Advertorial

Every U Does Good Heroes Siapkan Anak Muda Jadi Sociopreneur, Sudah Daftar?

Kompas.com - 01/12/2022, 14:17 WIB

KOMPAS.com – PT Unilever Indonesia Tbk kembali menggelar program Every U Does Good Heroes untuk menyiapkan anak muda menjadi sociopreneur di masa depan.

Setelah sukses digelar pada 2021, program tahunan yang tergabung dalam kampanye Every U Does Good dari Unilever Global tersebut mengajak anak muda untuk berbuat baik dengan cara sederhana. Salah satunya, menggunakan brand yang memberikan manfaat positif bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

Head of Communication Unilever Indonesia Kristy Nelwan menjelaskan program tersebut mewadahi para peserta untuk mengembangkan ide, gagasan, dan program yang memberikan kebaikan bagi lingkungan sekitar. Para peserta juga diminta untuk memilih brand dengan tujuan kuat dan menjadi pahlawan atau heroes bagi lingkungan sekitar.

Setelah tahapan itu rampung, Unilever akan memilih 10 orang terbaik sebagai heroes pemenang. Masing-masing pemenang akan diberikan micro grant senilai Rp 50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program yang sudah dirumuskan.

“Tujuan program tersebut sejalan dengan strategi perusahaan, yakni The Unilever Compass. Strategi ini meyakini bahwa perusahaan yang akan bertahan di masa depan adalah yang menjalankan bisnis berdasarkan tujuan yang kuat serta memberi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Kristy melanjutkan, kampanye Every U Does Good sendiri sebenarnya sejalan dengan perkembangan perilaku konsumen, khususnya para milenial dan gen Z. Pasalnya, saat ini, mereka lebih peduli terhadap isu lingkungan dan sosial. Hal ini tecermin dari preferensi mereka dalam memilih produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data yang dihimpun Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2022 pada September 2022, sebanyak 67 persen generasi milenial dan 66 persen gen Z bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan produk dan layanan yang memiliki dampak baik untuk lingkungan.

Selain itu, studi Databoks pada September 2022 juga menunjukkan bahwa sebanyak 36,2 persen generasi milenial dan Gen-Z mulai melirik brand atau produk yang peduli pada lingkungan sosial.

Hal tersebut sejalan dengan program Every U Does Good sendiri. Sebab, sebanyak 15 brand Unilever Indonesia memiliki tujuan selaras dengan strategi The Unilever Compass.

“Apabila heroes memilih menggunakan produk dari brand tersebut, mereka telah memulai langkah sederhana untuk mendukung upaya berkelanjutan demi Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif,” kata Kristy.

Melalui Every U Does Good Heroes, sambung Kristy, Unilever Indonesia ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis, baik dalam mengatasi masalah maupun mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

“Kami harap, seluruh peserta bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mampu mengasah kemampuan mereka untuk menjadi sosok sociopreneur andal serta menyebarluaskan semangat kebaikan kepada seluruh generasi muda Indonesia,” ujarnya.

Libatkan lima mentor inspiratif

Untuk diketahui, Every U Does Good 2022 melibatkan lima mentor inspiratif, yaitu Chief Executive Officer (CEO) and Founder Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari Gita Syahrani, Co-Founder Indonesian Tempe Movement Driando Ahnan, Staf Khusus Presiden RI dan Co-Founder Toleransi.id Ayu Kartika Dewi, serta disability womanpreneur Nicky Clara.

Junerosano mengatakan, ia akan berbicara banyak mengenai keberlanjutan di program tersebut. Ia bersama mentor lain juga akan memastikan bahwa bara api untuk berbuat kebaikan bagi lingkungan sekitar dalam mengupayakan keberlanjutan tak pernah padam.

“Oleh karena itu, regenerasi sebagai agen perubahan adalah hal penting. Kami akan memastikan bahwa para peserta akan mendapatkan pendampingan yang maksimal dari berbagai topik, pengalaman, dan perspektif pengetahuan yang berbeda, tetapi saling melengkapi,” ujarnya.

Sementara itu, Driando akan menjadi mentor dalam sektor sosial, termasuk peningkatan kualitas kesehatan dan nutrisi. Sebelumnya, ia telah berhasil mencetuskan gerakan Indonesian Tempe Movement. Gerakan ini bertujuan mendorong aksesibilitas makanan bernutrisi untuk lebih banyak orang melalui tempe.

“Melalui program ini, kami akan sama-sama buktikan bahwa masing-masing dari kami punya kontribusi sosial dalam masyarakat untuk membentuk masa depan Indonesia dan dunia,” kata pria yang akrab disapa Andro itu.

Selain menghadirkan mentor-mentor berkualitas, Every U Does Good 2022 juga mengusung prinsip Heroes Grow Heroes. Dengan prinsip ini, 10 heroes terpilih pada 2021 akan ikut berkolaborasi dan memberikan inspirasi bagi peserta tahun ini.

Salah satu heroes 2021 yang mengusung program KONEKIN dari proyek BISA, Diva Asnawi, membagikan kisahnya sebagai salah satu pemenang program Every U Does Good Heroes 2021 yang dimentori oleh Nicky.

Ia berkata, Nicky memberikan banyak masukan dalam mengembangkan proyek BISA dan terlibat sebagai salah satu narator dalam penggarapan video cerita aksesibel yang dibuat menggunakan audio dan bahasa isyarat.

“Akses untuk menambah pengetahuan dan berkolaborasi seperti inilah yang menjadikan program Every U Does Good Heroes begitu berkesan,” kata Diva.

Senada dengan Diva, Ni Putu Gita Saraswati yang juga merupakan alumni Every U Does Good Heroes 2021 merasakan kesan sama. Ia mengaku senang saat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan guna menyempurnakan pelaksanaan program.

“Saya mengerahkan network yang saya miliki untuk menjaring lebih banyak peserta, hingga berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para peserta dalam kegiatan mentoring nanti. Saya yakin, sinergi kekuatan purpose dari seluruh peserta program ini akan melahirkan banyak ide yang lebih kuat dan tangible untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” tutur Gita.

Bagi para generasi muda yang ingin memberikan ide, gagasan, dan menjalankan program berkelanjutan lewat Every U Does Good, silakan mendaftarkan diri melalui tautan ini. Adapun pendaftaran program ini akan ditutup pada Jumat (2/12/2022).

Yuk, segera daftarkan dirimu. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai program tersebut, silakan kunjungi akun Instagram @unileveridn.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com