Advertorial

Pertamina Eco RunFest 2022 Siap Digelar, Pertamina Utamakan Keamanan, Kesehatan, dan Kenyamanan Peserta

Kompas.com - 22/11/2022, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Ribuan pelari siap mengikuti Eco RunFest 2022 yang diadakan PT Pertamina (Persero) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/11/2022). Acara lari dan festival ini mengusung konsep gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pada penyelenggaraan ke-9, Pertamina Eco RunFest 2022 tidak hanya menyuguhkan ajang lari, tetapi juga menghadirkan festival musik lintas generasi “Energizing Music Festival” serta bazar dalam negeri “Eco-Market” yang menjajakan produk dan gaya hidup ramah lingkungan.

Pertamina Eco RunFest 2022 kembali menghadirkan beberapa kategori lari, yakni 1,5K Family Run untuk anak usia 7 sampai 12 tahun serta pendamping berusia lebih dari 17 tahun, 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia.

Kemudian, 10K Race untuk kategori pelajar berusia 13 sampai 17 tahun, umum berusia 18 sampai 44 tahun, dan master untuk usia lebih dari 45 tahun. Terbaru, ada kategori 21K Half Marathon untuk umum dan master.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi menjelaskan bahwa antusias pendaftar Eco-Run terlihat sejak registrasi dibuka pada akhir September 2022. Total, sebanyak 8.300 tiket habis terjual dalam waktu kurang dari satu bulan.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peserta yang sudah mendaftar Eco RunFest 2022. Hal ini memacu semangat kami untuk memberikan pengalaman lari terbaik bagi para peserta,” ujar Brahmantya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Pada pelaksanaannya, imbuh Brahmantya, Pertamina mengutamakan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan peserta. Hal ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Tak hanya itu, peserta diwajibkan telah melakukan vaksinasi ketiga atau booster.

Brahmantya juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 235 petugas marshal dan 30 petugas bike marshal yang akan ditempatkan per 100 meter di sepanjang rute untuk melapisi dan memisahkan para peserta dengan kendaraan.

Selain itu, 60 personel traffic controller juga akan ditugaskan di setiap titik rawan pada rute lari, seperti di persimpangan jalan.

“Tidak hanya dari sisi keamanan dan kesehatan, untuk kenyamanan peserta Eco-Run, kami juga menyediakan 13 titik hydration point atau water station per 2 kilometer (km) di sepanjang rute,” tuturnya.

Pertamina Eco RunFest 2022 akan segera digelar 

Dok. Pertamina Pertamina Eco RunFest 2022 akan segera digelar

Brahmantya yakin, fasilitas yang disiapkan pihaknya lebih baik jika dibandingkan running event sejenis yang biasanya menempatkan water stations per 2,5 km. Kemudian, untuk keamanan, pihaknya juga akan menyiapkan 10 unit ambulans bersama tim medis yang dilengkapi alat pacu jantung dan mini intensive care unit (ICU).

Brahmantya melanjutkan, Pertamina juga memastikan pelaksanaan responsible waste management atau pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dalam perhelatan Eco RunFest 2022. Hal ini sesuai dengan konsep sustainable living dan eco-friendly.

"Kami bekerja sama dengan partner ekosistem yang akan menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah yang dihasilkan di Pertamina Eco RunFest 2022. Jadi, seluruh sampah akan dikumpulkan, dipilah, dan diolah kembali," ujarnya.

Lebih lanjut Brahmantya mengatakan bahwa para peserta Eco-Run selalu antusias menantikan race pack eksklusif yang menjadi salah satu benefit para peserta lari. Pada tahun ini, para peserta akan mendapatkan jersey exclusive, tas serut, topi, dan BIB (nomor pelari) yang dapat diambil di Atrium F3, FX Sudirman, Jakarta, Kamis (24/11/2022) sampai Sabtu (26/11/2022).

Pada kategori 10K dan 21K, setiap BIB peserta akan terpasang timing chip guna mendeteksi catatan waktu untuk menghindari kecurangan pada saat perlombaan berlangsung.

Selain timing chip, BIB seluruh peserta juga dilengkapi dengan barcode Pic2Go yang terhubung pada tautan dokumentasi. Dengan begitu, para peserta mudah mencari dan mengunduh foto aktivitas mereka saat sedang berlari hanya dengan memasukkan nomor BIB.

Kemudian, seluruh peserta Eco-Run juga akan mendapatkan medali dan berkesempatan meraih doorprize pada hari pelaksanaan.

Brahmantya menambahkan, khusus peserta Eco-Run di kategori Race 10K dan Half Marathon 21K, mereka berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah.

“Untuk Race 10K akan diambil lima orang pemenang pada masing-masing kategori, yakni kategori pelajar dan master, umum, dan internal. Sementara, untuk Half Marathon 21K akan diambil tiga orang pemenang pada masing-masing kategori, yakni kategori master, umum, dan internal,” jelasnya.

Salah satu peserta Eco-Run sekaligus anggota IM Atletik Club, Didiet, mengatakan bahwa dirinya selalu berpartisipasi di Pertamina Eco-Run setiap tahun. Menurut Didiet, ajang ini selalu menarik, terlebih pada 2022 yang dilengkapi dengan Eco-Fest.

Didiet mengatakan, selain hadiah besar yang disiapkan, Pertamina Eco-Run juga menyediakan berbagai aktivitas menarik dan menghibur.

“Sudah tidak sabar menunggu Eco RunFest 2022. Selain hadiah yang mencapai ratusan juta rupiah, ditambah (ada) hiburan dari Eco-Fest, (jadi) habis capek lari langsung refreshing, top,” ucapnya.

Sebagai informasi, acara Pertamina Eco RunFest 2022 juga akan diramaikan oleh sederet selebritas pencinta olahraga lari, di antaranya Daniel Mananta, Andien Aisyah, Irfan Wahyudi (Ippe), dan Baim Wong. Ada pula para atlet bola basket Satria Muda Pertamina yang turut memeriahkan ajang tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap terkait Pertamina Eco RunFest 2022, dapat mengunjungi www.pertaminaecorunfest.com, Instagram @pertamina.ecorunfest, dan e-mail info@pertaminaecorunfest.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com