Advertorial

IdeaFest 2022 “Reality Re:defined” Jadi Ajang Kolaborasi Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Indonesia

Kompas.com - 30/11/2022, 19:08 WIB

KOMPAS.com – IdeaFest 2022 sukses digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (24/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022).

Acara bertema “Reality Re:defined” itu dimeriahkan oleh lebih dari 180 pelaku usaha kreatif, 30 komika, dan 30 tenant kuliner. Lebih dari 100 sesi dan puluhan experiential booth menjadi bagian dalam gelaran acara tersebut.

Untuk diketahui, IdeaFest 2022 menjadi fasilitator bagi pelaku industri kreatif nasional serta internasional untuk berbagi ide, wawasan, hiburan, dan terobosan kreatif kolaboratif. Dengan demikian, pelaku industri dapat mengakselerasi ekonomi kreatif Indonesia.

Co-Chairman IdeaFest 2022 Ben Soebiakto mengatakan, lewat kolaborasi, komunitas kreatif di Indonesia dapat bergerak bersama untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

“Setelah berhadapan dengan pandemi Covid-19 selama lebih dari dua tahun, dunia perlahan pulih. Kemajuan teknologi pun dapat menjadikan kolaborasi (antar-pelaku usaha kreatif) lebih bebas hambatan,” ujar Ben dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Ben melanjutkan, sebagai upaya memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat pascapandemi, IdeaFest 2022 bermitra dengan berbagai komunitas dan program partner.

Dengan demikian, IdeaFest tidak hanya menghadirkan acara menarik, tetapi dapat memberikan manfaat berkelanjutan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut mengapresiasi gelaran IdeaFest 2022.

Sebagai collaborative platform, kata Sandiaga, IdeaFest 2022 dapat mendorong perkembangan industri kreatif yang kini menempati posisi ketiga sebagai penyumbang terbesar perekonomian negara.

“Oleh sebab itu, IdeaFest 2022 dapat menjadi ajang bagi pelaku industri kreatif untuk berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi untuk generasi Indonesia,” ujar Sandiaga.

Ia memaparkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan newscaling sektor tersebut.

Untuk diketahui, IdeaFest 2022 memiliki jajaran tim Braintrust yang secara khusus mengurasi berbagai isu serta fenomena spesifik, seperti seni, women interest, fashion and streetwear, media dan periklanan, content, urban and culture, wellness, entrepreneurship, musik, aktivis dan environmental, social and governance (ESG), lifestyle, serta desain.

NexSpace pada gelaran IdeaFest 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (24/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022).Dok. IdeaFest 2022 NexSpace pada gelaran IdeaFest 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (24/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022).

Demi mempersembahkan deretan program inspiratif bagi pengunjung, IdeaFest 2022 juga menggandeng sejumlah partner, seperti Double Deer Group, Indozone, Majelis Lucu Indonesia (MLI), Makna, Manual Jakarta, Pemimpin.id, TFR, Volix, Utopia, dan 11th.

Sebagai informasi, IdeaFest 2022 menghadirkan sosok maskot metahuman bernama Drea sebagai host. Maskot yang mengusung teknologi mutakhir itu dapat berinteraksi secara langsung kepada penonton saat memasuki pintu masuk utama.

Adapun IdeaFest 2022 menghadirkan berbagai acara menarik yang mengajak pengunjung untuk recultivate serta reconnect dengan ratusan figur inspiratif melalui Conference dan IdeaTalks.

Menyisiri spektrum-spektrum industri kreatif, perhelatan tersebut membahas internet generasi ketiga atau Web 3.0 dan aplikasi blockchain dalam ekosistem industri di Blok:verse.

Beberapa pembicara yang hadir pada gelaran Conference di antaranya Aji Handoko, Cinta Laura Kiehl, Denica Flesch, Edward Tirtanata, Manoj Punjabi, Maudy Ayunda, dan Muhammad Sadad.

Tidak hanya itu, IdeaFest 2022 juga mengundang seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami, pada puncak acara Conference.

Selain dikenal sebagai seniman dengan deretan karya dan kolaborasi bergengsi, Takashi juga merupakan pelopor dari Clone X - X Murakami.

Sementara itu, acara IdeaTalks dimeriahkan oleh Alamanda Shantika, Andra Matin, Ariel Tatum, Ario Pratomo, Erika Richardo, Ferry Irwandi, Iben MA, Iyas Lawrence, Raymond Chin, WD Willy, Vidi Aldiano, Gita Wirjawan, Nadiem Makarim, dan Dwi Sasetyaningtyas.

IdeaFest 2022 juga menggelar IdeaFest Music yang diisi oleh Aulion, RAN, dan Feel Koplo, serta Lucu Fest yang menampilkan Tretan Muslim, Coki, Deddy Corbuzier, GJLS, dan Dodit Maulana.

Tak hanya itu, IdeaFest 2022 yang merupakan salah satu intellectual property dari Samara Live semakin menarik dengan acara Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, dan NexSpace.

Untuk diketahui, kesuksesan gelaran IdeaFest 2022 tak lepas dari keterlibatan sejumlah sponsor, seperti official e-commerce partner Blibli serta Unilever, Indomie, Pop Mie, Indomilk Susu Steril, Chitato Lite, dan Bank BCA.

Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian acara IdeaFest 2022 dapat kamu temukan pada website www.ideafest.id dan akun Instagram resmi @ideafestid.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com