Advertorial

5 Makanan Khas Gunungkidul yang Wajib Kamu Coba

Kompas.com - 24/11/2022, 19:58 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini tengah menjalankan kampanye IniGunungkidul - The Ultimate Gem. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tarik daerah wisatawan dan investor.

Kampanye tersebut diharapkan dapat memaksimalkan eksposur berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Ada lima makanan khas yang wajib dicoba oleh wisatawan yang bertandang ke Kabupaten Gunungkidul. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

  1. Makanan laut (seafood)

Memiliki banyak destinasi wisata pantai, Gunungkidul memiliki banyak pilihan santapan laut atau seafood. Salah satunya, hidangan lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang.

Wisatawan dapat menyantap hidangan laut yang nikmat dengan seraya menikmati panorama pantai yang indah. Hal ini pun akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di sana.

  1. Gatot tiwul

Makanan legendaris yang satu ini dulunya merupakan makanan pokok bagi masyarakat Gunungkidul. Namun, gatot tiwul sekarang telah menjadi cemilan sehari-hari dan kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan ketika berkunjung.

Sebagai informasi, tiwul adalah makanan tradisional berbahan dasar singkong yang dikeringkan, lalu dijadikan tepung. Nah, tepung dari gaplek inilah yang kemudian dikukus menjadi tiwul.

Dengan tambahan lelehan gula jawa membuat tiwul memiliki rasa yang unik dan lezat.

  1. Walang goreng

Makanan unik satu ini terbuat belalang yang digoreng. Di daerah lain, serangga ini mungkin dianggap sebagai hama yang mengganggu.

Namun, berkat keterampilan serta kreativitas masyarakat, serangga tinggi protein ini disulap menjadi cemilan khas yang memiliki rasa gurih, renyah, dan nikmat.

Ada berbagai varian rasa walang goreng, yaitu gurih, manis, dan pedas. Wisatawan tidak akan kesulitan dalam mencari cemilan khas yang satu ini karena dapat ditemukan dari mulai rumah produksi, pedagang di pinggir jalan, hingga di toko oleh-oleh.

Dengan harga yang bersahabat, wisatawan dapat menikmati langsung walang goreng atau membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

  1. Bakmi Jawa Piyaman

Piyaman merupakan sebuah Desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya berjualan bakmi Jawa. Karena itulah masyarakat menjuluki daerah ini sebagai Kampung Bakmi Jawa. Dengan cita rasa Bakmi Jawa yang khas dan menggoyang lidah, makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

  1. Sayur lombok ijo

Kuliner khas selanjutnya yang sudah sangat populer adalah sayur lombok ijo. Sesuai namanya, sayur ini didominasi lombok ijo yang dicampur dengan irisan tempe, dimasak dengan santan, dan bumbu bumbu lainnya.

Dihidangkan lengkap dengan nasi merah, gudeg daun pepaya, trancam, tahu tempe bacem, dan empal goreng, sayur lombok ijo menjadi sebuah sajian lezat yang tak terlupakan.

Sajian lengkap menu makan khas itu bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Gunungkidul.

Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Ayo, ke Gunugkidul dan nikmati pengalaman berlibur yang sesungguhnya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com