Advertorial

Voluntary Days Pertamina 2022 Kunjungi Desa Energi Berdikari di Kutawaru Cilacap

Kompas.com - 30/11/2022, 14:53 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) menjadikan Desa Energi Berdikari di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sebagai salah satu lokasi kunjungan dalam program Voluntary Days Pertamina 2022 bertema “Perwira Penggerak – Energizing your Life” pada Jumat (25/11/2022).

Program tersebut menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Pertamina. Selain itu, Voluntary Days 2022 juga menjadi wujud kontribusi Perwira Pertamina—sebutan bagi karyawan Pertamina—untuk membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan.

Vice President (VP) Corporate Social Responsibility (CSR) and Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Voluntary Days 2022 memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Hal tersebut sesuai pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dan sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan environmental, social and governance (ESG),” ujar Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Fajriyah melanjutkan bahwa Desa Energi Berdikari Pertamina menawarkan solusi energi baru terbarukan (EBT) untuk masyarakat seiring tantangan peningkatan kebutuhan energi.

Dengan mengusung semangat nasionalisme, Pertamina berkolaborasi dengan berbagai pihak pada pelaksanaan program tersebut. Selain itu, program Desa Energi Berdikari juga didasari bahwa akses energi bersih menjadi dasar perkembangan ekonomi dan pemberdayaan komunitas berkelanjutan.

“Hal tersebut sejalan dengan SDGs poin 3, 4, 6, 7, 8, 12, dan 13, serta target net zero emission (NZE) pada 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Di Kampung Kepiting, Kelurahan Kutawaru, lanjut Fajriyah, energi solar photovoltaic (PV) dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ekonomi. Sebut saja, pengairan hidroponik dan bank sayur, energi perangkat elektronik freezer untuk menyimpan ikan dan kepiting, serta energi lampu untuk operasional kelompok.

Adapun total energi terpasang di Desa Energi Berdikari tersebut sebesar 6 kilowatt hours (KwH) per tahun dengan kapasitas solar PV terinstal sebesar 6,6 kilowatt peak (kWp).

Pertamina menyelenggarakan program Voluntary Days Pertamina 2022.DOK. Pertamina Pertamina menyelenggarakan program Voluntary Days Pertamina 2022.

“Kemudian, reduksi emisi karbon sebesar 8.580 kilogram (kg) karbon dioksida (CO2) ekuivalen per tahun dan nilai penghematan Rp 13 juta per tahun,” kata Fajriyah.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar melalui Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Ekonomi dan Pembangunan M Wijaya mengapresiasi kontribusi Pertamina dalam penyediaan energi bersih, baik di Kutawaru maupun Kabupaten Cilacap pada umumnya.

“Kami berharap, program tersebut dapat terus ditingkatkan dan menjangkau wilayah lebih luas. Saya mengharapkan warga Kutawaru mengikuti seluruh kegiatan dan arahan program Desa Energi Berdikari karena bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Wijaya.

Pada kesempatan sama, Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M Erry Sugiharto menyampaikan, Voluntary Days 2022 dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat melalui berbagai kegiatan dan berlangsung selama tiga hari di Cilacap.

Rangkaian program tersebut di antaranya adalah bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, edukasi pemanfaatan dan perawatan EBT, pembagian sembako, peninjauan revitalisasi lokasi desa wisata, penanaman mangrove, edukasi kesehatan ibu dan anak, serta pemberian makanan tambahan.

“Selain itu, Voluntary Days juga mengadakan workshop pengolahan sampah menjadi barang bernilai ekonomis, kisah sukses UMKM binaan Pertamina, pembuatan fasilitas mandi cuci kakus (MCK), fasilitas edukasi, serta (fasilitas) bermain anak,” tutur Erry.

Selain di Kampoeng Kepiting, lanjut Erry, rangkaian Voluntary Days Pertamina 2022 juga diselenggarakan di arboretum Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan Cilacap (Kolak Sekancil) Dusun Lempong Pucung serta Desa Mandiri Energi di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

Pertamina menyelenggarakan program Voluntary Days Pertamina 2022. DOK. Pertamina Pertamina menyelenggarakan program Voluntary Days Pertamina 2022.

Erry berharap, keterlibatan berbagai pihak pada kegiatan tersebut dapat memberikan sumbangsih untuk keberlanjutan generasi masa depan yang lebih baik serta menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat.

“Tak hanya itu, semoga kontribusi Pertamina bisa berdampak besar untuk ekonomi dan sosial di masyarakat. Hal ini sesuai semangat kami, yakni energizing your future,” ujarnya.

Sebagai informasi, Voluntary Days Pertamina 2022 dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) Yudo Dwinanda Priaadi, jajaran manajemen grup Pertamina, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi, General Manager (GM) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Edy Januari Utama dan jajaran manajemen, serta pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com