Advertorial

Pertamina Eco RunFest 2022, 8.300 Ecochamps Sebarkan Energi Sehat demi Sustainable Living

Kompas.com - 27/11/2022, 17:19 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Pertamina Eco RunFest pada Minggu (27/11/2022). Kegiatan lari sehat edisi ke-9 ini hadir dalam konsep baru dengan tema "Sustainable Living-Pertamina Eco RunFest 2022". 

Acara digelar di sekitar Istora Senayan, Jakarta Pusat, serta diramaikan oleh 8.300 Ecochamps--sebutan peserta Pertamina Eco RunFest 2022.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta harus menyelesaikan Challenges Multiple Run yang terbagi menjadi berbagai kategori, seperti 1,5K Family Run untuk anak usia 7-12 tahun dan pendamping yang berusia lebih dari 17 tahun, 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia, serta 10K Race untuk pelajar usia 13-17 tahun.

Selain itu, ada pula kategori Umum untuk usia 18-44 tahun, Master untuk peserta berusia lebih dari 45 tahun, serta kategori baru Eco-Run yang terbagi menjadi Half Marathon 21K dengan kategori Umum dan Master. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati turut hadir memeriahkan kategori 5K Fun Run. Ia mengaku senang mendapat kesempatan untuk mengikuti acara tahunan ini.

"Saya sangat senang dengan animo peserta yang sangat tinggi pada tahun ini. Saya memberikan apresiasi untuk seluruh peserta," ujar Nicke dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu. 

Tak hanya menyelenggarakan kegiatan lari sehat, Pertamina juga menyuguhkan Eco-Fest yang terdiri dari festival musik bertemakan “Energizing Music Festival” dan bazar produk gaya hidup dalam negeri bertemakan "Eco-Market". 

Kedua acara turunan tersebut merupakan bagian dari inisiatif Pertamina dalam memulai gaya hidup berkelanjutan. Selain memberi edukasi, perseroan juga menyediakan tempat sampah sesuai kategori untuk diolah kembali atau dijadikan kompos.

"Kita tahu bahwa kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. Untuk itu, melalui kegiatan ini, Pertamina ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memulai gaya hidup berkelanjutan, kita mulai dari diri sendiri dari hal-hal yang sederhana," ujarnya.

Selaras dengan aspirasi Pertamina untuk mencapai net zero emission (NZE) pada 2060, upaya dekarbonisasi kegiatan usaha Pertamina Group juga ikut diselenggarakan. Salah satunya dibuktikan melalui penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida dari kegiatan bisnis Pertamina. 

Nantinya, gas karbon yang sudah dijaring akan dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan produksi energi. Berbagai kegiatan penggunaan energi bersih dan efisien juga sudah dilakukan di wilayah-wilayah operasi Pertamina.

Selain dekarbonisasi, Pertamina juga gencar mendorong energi rendah karbon dan energi baru terbarukan (EBT), seperti bahan bakar nabati, panas bumi, dan hidrogen.

"Jadi, ayo, kita sama-sama jalankan porsi kita dalam mendukung (terwujudnya) NZE supaya masa depan anak cucu dan bumi tetap lestari," imbaunya.

Pertamina Eco RunFest 2022 diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat, yakni hanya meloloskan peserta dengan status vaksin dosis ke-3 (booster). Pertamina juga menyiapkan 235 petugas marshall dan 30 petugas bike marshall yang ditempatkan setiap 100 meter di sepanjang rute untuk melapisi dan memisahkan para peserta dengan kendaraan. 

Selain itu, 60 personel traffic controller juga ditugaskan di setiap titik rawan pada rute lari, salah satunya di persimpangan jalan.

Untuk kenyamanan peserta Eco-Run, Pertamina juga menyediakan 13 titik Hydration Point atau Water Station per dua kilometer di sepanjang rute. Pertamina juga menyiagakan 10 unit ambulans lengkap dengan tim medis, serta alat pacu jantung dan mini intensive care unit (ICU).

Salah satu peserta Eco RunFest, Kuntoro, merespons positif acara ini. Bahkan, saking antusiasnya mengikuti lomba, ia sudah berangkat dari rumahnya di Kabupaten Bogor pada pukul 04.00 WIB.

"Saya senang ikut kegiatan ini dari tahun ke tahun. Sebab, selain menyehatkan badan, saya bisa saling bersilaturahmi dengan afiliasi Pertamina lainnya. Semoga kegiatan ini bisa bisa meng-energize kita semua untuk makin sehat dan makin kompak," ujarnya.

Hal senada disampaikan artis sekaligus Youtuber Baim Wong. Ia mengaku kagum dengan pelaksanaan Pertamina Eco RunFest 2022 yang mengutamakan keamanan, kesehatan dan kenyamanan peserta.

"Tidak mudah mengatur 8.000-an peserta dengan sistem dua ticketing. Namun, saya lihat Pertamina berhasil melakukannya. Keren banget. Saya pasti bakal ikut event ini lagi ke depannya," ucap Baim yang baru pertama kali mengikuti event ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com