Advertorial

Kota Cilegon Raih 4 Penghargaan STBM 2022 dari Kementerian Kesehatan RI

Kompas.com - 26/11/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Banten, menerima empat penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr Dante Saksono Harbuwono kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di Hotel Discovery Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Helldy pun mengucapkan syukur atas prestasi yang berhasil diraih Kota Cilegon.

"Alhamdulillah, luar biasa Dinas Kesehatan Kota Cilegon mendapatkan empat penghargaan pada hari ini,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

Adapun penghargaan pertama dikhususkan untuk Kota Cilegon. Penghargaan kedua untuk kategori Sanitarian Terbaik diberikan kepada Rosy Novianthie. Kemudian, Kelurahan Garem berhasil meraih penghargaan untuk Kepala Desa atau Lurah Terbaik. Terakhir, penghargaan Natural Leader terbaik diraih oleh Arifin.

Helldy juga berterima kasih kepada Kemenkes atas penghargaan yang telah diberikan. Pihaknya juga berjanji akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan, prestasi yang berhasil diraih itu merupakan hasil dari kolaborasi yang baik di Pemkot Cilegon.

"Saya selaku Wali Kota Cilegon, Provinsi Banten, mengucapkan terima kasih atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Cilegon, mulai dari kelurahan, puskesmas, dan Dinas Kesehatan. (Capaian tersebut) merupakan hasil dari berkolaborasi yang baik," ujar Helldy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang diberikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

"Menkes berupaya untuk mewujudkan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat, yaitu dengan mengadakan penghargaan itu. (Dalam penghargaan tersebut,) terdapat beberapa penghargaan yang diberikan kementerian di bidang kesehatan," ujarnya.

Penghargaan STBM Awards 2022, lanjutnya, juga merupakan apresiasi komitmen dan implementasi aksi setiap provinsi, kabupaten atau kota, serta institusi dalam penyelenggara layanan tugas dan masyarakat agar terus-menerus mewujudkan lingkungan yang sehat.

Adapun alur penilaian dimulai dari pengajuan nominasi dari tiap kabupaten atau kota di masing-masing provinsi di Indonesia. Nominasi ini diajukan ke Kemenkes dan dinilai oleh tim penilai dari asosiasi serta organisasi pusat. Kemudian, dilanjutkan dengan penilaian langsung di lapangan.

Terdapat beberapa nominasi dalam penghargaan STBM Award, seperti 38 Kabupaten Kota dalam Percepatan 100 Persen Stop Buang Air Besar Sembarangan, 14 Kabupaten Kota Terbaik Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan 27 Kota dalam Percepatan STBM yang Berkelanjutan.

Kemudian, 15 Kota Terbaik dalam STBM Berkelanjutan, 9 Kabupaten atau Kota Terbaik dalam 5 Pilar STBM, 1 kota Pembina Terbaik Program Pernyataan Pangan, dan 14 Rumah Sakit yang Menyelenggarakan Kesehatan Lingkungan Kesehatan Terbaik.

Sebagai informasi, STBM Award merupakan ajang pengakuan atau apresiasi bagi daerah atas keberhasilan upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat, khususnya dalam mengeliminasi praktik buang air besar sembarangan dan sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com