Advertorial

Agar Tampil Keren, Berikut 3 Ide Smart Casual Pria untuk Bekerja dan Hangout

Kompas.com - 25/11/2022, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya wanita, sebagian besar kaum pria juga ingin berpenampilan menarik dan elegan dalam berbagai kesempatan, baik saat pergi ke kantor, menghadiri acara pernikahan, kencan, maupun hangout.

Pasalnya, gaya berpakaian yang tepat tak hanya memberikan rasa nyaman, juga dapat memberi kesan positif kepada orang lain serta memancarkan kepribadian yang ingin ditampilkan.

Salah satu gaya berpakaian yang bisa diterapkan pria untuk menunjang penampilan sehari-hari adalah gaya smart casual. Untuk diketahui, smart casual merupakan gaya berpakaian profesional yang dipadukan dengan tren busana kekinian.

Sebagian besar orang menyebutnya gaya semi-formal. Dengan gaya berpakaian tersebut, pria dapat tampil rapi layaknya seorang profesional, tetapi tetap tampak santai dan kasual.

Meski terkesan mirip, gaya smart casual sebenarnya berbeda dengan kasual. Gaya kasual tidak memiliki aturan khusus alias bebas memakai pakaian santai apa pun, seperti t-shirt, jin, sepatu kets, dan hoodie. Sementara, smart casual memadukan pakaian formal dengan kasual.

Lantas, pakaian apa saja yang dapat diterapkan? Berikut adalah tiga ide gaya smart casual yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

  1. Celana chino, kemeja oxford button-down, dan sneakers

Penampilan smart casual bisa diterapkan dengan mengombinasikan celana chino, kemeja oxford button-down, dan sepatu sneakers. Kombinasi ketiganya membuat penampilan terlihat rapi dengan kesan santai.

Adapun kemeja oxford button-down tidak terlalu formal jika dibandingkan kemeja berkerah konvensional sehingga cocok digunakan sebagai bagian dari gaya smart casual.

Sementara, celana chino merupakan celana panjang pria yang populer di kalangan kaum adam karena terbilang formal, tetapi tidak terlihat kaku.

Daripada sepatu pantofel, lebih baik gunakan sneakers karena bisa memberi sentuhan trendi dan kasual. Untuk warna, pilih warna hitam atau putih. Pilihan warna ini juga dapat disesuaikan dengan jenis kegiatan.

  1. Unstructured blazer, t-shirt, dan celana chino

Gaya smart casual juga dapat diaplikasikan dengan memadukan unstructured blazer, t-shirt, dan celana chino.

Perlu diketahui, unstructured blazer berbeda dari jas pria biasa. Blazer jenis ini tidak disertai bantalan di bagian dada dan bahu dengan lipatan yang tidak kaku. Dengan begitu, unstructured blazer terlihat lebih santai dan natural sehingga mudah dipadukan dengan pakaian santai, seperti celana chino dan t-shirt.

Adapun t-shirt polos berwarna gelap dan unstructured blazer dengan warna senada memberi kesan simpel, tapi tetap rapi. Paduan keduanya juga membuat postur tubuh terlihat kokoh sehingga dapat menambah kepercayaan diri. Warna celana chino yang digunakan pun dapat disesuaikan, seperti hitam, abu-abu, navy, atau khaki.

  1. Kardigan dan kemeja polos

Jika tak ingin terlihat terlalu formal dengan menggunakan blazer, jenis outer lain yang bisa jadi alternatif adalah kardigan.

Kardigan kerap dilewatkan karena sebagian besar kaum adam lebih memilih menggunakan blazer. Padahal, kardigan juga dapat membuat penampilan jadi lebih keren untuk tampil smart casual.

Kamu bisa memadukan kardigan dengan kemeja polos atau kemeja bermotif simpel. Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan kardigan dengan polo shirt

Agar tampak lebih eksklusif, kamu bisa pilih kardigan jenis shawl collar dengan bagian kerah yang menggantung lebar.

Sementara untuk bawahan, kamu bisa menggunakan celana jin atau chino. Pilihan bawahan bisa disesuaikan dengan preferensi dan kenyamanan masing-masing dalam beraktivitas.

Itulah tiga ide gaya smart casual yang bisa kamu terapkan untuk menunjang penampilan agar makin kece saat beraktivitas. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk fesyen smart casual di Tokopedia.

Platform e-commerce tersebut menawarkan berbagai pilihan pakaian, mulai dari jas, sepatu pantofel, hingga celana panjang.

Beragam jas pria tersedia di Tokopedia dengan harga bersahabat. Misalnya, brownist blazer dibanderol seharga Rp 158.000 dan slim fit blazer ala Korea premium seharga Rp Rp 139.900. Adapun sepatu pantofel Yongki Komaladi di Tokopedia dibanderol Rp 169.000 dan pantofel berbahan kulit seharga Rp 399.000.

Demikian pula celana panjang pria, seperti chino, celana bahan, kargo panjang, dan ankle pants, juga tersedia lengkap di e-commerce tersebut.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Tokopedia untuk melengkapi koleksi pakaian pria dan kebutuhan gaya hidup lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com