetapi para atlet telah menorehkan prestasi dalam Kejuaraan Paralympic Provinsi Jawa Timur 2021.

"Alhamdulilah, kami mendapatkan peringkat 13 dari 56 kabupaten atau kota di Jawa Timur. NPCI Kabupaten Kediri berhasil membawa pulang 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu," tutur Lilik.

Saat ini, lanjut dia, para atlet disabilitas Kediri tengah bersiap untuk mengikuti Kejuaraan Paralympic Provinsi Jawa Timur pada awal Desember 2022. Rencananya, cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti adalah voli duduk dan atletik.

"Insya Allah, kami akan mengirim lebih dari 25 atlet untuk cabor voli duduk, baik tim putra maupun putri, serta atletik," jelasnya.

Sebelumnya, pada 7 September 2022, Lilik bersama perwakilan kelompok disabilitas lain mewakili NPCI Kabupaten Kediri melakukan pertemuan dengan Mas Dhito di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Pada pertemuan tersebut Mas Dhito menyatakan bahwa penyandang disabilitas harus mendapatkan perlakuan yang sama dan dukungan dari pemerintah daerah (pemda).

"Pada prinsipnya adalah bagaimana menyamakan ruang dan kesempatan bagi (atlet) disabilitas dengan yang non-disabilitas. Itulah fungsi Pemkab Kediri," kata Mas Dhito.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com