Advertorial

Pertamina Eco-RunFest 2022 Ajak Pengunjung Galakkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Kompas.com - 23/11/2022, 12:19 WIB

KOMPAS.com – Setelah 8 tahun menuai sukses, Pertamina Eco-Run kembali hadir dengan konsep baru yang lebih kekinian, yakni “Pertamina Eco RunFest 2022”. Kali ini, kegiatan olahraga tersebut akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Sebagai informasi, Pertamina Eco RunFest 2022 tidak hanya menggelar ajang lari melalui Eco-Run. Acara ini juga menghadirkan Eco-Festival (Eco-Fest) yang terdiri dari festival musik lintas generasi “Energizing Music Festival” dan bazar “Eco-Market” untuk mendukung sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan.

Eco-Market sendiri kan diramaikan oleh puluhan tenant dan sponsor. Mereka menyuguhkan berbagai produk makanan dan minuman yang siap menemani pengunjung dalam menikmati festival sepanjang hari.

Selain itu, Eco-Market juga menawarkan berbagai produk slow fashion yang mengedepankan aspek keberlanjutan dalam proses produksinya serta produk-produk kecantikan berbahan dasar lokal dan ramah lingkungan.

Untuk merasakan serunya gaya hidup berkelanjutan, pengunjung juga akan diajak mengikuti berbagai workshop gratis, seperti pembuatan tempe, edukasi pola makan bijak untuk anak-anak, serta pembuatan pegangan botol minum dan phone case berbahan dasar sampah plastik.

Pengunjung juga akan diajak untuk melihat dan mencoba pembuatan sabun berbahan alami, serta pembuatan batik eco-printing dengan pewarna alami yang ramah lingkungan.

Pertamina Eco-RunFest 2022. 

Dok. Pertamina Pertamina Eco-RunFest 2022.

 Pengunjung dapat mengikuti seluruh workshop pada Pertamina Eco-Run dengan melakukan registrasi yang dibuka pada Rabu (23/11/2022) melalui media sosial Instagram @pertamina.ecorunfest.

Gaya hidup berkelanjutan dimulai dari kita semua

Pejabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Heppy Wulansari mengatakan, Pertamina Eco RunFest 2022 diadakan untuk menggalakkan gaya hidup berkelanjutan di kalangan masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan aspirasi pemerintah untuk mencapai net zero emission pada 2060.

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memulai gerakan ramah lingkungan. (Gerakan ini dapat) dimulai dari kita semua melalui hal-hal sederhana, seperti mengurangi sampah dan memilih produk-produk yang berpihak pada bumi," kata Heppy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/11/202).

Oleh karena itu, lanjut Heppy, pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih dekat program transisi energi, energi baru terbarukan, serta upaya-upaya dekarbonisasi demi mendukung masa depan Indonesia yang lestari dan berdikari. 

Selain itu, sebagai upaya menghadirkan festival yang lebih ramah bagi bumi, Pertamina Eco RunFest 2022 juga mengoptimalkan penggunaan material ramah lingkungan yang dapat terurai kembali (degradable), material hasil daur ulang (recycled), dan material yang digunakan kembali (reused). 

Para tenant juga dihimbau meminimalkan penggunaan plastik selama gelaran berlangsung dengan menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang.

Untuk itu, Pertamina memastikan pelaksanaan manajemen sampah yang bertanggung jawab dengan bekerja sama melalui Rekosistem. Kerja sama ini dilakukan mulai dari menyiapkan, mengumpulkan, memilah, mendaur ulang, dan mengolah sampah yang dihasilkan dari festival tersebut.

“Tujuan dilakukannya manajemen sampah adalah agar sampah yang dihasilkan dari kegiatan Pertamina Eco RunFest tidak langsung masuk ke tempat pembuangan akhir, tetapi dipilah terlebih dahulu. Jadi, diharapkan 90 persen sampah yang dihasilkan (dari festival) tersebut bisa diolah kembali,” ungkap Heppy.

Heppy menambahkan, para pengunjung juga diimbau dan diharapkan untuk membawa tempat minum masing-masing. Pengunjung dapat mengisi air minum di beberapa water station ataupun di kedai-kedai minuman favorit yang telah disediakan di Eco-Fest untuk mengurangi sampah plastik.

Informasi lebih lanjut terkait Pertamina Eco RunFest 2022 dapat diakses melalui tautan berikut. Kunjungi juga akun Instagram Pertamina Eco-RunFest @pertamina.ecorunfest dan e-mail info@pertaminaecorunfest.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com