Advertorial

Antusiasme Peserta Pertamina Eco RunFest 2022 Ikuti Community Workshop Daur Ulang

Kompas.com - 27/11/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Selain ajang lari, hal menarik lain dari ajang Pertamina Eco RunFest 2022 adalah kehadiran Community Workshop. Di area ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung melakukan berbagai aktivitas menarik dan bermanfaat, salah satunya pembuatan casing ponsel dari daur ulang tutup botol. 

Kegiatan yang dikemas dalam workshop bertajuk "Phone Case Upcycling with GUDRND" itu dibawakan oleh komunitas GUD Rekayasa dan Dicoba-coba (RND). Perwakilan dari GUDRND Untung Sugiharto mengatakan, pembuatan benda tersebut merupakan hal unik dan memerlukan proses tertentu.

"Prosesnya dimulai dari mencacah tutup botol, lalu dipanaskan dengan menggunakan mesin hot press untuk sablon. Pemanasan bisa juga memakai oven atau mesin extrude dan inject. Dari situ kami harus punya molding atau cetakan. Setelah dioven dan di-press, kami didiamkan hingga membentuk lembaran yang bisa dibentuk sesuai keinginan," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/11/2022). 

Di area Community Workshop, pengunjung Pertamina Eco RunFest 2022 dapat belajar mengenai daur ulang sampah plastik. Dok. Pertamina Di area Community Workshop, pengunjung Pertamina Eco RunFest 2022 dapat belajar mengenai daur ulang sampah plastik.

Untung menceritakan awal mula ketertarikannya membuat inovasi ini hingga terbentuknya komunitas GUNRND. Komunitas ini, katanya, berawal dari komunitas bernama Goodschool. Saat pandemi Covid-19, Goodschool membuat face shield. Namun, pembuatan alat ini menyisakan limbah hingga berkarung-karung.

"Limbahnya sekitar 5-6 karung. Kami terinspirasi untuk membuat produk lain dari limbah plastik itu. Ternyata, kami bisa melakukan inovasi dengan mengubah bahan tersebut menjadi berbagai macam produk. Selain handphone case, kami juga membuat pouch dan cover untuk tumbler. Jika tertarik lebih lanjut, silakan follow Instagram @gudrnd,"jelasnya.

Untung berterima kasih kepada Pertamina yang telah mengajak komunitasnya untuk berpartisipasi dalam event akbar Pertamina Eco RunFest 2022.

"Kami sangat senang bisa diajak untuk mengikuti Pertamina Eco RunFest 2022. Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Pertamina. Pengunjung juga sangat antusias karena bisa ikut membuat produk-produk langsung di booth. Harapannya, acara ini bisa menginspirasi anak muda untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan barang-barang di sekitarnya," tuturnya. 

Selain GUDRND, ada pula komunitas unik lainnya yang memeriahkan Pertamina Eco RunFest 2022 dengan misi serupa, yakni Stuffo. Anggota komunitas Stuffo Sopyan menuturkan, pihaknya membuat berbagai produk daur ulang bermanfaat dari sampah plastik. Sebut saja, tumbler, cover tumbler, dan sling bag

"Benda-benda tersebut berguna buat pengunjung. Tas, misalnya, bisa mereka pakai buat menyimpan beragam merchandise acara. Tasnya sendiri terbuat dari kemasan keresek bekas, kemudian disetrika, habis dipola lalu dipotong. Setelah itu, kami pasang kancing dan tali sampai selesai,"jelasnya.

Sopyan berharap, edukasi yang diberikan kepada para peserta bisa bermanfaat. Ia pun berterima kasih kepada Pertamina atas kesempatan yang diberikan kepada komunitasnya.

"Edukasi ini bertujuan untuk menjaga lingkungan, salah satunya lewat daur ulang sampah, agar bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga para peserta bisa membuat sendiri nanti. Caranya mudah dan kami yakin para peserta bisa mengaplikasikannya. Bagi yang tertarik, bisa follow Instagram @stuffobag," ucapnya. 

Salah satu peserta Community Workshop, Riztsa, mengapresiasi kehadiran area ini. Menurutnya, Community Workshop merupakan area paling menarik daripada booth lain di penyelenggaraan Pertamina Eco RunFest 2022.

"Saya jadi tahu ternyata tutup botol plastik bisa dijadikan casinghandphone. Daur ulang ini sangat menarik sih karena bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sekaligus mengurangi sampah. Harapannya, sampah plastik bisa lebih dikembangkan menjadi produk yang lebih bervariasi selain casing handphone," ujarnya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com