Kabar pos

Salurkan BLT BBM, PKH, dan Bansos Sembako di Cianjur, Total Realisasi Penyaluran Pos Indonesia Capai 67 Persen

Kompas.com - 30/11/2022, 13:33 WIB

KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos), untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap 2. Untuk diketahui, BLT BBM diberikan pemerintah sebagai bantalan sosial kenaikan harga BBM.

Adapun penyaluran BLT BBM tahap 1 yang dimulai pada September 2022 telah selesai. Kini, BLT BBM tahap 2 dimulai pada November hingga Desember 2022.

Pada penyaluran kali ini, selain memberikan BLT BBM untuk dua bulan sebesar Rp 300.000, pemerintah juga menitipkan penyaluran Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) / Sembako periode Oktober, November, dan Desember 2022 dengan nilai masing-masing Rp 200.000 dan total Rp 600.000.

Kemudian, pemerintah juga menitipkan penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Besaran bantuan yang disalurkan beragam, mulai dari Rp 255.000 hingga Rp3 juta.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris mengatakan bahwa ketiga bantuan tersebut disalurkan Pos Indonesia ke seluruh wilayah di Indonesia, termasuk di Cianjur yang terdampak gempa.

Kunjungan Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT. Pos Indonesia (Persero) Haris untuk Pemantauan Penyaluran BLT di KC Cianjur 43200 

Dok. Pos Indonesia Kunjungan Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT. Pos Indonesia (Persero) Haris untuk Pemantauan Penyaluran BLT di KC Cianjur 43200

"Kami kali ini menyalurkan tiga bantuan sekaligus, yaitu BLT BBM tahap 2, PKH, dan Sembako. Kami menyalurkan langsung ke Cianjur," kata Haris dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Haris melanjutkan, Pos Indonesia menerapkan tiga metode dalam penyaluran di Cianjur dengan kondisi yang belum stabil, yakni pembayaran di Kantor Pos, kedatangan petugas Pos ke lokasi-lokasi komunitas, serta diantarkan langsung ke rumah penerima, khusus untuk lansia, penyandang disabilitas, dan orang yang sedang sakit.

"Petugas Pos sedang mendata kondisi di Cianjur. Jika ada yang terkendala jalan putus, tim Pos yang akan mendatangi lokasi untuk menyalurkan BLT BBM, PKH, dan Sembako," ujarnya.

Haris menjelaskan, alokasi penyaluran BLT BBM sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Kemudian PKH sebanyak 10 juta KPM dan BPNT diberikan kepada 18,8 juta KPM.

EVP Regional III Jawa Barat PT Pos Indonesia Pujiati 

Dok. Pos Indonesia EVP Regional III Jawa Barat PT Pos Indonesia Pujiati

Dari 20,65 juta KPM BLT BBM, imbuh Haris, penyaluran sudah terealisasi 13.766.000 pada Selasa (29/11/2022) pukul 13.11 Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Insyaallah, sisa sekitar 7 jutaan bisa kami selesaikan. Target penyaluran seluruh Indonesia awal Desember selesai," kata Haris.

Kemudian, Haris menjelaskan, dari dana Rp 24 triliun yang disiapkan pemerintah, sebanyak Rp 16,4 triliun sudah disalurkan kepada KPM.

Ia pun mengimbau KPM agar memanfaatkan bantuan untuk kebutuhan pokok, bukan untuk membeli rokok, minuman keras, dan pulsa.

Penyaluran bantuan BLT BBM, BPNT atau sembako, dan PKH di kantor pos KC Cianjur (Dok. Pos Indonesia)

"Bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok. Untuk masyarakat yang terdampak musibah gempa bumi di Cianjur, mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu," tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com